Senin, 02/6/25 | 04:40 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI

TRADISI LAGHOUK DAN BAHASA PERJODOHAN MASYARAKAT TRADISIONAL PADANG PARIAMAN

Sabtu, 17/8/19 | 08:11 WIB

[h]

 

Oleh :

M. YUNIS

BACAJUGA

Ir. Ulul Azmi, ST., CST., IPM., ASEAN Eng., resmi dilantik sebagai Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Riau. [foto : ist]

Ulul Azmi, Ketua PII Termuda se-Indonesia, Tawarkan Wajah Baru Keinsinyuran dari Riau

Minggu, 01/6/25 | 20:01 WIB
Ketua DPC PKB Kota Padang, Yusri Latif. [foto : ist]

Ketua DPC PKB Kota Padang Kritik Keras Kebijakan RS Rasidin, Soroti Pelayanan yang Dinilai Tidak Manusiawi

Minggu, 01/6/25 | 16:36 WIB

(Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas)

[/h]

    Laghouk tergolong dari salah satu model palangkahan di Minangkabau, khususnya Padang Pariaman. Palangkahan laghouk digunakan di dalam mengukur dan mencari keserasian pasangan yang akan menikah. Sebelum individu melangsungkan acara saremonial perkawinan, kedua pasangan harus di laghouk. Tugas melaghouk ini diambil alih oleh mamak sebagai orang yang dituakan dalam keluarga batih. Si mamak bisa melakukan laghouk sendiri terhadap kemenakannya apabila si mamak memiliki keahlian dan atau si manak mendatangi seorang yang dianggap memiliki kemampuan melaghouk, seperti guru silek atau pun orang alim (Tuanku).

A. Laghouk Menghitung Jejari Tangan

Penghitungan huruf dimulai dari ibu jadi hingga jari kelingking dan dilanjutkan pada titik telapak tangan pada bagian akhir. Jika huruf belum habis penghitungan dilanjutkan kembali pada ibu jari. Penghitungan tersebut lebih mirip putaran jarum jam. Di dalam prosesnya, huruf depan nama menjadi bahan petimbangan dasar di dalam laghouk. Setiap huruf di dalam nama memilki relasi dengan sistem tanda lain di luar diri si pemilik nama. Relasi-relasi tanda di luar nama pemilik nama ini dijadikan sumber utama dalam pencocokan sifat, tingkah laku serta perangai. 

Misalnya nama yang diawalai dengan huruf  M (untuk nama Mulyadi) di relasikan dengan huruf MIM di dalam Al Quran. Huruf MIM sebagai representasi huruf ke 24 di dalam Al-Quran juga berpasangan dengan huruf MIM (untuk nama Msinawati)  berjumlah 48. Jumlah 48 huruf ini dihitung hingga hitungan ke 48. Atas dasar penghitungan ini ditemukan pola langkah laghuok yang digunakan. Penghitungan berlanjut hingga jumlah gabungan huruf MIM 48 habis terhitung. Begitu penghitungan terhadap huruf-huruf  lain, seperti RA, DO, JIM, HA, dan lain sebagainya. Setiap penghitungan akan terhenti pada titik akhir, misalnya pada jari telunjuk, jari manis, atau kelingking. 

B. Laghouk Mengitung batu kerikil

Tidak jauh berbeda dengan di atas, penghitungan dengan batu kerikil berdasarkan jumlah gabungan numor urut huruf di antara kedua pasangan. Misalnya awal nama huruf N (untuk nama Nurdin) berpasangan dengan huruf R (untuk nama Rubiyah). Huruf N dianalogikan pada huruf NUN dalam Al Quran dan huruf R dianalogikan dengan huruf RO.  Nomor urut NUN adalah huruh ke 22 dalam Alquran dan huruf RO pada posisi urut ke 8. Jumlah total huruf ialah 30 yang diperoleh dari gabungan kedua nomor urut huruf dalam Al Quran. 

Berbeda dengan di atas, penghitungan dengan menggunakan batu kerikil sebanyak 30 buah batu. Batu kekrikil tersebut dibagi menjadi lima kelompok yang mana masing-masingnya berjumlah 6 buah batu. Seperti gambah di bawah ini

Gambar 1. Pembagian Kerikil

Pada gambar di atas terdapat urutan nomor 1—5 untuk menandakan putaran pembagian waktu dimulai dari nomor 1 sampai nomor 5. Pola laghouk model ini terbagi menjadi 5 simbol. Sisa batu setelah dibagi 5 sebanyak 6 buah masingnya-masingnya dibagi secera bergiliran dimulai dari nimor urut 1 hingga batu tersebut habis dibagi. Putaran pembagian waktu berlawanan dengan arah jarum jam.  Seandainya batu habis terbagi dan terhenti pada nomor 4 maka kelompok batu nomor 4 di pisahkan dari kelompoknya.

Pembagian waktu dilajutkan dengan membetuk kembali 5 kelompok batu yang berjumlah 5 buah. Sisa batu hasil pembagian kembali dibagi secara berurutan hinga habis terbagi.  Seperti sebelumnya jika batu habis terbagi dan terhenti pada kelompok 2 maka kelompok 2 kembali dipisahkan dari kelompoknya. Begitulah seterusnya pembagian waktu dilanjutkan hingga masing-masing kelompok batu tersisa 1 buah masing-masing kelompok. 

Jika pembagian batu 5 kelompok akhir menyisakan 1 buah batu yang tidak masuk ke dalam 5 kelompok, batu sisa ini disebut kelebihan. Kelebihan di sini dianggap sebagai simbol kelebihan mata pencarian. Kelebihan ini disebut kelebihan Allah dan Muhammad. Setelah selesai pembagian batu, di antara kelompok batu yang sudah dipisahakan diagungkan kembali. Batu yang terpilih berkategori jelek dikelompokan satu kelompok dan begitu pula sebaliknya. Kedua kelompok batu dihitung, apabila jumlah  dua kelompok batu berujung ganjil atau genap dikatakan petanda baik. Jika kedua satu kelompok batu berujung ganjil dan satu kelompok genap dikatakan petanda buruk. 

Talago di Bawah Gunuang merupakan kelompok baru pertama dianggap simbol kebaikan, pembagian waktu yang terhanti pada kelompok ini disebut sebagai ‘talago di bawah gunuang’. Telaga sebagai simbol air kehidupan tidak akan pernah habis, membawa pesan bahwa pasangan yang menikah selalu bahagia dan berkecukupan. 

Mantari Suko merupakan kelompok batu kedua masih dianggap sebagai simbol kebaikan. Pembagian batu yang habis pada kelompok ini disebut sebagai mantari suko (matahari baik). Hal ini juga menyimbolkan kebahagian di dalam rumah tangga, hidup berkecukupan dan terhindar dari konflik. 

Bulan Purnamo merupakan kelompok batu ke tiga juga dianggap simbol kebaikan dan dilambangkan dengan bulan purnamo (bulan purnama). Kondisi ini menjelaskan bahwa rumah tangga pasangan selalu terang benderang, bahagia, dan juga hidup berkecukupan. 

Karakok Mamanjek Batu merupakan kelompok batu ke empat dianggap simbol keburukan. Pembagian batu yang habis pada kelompok ini disebut sebagai karakok mamanjek batu. Kondisi ini menggambarkan kesulitan hidup yang akan dialami oleh pasangan. Hidup melarat, konflik yang berkemapnjanan juga hadir di sini.

Rumah Gadang Katirisan merupakan kelompok batu ke lima juga dikatakan simbol keburukan. Pembagian waktu yang habis di kelompok ini disebut rumah gadang katirisan.  Jika perkawinan tetap dilanjutkan maka salah satu pihak keluarga akan meninggal. Hal ini disebut oleh masyarakat dalam sebutan mangupak.  

Dari gambaran di atas, terdapat kepercayaan masyarakat terhadap simbol mengarahkan dan memandu  mereka pada tindakan kabajikan. Bersumber dari kebiasaan ini kita dapat melihat; pertama bahwa masyarakat sangat menghindari perbuatan yang tergesa-gesa. Kedua, setiap individu tidak boleh menuruti kemauan pribadinya sendiri dan setiap tindakan harus memperhatikan pandangan dan saran orang lain. Ketiga, selalu arif dalam bersikap dan belajar pada pengalaman. 

 

ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

That Dazzling Day

Berita Sesudah

Bahasa Feminin dalam Kumpulan Cerpen Catatan Pertama Karya Reno Wulan Sari

Berita Terkait

Senyuman Kecil dan Mendengar: Hal Kecil yang Berdampak Besar

Cerita dari Balik Busa dan Bilasan

Minggu, 01/6/25 | 16:05 WIB

Salman Herbowo (Kolumnis Rubrik Renyah)   Ada satu kebiasaan yang tak pernah absen menemani masa-masa kuliah saya dulu, menumpuk cucian....

Epigram 60: Perayaan Ulang Tahun Terakhir Joko Pinurbo

Epigram 60: Perayaan Ulang Tahun Terakhir Joko Pinurbo

Minggu, 01/6/25 | 11:46 WIB

Oleh: Ghina Rufa’uda (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia dan Bergiat di Labor Penulisan Kreatif FIB Universitas Andalas)   Rekeningku hanya tempat...

Pesan Moral dalam Cerpen “Robohnya Surau Kami”

Pesan Moral dalam Cerpen “Robohnya Surau Kami”

Minggu, 01/6/25 | 11:18 WIB

Oleh: Sufrika Sari (Mahasiswi Prodi Sejarah dan Bergiat di Labor Penulisan Kreatif FIB Universitas Andalas) Kesalehan lahiriah bukanlah jaminan seseorang...

Perbedaan Kata “kepada”, “untuk”, dan “bagi”

Perbedaan Kata “Agak”, “Sedikit”, “Cukup”, dan “Lumayan”

Minggu, 01/6/25 | 11:00 WIB

Oleh: Reno Wulan Sari (Dosen Tamu Busan University of Foreign Studies, Korea Selatan) Edisi Klinik Bahasa Scientia kali ini akan...

Puisi-puisi Yogi Resya Pratama

Puisi-puisi Yogi Resya Pratama

Minggu, 01/6/25 | 10:01 WIB

Ilustrasi: Meta AI Malamku Berisik Oleh: Yogi Resya Pratama Mengusik dan berderik Akar-akar akal pun tak luput mancari siasat Merayu...

Puisi-puisi Puti Fathiya Azzahra dan Ulasannya oleh Ragdi F Daye

Puisi-puisi Puti Fathiya Azzahra dan Ulasannya oleh Ragdi F Daye

Minggu, 01/6/25 | 06:46 WIB

Puisi-puisi Puti Fathiya Azzahra Gambar Diri Ini gambar diri. Aku yang berjalan tak selalu lurus, kadang tersandung bayangan sendiri, cerobohku...

Berita Sesudah

Bahasa Feminin dalam Kumpulan Cerpen Catatan Pertama Karya Reno Wulan Sari

Discussion about this post

POPULER

  • Kualitas Aspal Jalan di Kecamatan IV Koto Agam Dipertanyakan

    Kualitas Aspal Jalan di Kecamatan IV Koto Agam Dipertanyakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Libur Panjang 29 Mei – 1 Juni 2025, Ini Rekomendasi Wisata Seru di Kota Padang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Puisi-puisi Puti Fathiya Azzahra dan Ulasannya oleh Ragdi F Daye

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Zalmadi Sesalkan RS Rasidin Tolak Pasien Hingga Meninggal : Itu Tidak Manusiawi!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesan Moral dalam Cerpen “Robohnya Surau Kami”

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Epigram 60: Perayaan Ulang Tahun Terakhir Joko Pinurbo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Puisi-puisi Yogi Resya Pratama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024