Selasa, 02/12/25 | 13:36 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI ARTIKEL

Kejahatan Berbahasa

Minggu, 30/5/21 | 07:00 WIB

Oleh:
Alex Darmawan
(Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas)

Kemajuan Indonesia di bidang teknologi sekarang ini begitu pesat. Hal ini ditunjukan salah satunya dengan jumlah pengguna media sosial yang mendekati angka 160 juta dari jumlah penduduk Indonesia 271.349.888 jiwa dalam rilis bersama data sensus penduduk 2020 dan data administrasi kependudukan 2020.  Bukan hanya penduduk Indonesia saja sebagai penggunana media sosial, tetapi juga penduduk dunia pada umumnya. Selain sebagai sarana komunikasi, media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana bisnis, forum diskusi, mengunggah aktivitas keseharian dan sumber pendapatan hidup. Keberadaan media sosial tidak bisa  terlepas dari kehidupan masyarakat dunia, khusus penduduk Indonesia sekarang ini. Media sosial itu sendiri sudah menjadi suatu identitas baru bagi  masyarakat modern dalam berkomunikasi dengan cakapun wilayah yang luas.

Pengguna media sosial setiap tahunnya di Indonesia selalu meningkat. Tahun 2021 ini saja tembus ke angka 170 juta jiwa. Generasi yang mendominasi  penggunaan media sosial di Indonesia kebanyakan berasal dari kalangan  muda dengan rentang umur 25-34 tahun. Kalangan ini dikenal generasi Y dan generasi Z. Generasi tersebut sangat aktif dan memiliki intensitas yang cukup tinggi dalam mengakses internet. Kompas Tekno dari laporan  We Are Social dan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 14 menit sehari  untuk mengakses media sosial. Platform media sosial yang populer digunakan di Indonesia itu ditempati oleh You Tube, whatsApp, Instagram, Facebook dan Twitter (baca: Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia ‘Melek’ Media Sosial, Kompas.com, Rabu, 24 Januari 2021).

BACAJUGA

Kecerdasan dan Berbahasa

Kecerdasan dan Berbahasa

Minggu, 09/3/25 | 09:59 WIB
Bahasa dan (Ber) Pikiran

Bahasa dan (Ber) Pikiran

Minggu, 02/3/25 | 10:48 WIB

Bermedia sosial memungkinkan setiap orang bebas berekspresi. Tidak ada aturan tertentu yang mengingkat sehingga orang terkadang lengah dengan etika, norma sosial dan hukum yang ada. Ujung-ujungnya, memunculkan masalah dan keributan antarpribadi, kelompok, lembaga, dan lain sebagainya sampai bermuara ke kasus hukum dan pengadilan. Banyak orang tersandung kasus hukum karena perkataan yang diunggah di media sosial. Sebut saja deretan tokoh-tokoh yang terkenal di mata masyrakat umum,  mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahya Purnama alias Ahok, musisi kondang tanah air (Ahmad Dhani), aktivis dan seniman yang menggeluti dunia teater (Ratna Sarumpaet), dan lain sebagainya (Darmawan, dalam artikel “Dosa Bahasa” di Scientia.id, edisi 20 September 2020).

Dalam Kitab  Undang-Undang Hukum Pidana  serta Komentar-Komentar Lengkap Pasal-Demi Pasar, secara sosiologis kejahatan adalah perbuatan atau tingkah laku yang selain merugikan si penderita, juga sangat merugikan masyarakat yaitu berupa hilangnya kesimbangan, ketentraman dan ketertiban  (Soesilo, 1985). Kata kejahatan bersanding dengan kata berbahasa menjadi perbuatan atau lingkah laku berbahasa yang merugikan pribadi atau masyarakat, baik itu secara lisan maupun tulisan yang menyebabkan hilangnya keseimbangan, ketentraman, dan ketertiban

Kejahatan berbahasa itu dapat dilakukan oleh pribadi atau kelompok secara sadar dengan tujuan dan motif tertentu yang memberi kerugian bagi korban, materiil dan nonmateriil. Sebaliknya, kejahatan berbahasa juga dapat terjadi tanpa disadari oleh pelaku. Pelaku hanya ingin melampiaskan emosi negatif sesaatnya kepada korban dan tidak peduli terhadap sanksi hukum yang akan diterimanya ke depan.

Semakin hari semakin banyak kejahatan berbahasa yang timbul. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus melaporkan untuk rentang Maret-April 2020 ada 443 laporan yang berkenaan dengan kasus ujaran kebencian (hate speech) dan berita bohong. Ini berarti hate speech menjadi salah satu permasalahan yang cukup serius. Apalagi kalau sudah masuk masa pilkada, kasus ujaran kebencian frekuensinya meningkat (baca:detik.com, 20 Desemmber 2020). Ini mengindikasikan kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai hukum yang mengatur tentang informasi dan transaksi elektronik.

Hukum yang mengatur mengenai infomasi dan transaksi elektronik adalah Undang-Undang No.11 Tahun 2008. Sejalan dengan itu, Surat Edaran Kapolri Nomor SE/06/X/2015 dinyatakan bahwa ujaran kebencian berupa tindak pidana yang telah diatur dalam KUHP dan ketentuan kejahatan lainnya di luar KUHP, berupa: 1. Penistaan, 2.Menghasut, 3. Penghinaan, 4. Memprovokasi, 5.Menyebarkan berita bohong, 6. Pencemaran nama baik, 7. Perbuatan tidak menyenangkan. Jadi, kejahatan berbahasa yang dilakukan di media sosial dalam pandangan hukum   ada sebanyak 7 jenis.

Berbicara mengenai  kerugian yang timbul akibat dari kejahatan berbahasa ini untuk pelaku yang sengaja dan sadar akan perbuatan itu melanggar UU ITE Nomor 11 tahun 2008, seyogyanya sudah mempersiap diri menghadapi tuntutan hukum dan segala biaya yang akan dikeluarkan. Nah, untuk pelaku tidak sengaja dan menurutkan emosi melakukan kejahatan berbahasa, tentu belum siap dan tidak menduga akan mendapatkan masalah hukum. Efeknya  pelaku menjadi stress, tertekan, dan terganggu aktivitas kesehariannya.

Kejahatan berbahasa itu tidak  hanya dilakukan di media sosial saja, tetapi juga dapat dilakukan secara langsung  dalam proses komunikasi berupa perkataan yang menghina, meyakiti, dan menyudutkan seseorang di depan umum yang menyebabkan  seseorang itu kehilangan muka dan malu. Lebih jauh, sebagai umat beragama, kita percaya bahwa setiap kejahatan itu berupa dosa yang akan kita tanggung kelak di akhirat. Selain hukum dunia yang mesti kita tanggung, hukum akhirat yang harus kita terima. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna media sosial mesti  cerdas dan pintar dalam menggunakan media sosial yang ada, sadar dan tahu ada hukum yang menjerat dari kesalahan yang kita lakukan. Sebagai umat beragama, sudah sepatutnya kita membangun hubungan baik dan silahturahmi dengan sesama demi terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. “Mulut dan jempolmu adalah harimaumu”. Wallahu a’lam bish sawabi.

Tags: #Alex Darmawan
ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

Cerpen Sakura Alvino “Sarha Perjuangan” dan Ulasannya oleh Azwar Sutan Malaka

Berita Sesudah

Kedatangan Tamu

Berita Terkait

Jejak Sastra Melayu Klasik dalam Kehidupan Masyarakat Lampau

Jejak Sastra Melayu Klasik dalam Kehidupan Masyarakat Lampau

Minggu, 30/11/25 | 15:11 WIB

Oleh: Noor Alifah (Mahasiswi Sastra Indonesia dan Anggota Labor Penulisan Kreatif FIB Universitas Andalas)   Salah satu karya sastra tertua...

Luka Peperangan Musim Gugur pada Cerpen “Tepi Shire” Karya Tawaqal M. Iqbal

Luka Peperangan Musim Gugur pada Cerpen “Tepi Shire” Karya Tawaqal M. Iqbal

Minggu, 23/11/25 | 06:57 WIB

Oleh: Fatin Fashahah (Mahasiswa Prodi Sastra dan Anggota Labor Penulisan Kreatif Universitas Andalas)   Musim gugur biasanya identik dengan keindahan....

Sengketa Dokdo: Jejak Sejarah dan Pelajaran untuk Masa Kini

Sengketa Dokdo: Jejak Sejarah dan Pelajaran untuk Masa Kini

Minggu, 16/11/25 | 13:49 WIB

Oleh: Imro’atul Mufidah (Mahasiswa S2 Korean Studies Busan University of Foreign Studies, Korea Selatan)   Kebanyakan mahasiswa asing yang sedang...

Puisi-puisi M. Subarkah

Budaya Overthinking dan Krisis Makna di Kalangan Gen Z

Minggu, 16/11/25 | 13:35 WIB

Oleh: M. Subarkah (Mahasiswa Prodi S2 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas)   Di tengah gemerlap dunia digital dan derasnya...

Aspek Pemahaman Antarbudaya pada Sastra Anak

Belajar Budaya dan Pendidikan Karakter dari Seorang Nenek yang ‘Merusak’ Internet

Minggu, 16/11/25 | 13:27 WIB

Oleh: Andina Meutia Hawa (Dosen Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas)   Di ruang keluarga. Seorang nenek sedang...

Identitas Lokal dalam Buku Puisi “Hantu Padang” Karya Esha Tegar

Konflik Sosial dan Politik pada Naskah “Penjual Bendera” Karya Wisran Hadi

Minggu, 02/11/25 | 17:12 WIB

  Pada pukul 10:00 pagi, 17 Agustus 1945, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Berkat desakan dari golongan muda,...

Berita Sesudah
Kedatangan Tamu

Kedatangan Tamu

Discussion about this post

POPULER

  • Afrina Hanum

    Sumbang 12 untuk Puti Bungsu Minangkabau

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • PDAM Padang Kerahkan Mobil Tangki Gratis, Krisis Air Bersih Dipastikan Tetap Terkendali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Donizar Desak Pemerintah Siapkan Layanan Medis Pasca Banjir

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Apakah Kata “bapak” dan “ibu” Harus Ditulis dalam Huruf Kapital ?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Update Data Korban Bencana Hidrometeorologi di Sumbar: 176 Meninggal, 117 Masih Hilang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Prabowo Tinjau Lokasi Bencana di Sumbar Hari Ini, Pastikan Penanganan Berjalan Cepat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gerakan Pangan Murah Digelar di Padang, Pemerintah Redam Kenaikan Harga Pasca Bencana

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024