Lastry Monika
(Kolumnis Rubrik Renyah)
Pada tahun 1326, perempuan penyihir diburu dan dibantai secara sistematis. Hal itu dilakukan selama empat abad hingga korban diperkirakan mencapai 100.000 nyawa. Penyihir di awal Abad Pertengahan sebetulnya berkaitan dengan peramuan obat-obatan dengan tumbuh-tumbuhan. Akan tetapi Raja Clovis di masa itu melarangnya dan memberi hukuman.
Setiap orang yang dicurigai diadili dengan dilempar ke air, dibakar hidup-hidup, dibunuh, atau dipenjara hingga mati. Mereka (perempuan yang dicurigai sebagai penyihir) dianggap lemah sehingga mudah dikuasai oleh iblis. Mereka pun dianggap menjadi penyebab dari setiap bencana dan keburukan yang tejadi di masyarakat.
Barulah pada 2018 lalu citra perempuan penyihir di Abad Pertengahan itu diluruskan. Mona Chollet menjelaskan bahwa penyihir yang dibantai di masa itu adalah mereka yang memiliki kemampuan menyembuhkan orang sakit dengan reramuan tumbuh-tumbuhan. Sebagian dari penyihir itu juga memiliki kemampuan proses persalinan kelahiran bahkan dimungkinkan tanpa rasa sakit. Di masa itu, perempuan penyihir juga melatih perempuan lain untuk melakukan pengobatan yang sama. Sayangnya, perkumpulan mereka dianggap sebagai perkumpulan perempuan-perempuan yang dikendalikan oleh setan.
Ada alasan yang menjengkelkan dan menggelikan mengapa pada akhirnya penyihir-penyihir ini diburu dan dibantai. Di masa itu, pengetahuan, kecerdasan, dan pikiran dianggap hanya domain maskulin. Oleh sebab itulah perempuan yang merambah ketiga hal itu dikucilkan.
Kategori ‘penyihir’ meluas tak karuan. Perempuan yang banyak bicara, tidak memiliki anak, dan memiliki kebebasan seksualitas pun dianggap sebagai penyihir. Para perempuan seperti demikian dianggap tidak sesuai dengan norma perempuan pada masa itu.
Chollet menanggapi peristiwa pembantaian penyihir itu terkait konteks misogini. Perempuan yang menyentuh domain pengetahuan, kecerdasan, dan pikiran sebisa mungkin dikembalikan pada posisi subordinat.
Saat ini, pada abad 21 ini, masihkah perempuan penyihir itu tersisa? Bila masih, tetapkah mereka diburu dan dibantai? Rupanya perempuan penyihir masih ada. Chollet membaginya ke dalam tiga kategori: perempuan tidak menikah, perempuan tak memiliki anak, dan perempuan tua tak menikah dan tak memikili anak. Label ‘penyihir’ disematkan kepada mereka karena tidak memenuhi standar ‘normal’ sebagai perempuan.
Lalu, tetapkah perempuan penyihir abad ini diburu dan dibantai? Jawabannya ialah tetap, tetapi dengan cara yang berbeda. Mereka diberi label janda, perawan tua, hingga perempuan mandul. Di perguruan tinggi, dosen perempuan yang tidak menikah akan menjadi pembicaraan para mahasiswa. “Eh, ibu itu tidak menikah-menikah, loh!” Bahkan, sikapnya dalam keseharian dan mengajar akan dikait-kaitkan dengan status pernikahannya. Bila ia dosen yang tegas, ia cenderung tak disukai. Label ‘judes’ pun disematkan dan munculah pernyataan, “Judes, sih. Pantas tidak menikah!”
Seorang selebgram perempuan memilih untuk tidak memiliki anak meskipun ia menikah. Ia memaparkan sejumlah alasan atas pilihannya tersebut. Rupanya pilihan yang sangat pribadi ini pun sulit diterima oleh masyarakat. Ia mendapat kecaman bahkan dengan ujaran seperti, “Ah, bilang saja memang mandul dan tidak bisa beranak!” Rupanya, pelabelan dan perburuan perempuan penyihir masih diwarisi hingga abad 21 ini, ya!
Discussion about this post