Rabu, 02/7/25 | 02:35 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI ARTIKEL

Gaya Bahasa dalam Puisi “Dugaan Jawaban” karya Maryatul Kuptiah

Minggu, 04/5/25 | 08:31 WIB

 

Oleh: Mayang Puti Ifanny
(Mahasiswi Prodi Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas dan Bergiat di UKMF Labor Penulisan Kreatif)

Permasalahan yang sering terjadi ketika sedang menghadapi suatu ujian ialah ketika tidak dapat menjawab pertanyaan dari soal ujian tersebut. Terlebih ketika menghadapi ujian tulis, tidak dipungkiri sering terjadi kepada mahasiswa. Mengaku telah berusaha belajar untuk menghadapi ujian, akan tetapi karena ada rasa gugup, tidak percaya diri atau memang tidak memahami konsep membuat ketidakpastian atau hanya menerka-nerka jawaban yang ditulis. Sungguh itu sangat disayangkan. Hal ini akan mengakibatkan dua kemungkinan, antara terkaan yang ditulis benar atau terkaan yang ditulis salah tidak ada kepastian. Sehingga juga memunculkan dua kemungkinan antara nilai yang bagus atau nilai yang hancur.

BACAJUGA

Sajak-Sajak Zawawi Imron sebagai Bentuk Sastra Kontekstual

Sajak-Sajak Zawawi Imron sebagai Bentuk Sastra Kontekstual

Minggu, 29/12/24 | 15:15 WIB

Persoalan ini juga terjadi pada puisi Dugaan Jawaban karya Maryatul Kuptiah yang terbit di Scientia.id pada tanggal 23 Maret 2025. Puisi ini merupakan satu di antara empat puisi Maryatul yang terbit di Scientia.id. Ketidakpastian dan tanda tanya yang dihadirkan oleh Maryatul seakan memberikan kesan yang ambigu.  Untuk menelusuri lebih dalam perihal ini, dapat dikuliti dengan melihat gaya bahasa yang digunakan.

Gaya atau khususnya gaya bahasa dikenal dalam retorika dengan istilah style. Kata style diturunkan dari kata Latin yaitu stilus, yaitu semacam alat untuk menulis pada lempengan lilin. Keahlian menggunakan alat ini akan mempengaruhi jelas tidaknya tulisan pada lempengan tadi. Kelak pada waktu penekanan dititik beratkan pada keahlian untuk menulis indah, maka style lalu berubah menjadi kemampuan dan keahlian untuk menulis atau mempergunakan kata kata secara indah (Keraf, 1991).

Gaya bahasa tidak hanya dapat dilirik dari satu titik sudut pandang saja, tetapi dapat diperhatikan dari berbagai titik. Keraf (1991) membagi gaya bahasa menjadi berbagai jenis, salah satunya yaitu gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat. Dibagi menjadi lima bagian yaitu klimaks, antiklimaks, paralelisme, antitesis, repetisi.

Pertama, gaya bahasa klimaks, gaya bahasa yang mengandung urutan pikiran yang setiap kali semakin meningkat kepentingnnya dari gagasan-gagasan sebelumnya. Pada baris terakhir puisi ini “Maknanya menusuk di antara binar mata” memiliki makna jawabaan dari apa yang diduga duga pada baris sebelumnya. Keambiguan jawaban dari baris-baris sebelumnya terjawab pada baris terakhir. Setelah mengetahui makna sesungguhnya dari apa yang diterka, ada kesedihan, pilu yang dirasakan. Ditunjukan dari kata “binar mata”

Kedua, ada gaya bahasa antiklimaks. Antiklimaks ini adalah kebalikan dari klimaks. Urutan bahasanya dari yang terpenting ke gagasan yang kurang penting. “Benar dan salah belum tentu jawabannya”. Baris kedua ini telah memberikan pilihan terlebih dahulu sebagai bentuk inti dari pernyataan mana yang menajadi jawaban pasti. Sehingga ia menjadi kalimat anti klimaks.

Selanjutnya, paralelisme, gaya bahasa ini merupakan gaya bahasa yang berusaha mencapai kesejajaran dalam pemakaina kata-kata atau frasa-frasa yang menduduki fungsi yang sama dalam bentuk gramatikal yang sama (Keraf, 1991).

Benar dan salah belum tentu jawabannya
Seperti tanya tanpa jawabannya

Dua baris pada puisi ini menunjukkan adanya kesetaraan antara “Benar dan salah” dan pengulangan kata “jawabannya” yang memberikan efek yang sama antara baris ke empat puisi ini dan baris ke lima puisi ini dan kesinambungan antara baris tersebut.

Keempat gaya bahasa yang terdapat pada puisi ini yaitu antitesis, yang merupakan gaya bahasa yang mengandung gagasan-gagasan yang bertentangan dengan mempergunakan kata-kata atau kelompok kata yang berlawanan.

Meski kalimat sederhana=
Tapi belum ada yang mengerti makna

Kata “Tapi” memberikan hubungan antitesis antara baris ke enam dan baris ke delapan. Dimaknakan bahwa suatu hal yang sederhana akan tetapi tetap saja makna atau artinya belum dapat diketahui. Masih dalam tahap menduga-duga.

Gaya bahasa terakhir pada bagian struktur kalimat, yaitu repetisi atau perulangan bunyi, suku kata, kata atau bagian kalimat yang dianggap penting untuk memberi tekanan dalam sebuah konteks yang sesuai disebut repetisi. “Meski kalimat sederhana” pada baris ke enam dan baris ke sembilan “ Kalimat sederhana dengan beberapa kata” menunjukkan gaya bahasa repetisi pada puisi ini. Pada awalnya penulis hanya menunjukkan kalimat utamanya yaitu “sederhana” lalu pada baris berikutnya kata “sederhana” kembali diulang sebagai pengurai dari baris sebelummnya. Dengan menjelaskan “beberapa kata” yang hadir pada kalimat sederhana tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa puisi Dugaan Jawaban karya Maryatul Kuptiah ini mengajak pembaca untuk merenungkan dan memaknai satu per satu setiap baris yang dihadirkan. Pada baris awal, kebingungan terjadi dan mempertanyakan perihal benar atau salah. Pertanyaan yang diajukan tidak memiliki jawaban yang pasti bahkan tidak ada. Jika adapun kalimat sederhana sebagai jawabannya, tetapi maknanya belum dapat dipahami. Hingga akhirnya setelah mengetahui jawaban dan makna yang pasti, harus menghadapi kenyataan yang tidak sesuai keinginan. Keambiguan ini menunjukkan bagaimana perjalanan kehidupan manusia yang belum pasti akan berakhir pada ending yang bagaimana. Meski terkadang sudah berusaha melakukan hal yang terbaik untuk diri sendiri.

Tags: #Mayang Putri Iffany
ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

Puisi-puisi Eliza Nuzul Fitria

Berita Sesudah

Sulitnya Gen Z Menabung di Era Digital

Berita Terkait

Tantangan Kuliah Lapangan Fonologi di Era Mobilitas Tinggi

Tantangan Kuliah Lapangan Fonologi di Era Mobilitas Tinggi

Minggu, 29/6/25 | 08:21 WIB

Oleh: Nada Aprila Kurnia (Mahasiswa Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas dan Anggota Labor Penulisan Kreatif/LPK)   Kridalaksana (2009),...

Mendorong Pemberdayaan Perempuan melalui KOPRI PMII Kota Padang

Mendorong Pemberdayaan Perempuan melalui KOPRI PMII Kota Padang

Minggu, 22/6/25 | 13:51 WIB

Oleh: Aysah Nurhasanah (Anggota KOPRI PMII Kota Padang)   Kopri PMII (Korps Putri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) merupakan organisasi yang...

Aspek Pemahaman Antarbudaya pada Sastra Anak

Ekokritik pada Fabel Ginting und Ganteng (2020) Karya Regina Frey dan Petra Rappo

Minggu, 22/6/25 | 13:12 WIB

Oleh: Andina Meutia Hawa (Dosen Prodi Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas)   Kajian ekokritik membahas hubungan antara manusia, karya sastra,...

Perkembangan Hukum Islam di Era Digital

Mencari Titik Temu Behaviorisme dan Fungsionalisme dalam Masyarakat Modern

Minggu, 22/6/25 | 13:00 WIB

Oleh: Nahdaturrahmi (Mahasiswa Pascasarjana UIN Sjech M. Jamil Jambek Bukittinggi)   Sejarah ilmu sosial, B.F. Skinner dan Émile Durkheim menempati...

Salah Kaprah Penggunaan In dan Out di Ruang Publik

Salah Kaprah Penggunaan In dan Out di Ruang Publik

Minggu, 15/6/25 | 10:52 WIB

Oleh: Mita Handayani (Mahasiswa Magister Linguistik FIB Universitas Andalas)   Cassirer (dalam Lenk, 2020) mengatakan bahwa manusia adalah animal symbolicum,...

Metafora “Paradise” dalam Wacana Pariwisata

Frasa tentang Iklim dalam Situs Web Greenpeace

Minggu, 15/6/25 | 09:39 WIB

Oleh: Arina Isti’anah (Dosen Sastra Inggris, Universitas Sanata Dharma) Baru-baru ini kita disadarkan oleh fenomena kerusakan alam Raja Ampat yang...

Berita Sesudah
Sulitnya Gen Z  Menabung di Era Digital

Sulitnya Gen Z Menabung di Era Digital

POPULER

  • Ketua DPD Partai Golkar Sumbar terpilih, Khairunnas saat menerima dokumen persidangan. [foto : ist]

    Khairunnas Kembali Pimpin Golkar Sumbar, Terpilih Secara Aklamasi dalam Musda

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jembatan Akses Utama Kampung Surau Rusak Parah, Warga: Jangan Sampai Ada Korban Jiwa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanda Titik pada Singkatan Nama Perusahaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Musda Golkar Sumbar Digelar Besok, Ketua Umum Bahlil Lahadalia dan Sejumlah Tokoh Nasional Hadir

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penggunaan Kata Depan “dari” dan “daripada” yang Tidak Tepat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yonnarlis Ungkap Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi Masyarakat dan Polri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Peringatan HUT ke-79 Bhayangkara, Ketua DPRD Dharmasraya: Polri Harus jadi Pelayan Masyarakat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024