Oleh: Yudhistira Ardi Poetra, M.I.Kom
(Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
YouTuber sekaligus streamer ternama IShowSpeed baru-baru ini menggelar tur keliling beberapa negara ASEAN. Tur tersebut menarik perhatian para penggemar dan media. Tur ini bukan hanya sekedar menjadi tur atau kunjungan biasa saja, melainkan juga menjadi kesempatan bagi IShowSpeed untuk berinteraksi langsung dengan para penggemar di beberapa negara di Asia Tenggara, tempat yang terkenal dengan kekayaan keragaman budayanya. Dalam kunjungannya, berbagai kegiatan dilakukannya, mulai dari bertemu dengan para penggemar, membuat konten untuk YouTube-nya, hingga berkolaborasi dengan para conten creator lokal. Kegiatan ini semakin menambah warna perjalanan digital yang ia buat.
Negara-negara yang dikunjugi IshowSpeed selama turnya di Asia Tenggara, di antaranya adalah Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Setiap negara yang dikunjungi memiliki atmosfer yang khas berbeda-beda. Kedatangannya pun tidak hanya berpengaruh pada meningkatnya kepopuleran dirinya saja, tetapi juga memberi kesempatan bagi para penggemar untuk merasakan kedekatan dengan seseorang yang selama ini mereka idolakan di dunia digital. Sangat terlihat juga bahwa setiap momen yang dibagikan oleh IshowSpeed menunjukkan semangat luar biasa dari para penggemar yang ingin mengenal idola mereka dengan lebih dekat. Ini juga sangat berpotensi membentuk memori atau kenangan yang spesial dalam perjalanan IShowSpeed di kawasan ASEAN.
Kedatangan IShowSpeed ke Indonesia baru-baru ini telah menjadi topik hangat di kalangan warganet dan menjadi momen yang sangat berarti bagi para penggemarnya di tanah air. Dalam tur ASEAN tersebut, Indonesia dipilih sebagai salah satu destinasi utama karena jumlah penggemarnya yang besar serta antusiasme luar biasa yang ditunjukkan oleh mereka. Selama berada di Indonesia, IShowSpeed tampak sangat berusaha menjalin hubungan dengan masyarakat setempat sehingga menciptakan kesan dan pengalaman yang lebih mendalam bagi para pengikutnya. Keseruan yang ia selenggarakan di sejumlah daerah besar, seperti di Jakarta, Bali, dan Yogyakarta menarik perhatian banyak orang. Ribuan penggemar berdatangan secara bergantian untuk bertemu dan mengabadikan momen yang sangat luar biasa.
Selama berada di Indonesia, IShowSpeed juga berkolaborasi dengan beberapa content creator, seperti Reza Arap, Koi, Cellos, dan beberapa content creator lainnya. Hal ini juga sebagai upaya mengintegrasikan unsur-unsur budaya Indonesia ke dalam karya yang dihasilkannya. Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat hubungan antara IShowSpeed dan penggemar di Indonesia, tetapi juga menyoroti potensi-talenta muda yang ada di negara kita. Terlihat dari sejumlah video yang diunggah di kanal sosial, IShowSpeed tampak sangat bersemangat menjelajahi Indonesia, mulai dari makanan lokal, berinteraksi dengan penduduk setempat, serta merasakan atmosfer kota yang kaya akan tradisi. Atmosfer ini menghasilkan dampak positif di antara para penggemar, yang merasa semakin terhubung dengan figur yang selama ini mereka ikuti di dunia digital.
Kunjungan IShowSpeed ke Indonesia menjadi contoh nyata bagaimana dunia digital dapat menjembatani pertemuan budaya, sekaligus membuka peluang baru untuk kolaborasi dan interaksi antar-generasi. Selain sebagai ajang pertemuan antara idola dengan penggemar, fenomena ini juga merupakan langkah strategis dan tepat dalam transformasi komunikasi pariwisata di era digital. Dengan menggunakan platform media sosial dan video streaming, IShowSpeed mampu menyampaikan dan memperkenalkan berbagai aspek budaya Indonesia kepada masyarakat global. Cara ini menjadi salah satu metode efektif dalam mempromosikan pariwisata, mengingat jangkauan pengaruhnya yang luas di kalangan generasi muda yang menjadi target pasar pariwisata saat ini.
Kolaborasi yang dilakukan IShowSpeed dengan para content creator lokal mengeksplorasi secara langsung kekayaan budaya Indonesia. IShowSpeed menciptakan konten yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan edukasi mengenai kebudayaan di Indonesia. Ia menampilkan pesona alam, keistimewaan budaya, serta variasi makanan di Indonesia dengan cara yang menarik dan dapat diterima. Strategi ini sejalan dengan inisiatif untuk mentransformasi komunikasi dalam sektor pariwisata, yang saat ini lebih fokus pada penceritaan yang autentik dan bersifat interaktif. Dengan mengusung tema-tema kebudayaan, IShowSpeed secara sadar atau tidak telah turut berperan dalam membangun pandangan positif tentang Indonesia di kancah internasional, sekaligus mendorong para penggemarnya untuk lebih memahami dan menghargai keberagaman yang ada.
Strategi yang diterapkan IShowSpeed di Indonesia ini memperlihatkan seberapa besar potensi influencer dalam memasarkan wisata dan budaya lokal. Melihat hal ini, pemerintah seharusnya perlu menyadari bahwa fenomena ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki reputasi pariwisata Indonesia di tingkat global. Dengan memperhatikan keberhasilan IShowSpeed dalam menarik minat masyarakat global melalui konten digital yang menarik, pemerintah semestinya bisa merancang strategi komunikasi pariwisata yang lebih kontemporer dan sesuai dengan trend terkini. Hal ini bisa melibatkan kerja sama dengan para influencer dan content creator sebagai salah satu pihak yang berpengaruh pada pariwisata yang mampu menyebarkan informasi mengenai kekayaan budaya serta keindahan alam yang dimiliki Indonesia.
Di zaman digital saat ini, kehadiran influencer atau content creator sebagai salah satu bagian dalam strategi pariwisata terlihat semakin krusial. Pemerintah perlu melihat potensi ini sebagai bagian dari transformasi dalam komunikasi pariwisata agar dapat menjangkau masyarakat yang jauh lebih luas. Oleh karena itu, dengan adanya langkah-langkah dan strategi yang sesuai dengan zaman sekarang ini, hasil yang diterima pemerintah tidak hanya sekadar perihal peningkatan daya tarik wisata Indonesia, tetapi juga akan menjamin bahwa kekayaan budaya dan tradisi lokal akan terus dilestarikan serta dihargai oleh generasi-generasi penerus.
Menelaah kembali fenomena IShowSpeed di Indonesia yang mencerminkan peluang besar untuk memajukan sektor pariwisata dan budaya. Di samping itu, juga terdapat beberapa kritik mengenai cara pemerintah menghadapi peluang tersebut. Pertama, kritik keras yang dilayangkan oleh Reza Arap kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang mengunggah video kunjungan IShowSpeed selama di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak berkontribusi sama sekali dalam kunjungan tersebut. Pemerintah terlihat hanya mengambil kesempatan dalam semaraknya kehadiran IShowSpeed di Indonesia. Di samping itu, pemerintah terlihat kurang responsif dalam menghadapi perkembangan trend dan fenomena yang muncul di dunia digital. Ketidakpekaan pemerintah dalam menanggapi kesempatan ini bisa menyebabkan hilangnya momentum dalam mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata yang menarik dengan keanekaragaman budaya lokal.
Pemerintah harus lebih memahami dan memenuhi kebutuhan serta keinginan generasi muda yang aktif di platform media sosial. Fakta yang terlihat sampai saat ini melihatkan bahwa strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan pemerintah masih cenderung konvensional dan kurang sesuai dengan perspektif serta kebiasaan mereka dalam mengonsumsi informasi. Generasi milenial dan Gen Z, yang menjadi generasi penerus, lebih memprioritaskan pengalaman yang sangat nyata dalam beragam hal sehingga mendorong untuk mendapatkan informasi melalui konten visual di platform-platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan YouTube.
Dengan demikian, upaya promosi wisata tidak hanya terpusat pada objek wisata dari keindahan alam saja, tetapi juga perlu mencerminkan unsur budaya serta keterlibatan dengan komunitas setempat. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah dan sektor pariwisata untuk memperbarui strategi komunikasi mereka agar lebih sesuai dan menarik bagi generasi yang lebih aktif ini.