Senin, 02/6/25 | 03:09 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI ARTIKEL

Pentingnya Strategi Pengembangan Produk Bagi UMKM

Minggu, 10/11/24 | 22:01 WIB

Pentingnya Strategi Pengembangan Produk Bagi UMKM 

Oleh: Shanti Darmastuti

(Dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)

 

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di setiap negara, termasuk Indonesia. Keterlibatan UMKM dalam meningkatkan pembangunan ekonomi tidak hanya mencakup UMKM di level nasional tetapi juga UMKM di di level daerah. Peningkatan teknologi informasi dan digitalisasi saat ini mendorong UMKM untuk lebih inovatif dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran produk.

Sehubungan dengan pemasaran produk, UMKM tidak hanya dituntut untuk dapat mengadopsi kemajuan teknologi, tetapi juga dapat memahami strategi pengembangan produk yang baik. Pengembangan produk sangat penting bagi UMKM untuk dapat meningkatkan pemasaran produk pada pasar yang tepat.

Persoalan pengembangan produk terkadang menjadi tantangan bagi UMKM dalam memperkenalkan produk ke pasar. Hal ini tidak terlepas dari semakin meningkatnya kompetisi antarpelaku usaha UMKM yang memiliki produk sejenis. Di samping kompetisi, terkadang UMKM juga masih belum memahami strategi pengembangan produk untuk lebih menarik bagi konsumen.

BACAJUGA

Anggota DPRD Kota Padang, Fraksi PKB, Yosrizal Effendi. [foto : ist]

Yosrizal Ajak Masyarakat Dukung Pelaku Usaha Lokal

Rabu, 26/3/25 | 05:41 WIB

Oleh karena itu, penyuluhan mengenai strategi pengembangan produk kepada para pelaku UMKM menjadi sangat penting. Salah satu bentuk penyuluhan terkait strategi pengembangan produk dapat dilakukan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh universitas yang bekerja sama dengan kelompok UMKM.

Berdasarkan pada tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam pengembangan produk, tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta bekerja sama dengan UMKM Mapan Pancoran Mas melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang strategi branding bagi pelaku UMKM di Keluarahan Pancoran Mas Depok.

UMKM di Kelurahan Pancoran Mas masih dihadapkan dengan persoalan pengembangan produk untuk menarik konsumen dikarenakan banyak UMKM yang memiliki produk sejenis. Oleh karena itu, dalam penyuluhan tentang strategi branding, salah satu topik materi yang disampaikan adalah mengenai strategi pengembangan produk. Pemberian penyuluhan mengenai strategi pengembangan produk menjadi menarik bagi para pelaku UMKM, dikarenakan dalam kegiatan penyuluhan juga mendatangkan praktisi sekaligus sebagai pelaku usaha yang telah sukses dalam melakukan pengembangan produk.

Penyuluhan mengenai pengembangan produk kepada UMKM menekankan pada penentuan target pasar, mengetahui kebutuhan pasar, menentukan konsep dari produk yang dipasarkan, menentukan kategori produk, sampai dengan memetakan kompetisi. Penentuan target pasar serta pemetaan kompetisi menjadi dua hal menarik bagi para pelaku UMKM. Hal ini disebabkan oleh banyaknya UMKM yang memiliki produk sejenis.

Banyaknya UMKM yang memiliki produk sejenis juga menjadi tantangan terbesar bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Pancoran Mas, Depok. Kolaborasi dan kerja sama menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM di satu kelurahan. Melalui kolaborasi dan kerja sama diharapkan ada produk inovasi yang dapat menjadi unggulan di satu kelurahan.

Penentuan target pasar menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para pelaku UMKM. Dengan mengetahui target pasar, maka UMKM dapat lebih mudah dalam menentukan serta mengembangkan produk yang dipasarkan sesuai dengan kondisi pasar. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa strategi pengembangan produk harus memperhatikan banyak hal yang nantinya akan menentukan branding dari produk yang dipasarkan.

Kerja sama antar stakeholders dalam pengembangan UMKM untuk melakukan inovasi dalam produk yang dipasarkan sangat diperlukan. Kolaborasi maupun pendampingan tidak hanya dari lembaga pemerintah tetapi juga dengan sektor swasta. Pemahaman terhadap strategi pengembangan produk pada akhirnya akan sangat membantu UMKM untuk dapat melakukan usaha secara berkelanjutan disesuaikan dengan kondisi pasar yang dinamis. (*)

 

 

Tags: #edukasiUMKM
ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

Puisi-puisi Muhammad Aldito Aprilian dan Ulasannya oleh Dara Layl

Berita Sesudah

Bahaya Mandi Malam: Antara Mitos dan Fakta

Berita Terkait

Epigram 60: Perayaan Ulang Tahun Terakhir Joko Pinurbo

Epigram 60: Perayaan Ulang Tahun Terakhir Joko Pinurbo

Minggu, 01/6/25 | 11:46 WIB

Oleh: Ghina Rufa’uda (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia dan Bergiat di Labor Penulisan Kreatif FIB Universitas Andalas)   Rekeningku hanya tempat...

Pesan Moral dalam Cerpen “Robohnya Surau Kami”

Pesan Moral dalam Cerpen “Robohnya Surau Kami”

Minggu, 01/6/25 | 11:18 WIB

Oleh: Sufrika Sari (Mahasiswi Prodi Sejarah dan Bergiat di Labor Penulisan Kreatif FIB Universitas Andalas) Kesalehan lahiriah bukanlah jaminan seseorang...

Literature Review Artikel “Power in the Discourse of West Sumatra Regional Regulation Number 7 of 2018 concerning Nagari”

Literature Review Artikel “Power in the Discourse of West Sumatra Regional Regulation Number 7 of 2018 concerning Nagari”

Minggu, 25/5/25 | 14:40 WIB

Oleh: Raisa Tanjia Ayesha Noori (Mahasiswa S2 Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas) Peraturan Daerah (Perda) sering kali dianggap sebagai...

Kekacauan dalam Film “Pengepungan di Bukit Duri”

Kekacauan dalam Film “Pengepungan di Bukit Duri”

Minggu, 25/5/25 | 13:01 WIB

Oleh:  Queendi Kumala (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Andalas) GILA! Bukan karena film ini adalah suatu masterpiece, tetapi semua adegan...

Jumbo, Cermin Estetika Luka Dewasa di Balutan Imaji Anak-Anak

Jumbo, Cermin Estetika Luka Dewasa di Balutan Imaji Anak-Anak

Minggu, 18/5/25 | 07:55 WIB

Oleh: Nayla Aprilia (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia, Universitas Andalas, Padang)   Salah satu film animasi anak yang sedang naik daun...

Realitas Kekuasaan Budaya Politik Elite di Indonesia

Realitas Kekuasaan Budaya Politik Elite di Indonesia

Senin, 12/5/25 | 08:22 WIB

Oleh: Muhammad Syaifuddin Aziz (Mahasiswa Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya) Kekuasaan merupakan konsep sentral dalam...

Berita Sesudah
Bahaya Mandi Malam: Antara Mitos dan Fakta

Bahaya Mandi Malam: Antara Mitos dan Fakta

POPULER

  • Kualitas Aspal Jalan di Kecamatan IV Koto Agam Dipertanyakan

    Kualitas Aspal Jalan di Kecamatan IV Koto Agam Dipertanyakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Libur Panjang 29 Mei – 1 Juni 2025, Ini Rekomendasi Wisata Seru di Kota Padang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Puisi-puisi Puti Fathiya Azzahra dan Ulasannya oleh Ragdi F Daye

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Zalmadi Sesalkan RS Rasidin Tolak Pasien Hingga Meninggal : Itu Tidak Manusiawi!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesan Moral dalam Cerpen “Robohnya Surau Kami”

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Epigram 60: Perayaan Ulang Tahun Terakhir Joko Pinurbo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Puisi-puisi Yogi Resya Pratama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024