Kamis, 16/10/25 | 06:34 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI ARTIKEL

Pentingnya Strategi Pengembangan Produk Bagi UMKM

Minggu, 10/11/24 | 22:01 WIB

Pentingnya Strategi Pengembangan Produk Bagi UMKM 

Oleh: Shanti Darmastuti

(Dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)

 

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di setiap negara, termasuk Indonesia. Keterlibatan UMKM dalam meningkatkan pembangunan ekonomi tidak hanya mencakup UMKM di level nasional tetapi juga UMKM di di level daerah. Peningkatan teknologi informasi dan digitalisasi saat ini mendorong UMKM untuk lebih inovatif dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran produk.

Sehubungan dengan pemasaran produk, UMKM tidak hanya dituntut untuk dapat mengadopsi kemajuan teknologi, tetapi juga dapat memahami strategi pengembangan produk yang baik. Pengembangan produk sangat penting bagi UMKM untuk dapat meningkatkan pemasaran produk pada pasar yang tepat.

Persoalan pengembangan produk terkadang menjadi tantangan bagi UMKM dalam memperkenalkan produk ke pasar. Hal ini tidak terlepas dari semakin meningkatnya kompetisi antarpelaku usaha UMKM yang memiliki produk sejenis. Di samping kompetisi, terkadang UMKM juga masih belum memahami strategi pengembangan produk untuk lebih menarik bagi konsumen.

BACAJUGA

Kota Kuno Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Tengah Gurun Arab Saudi

Kota Kuno Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Tengah Gurun Arab Saudi

Sabtu, 11/10/25 | 06:03 WIB
Batu Misterius Diduga Meteor Gegerkan Warga Jawa Tengah

Batu Misterius Diduga Meteor Gegerkan Warga Jawa Tengah

Rabu, 08/10/25 | 07:35 WIB

Oleh karena itu, penyuluhan mengenai strategi pengembangan produk kepada para pelaku UMKM menjadi sangat penting. Salah satu bentuk penyuluhan terkait strategi pengembangan produk dapat dilakukan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh universitas yang bekerja sama dengan kelompok UMKM.

Berdasarkan pada tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam pengembangan produk, tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta bekerja sama dengan UMKM Mapan Pancoran Mas melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang strategi branding bagi pelaku UMKM di Keluarahan Pancoran Mas Depok.

UMKM di Kelurahan Pancoran Mas masih dihadapkan dengan persoalan pengembangan produk untuk menarik konsumen dikarenakan banyak UMKM yang memiliki produk sejenis. Oleh karena itu, dalam penyuluhan tentang strategi branding, salah satu topik materi yang disampaikan adalah mengenai strategi pengembangan produk. Pemberian penyuluhan mengenai strategi pengembangan produk menjadi menarik bagi para pelaku UMKM, dikarenakan dalam kegiatan penyuluhan juga mendatangkan praktisi sekaligus sebagai pelaku usaha yang telah sukses dalam melakukan pengembangan produk.

Penyuluhan mengenai pengembangan produk kepada UMKM menekankan pada penentuan target pasar, mengetahui kebutuhan pasar, menentukan konsep dari produk yang dipasarkan, menentukan kategori produk, sampai dengan memetakan kompetisi. Penentuan target pasar serta pemetaan kompetisi menjadi dua hal menarik bagi para pelaku UMKM. Hal ini disebabkan oleh banyaknya UMKM yang memiliki produk sejenis.

Banyaknya UMKM yang memiliki produk sejenis juga menjadi tantangan terbesar bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Pancoran Mas, Depok. Kolaborasi dan kerja sama menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM di satu kelurahan. Melalui kolaborasi dan kerja sama diharapkan ada produk inovasi yang dapat menjadi unggulan di satu kelurahan.

Penentuan target pasar menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para pelaku UMKM. Dengan mengetahui target pasar, maka UMKM dapat lebih mudah dalam menentukan serta mengembangkan produk yang dipasarkan sesuai dengan kondisi pasar. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa strategi pengembangan produk harus memperhatikan banyak hal yang nantinya akan menentukan branding dari produk yang dipasarkan.

Kerja sama antar stakeholders dalam pengembangan UMKM untuk melakukan inovasi dalam produk yang dipasarkan sangat diperlukan. Kolaborasi maupun pendampingan tidak hanya dari lembaga pemerintah tetapi juga dengan sektor swasta. Pemahaman terhadap strategi pengembangan produk pada akhirnya akan sangat membantu UMKM untuk dapat melakukan usaha secara berkelanjutan disesuaikan dengan kondisi pasar yang dinamis. (*)

 

 

Tags: #edukasiUMKM
ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

Puisi-puisi Muhammad Aldito Aprilian dan Ulasannya oleh Dara Layl

Berita Sesudah

Bahaya Mandi Malam: Antara Mitos dan Fakta

Berita Terkait

Jejak Peranakan Tionghoa dalam Sastra Indonesia

Jejak Peranakan Tionghoa dalam Sastra Indonesia

Minggu, 12/10/25 | 12:34 WIB

Oleh: Hasbi Witir (Mahasiswa Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas) Banyak dari kita mungkin beranggapan bahwa sejarah sastra Indonesia modern dimulai...

Makna Dibalik Puisi “Harapan” Karya Sapardi Tinjauan Semiotika

Makna Dibalik Puisi “Harapan” Karya Sapardi Tinjauan Semiotika

Minggu, 12/10/25 | 11:30 WIB

Oleh: Muhammad Zakwan Rizaldi (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dan Anggota UKMF Labor Penulisan Kreatif)          ...

Puisi-puisi Ronaldi Noor dan Ulasannya oleh Ragdi F. Daye

Puisi Luka Gaza dalam “Gaza Tak Pernah Sunyi” Karya Hardi

Minggu, 05/10/25 | 23:48 WIB

Oleh: Ragdy F. Daye (Penulis dan  Sastrawan Sumatera Barat)   Kota ini bukan kota lagi. Ia museum luka yang terus...

Menyibak Sejarah melalui Manuskrip Surau Baru Pauh

Menyibak Sejarah melalui Manuskrip Surau Baru Pauh

Minggu, 05/10/25 | 23:29 WIB

Oleh: Febby Gusmelyyana (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas)   Pada Jumat, 29 Agustus 2025, pukul 13.30...

Pandangan Khalil Gibran tentang Musik sebagai Bahasa Rohani

Konflik pada Cerpen “Pak Menteri Mau Datang” Karya A.A. Navis

Minggu, 05/10/25 | 23:11 WIB

Oleh: Faathir Tora Ugraha (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Andalas)   Ali Akbar Navis atau lebih dikenal A.A. Navis adalah...

Sastra Bandingan: Kerinduan yang Tak Bertepi di Antara Dua Puisi

Sastra Anak, Pondasi Psikologis Perkembangan Kognitif Anak

Minggu, 28/9/25 | 15:19 WIB

Oleh: Dara Suci Rezki Efendi (Mahasiswi Prodi Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas)   Setiap karya sastra pasti memiliki pembacanya masing-masing,...

Berita Sesudah
Bahaya Mandi Malam: Antara Mitos dan Fakta

Bahaya Mandi Malam: Antara Mitos dan Fakta

POPULER

  • Walikota Padang Fadly Amran bersama Anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kwara saat meninjau rehabilitasi saluran drainase dipadang pasir, Rabu (8/10). (Foto: Ist)

    Walikota Apresiasi Anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kwara Dalam Rehabilitasi Saluran Drainase di Padang Pasir

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Walikota Padang Persiapkan Tenaga Kesehatan Untuk Ke Jerman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kemenlu RI Dukung Kota Padang Kerjasama Dengan Hildesheim Jerman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sumbang 12 untuk Puti Bungsu Minangkabau

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyicil dari Hasil Arisan, Ketuk Pintu Baitullah hingga Lahirkan Warisan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sumbar Tawarkan Potensi Investasi kepada Delegasi Bisnis India di Medan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penggunaan Kata Ganti Engkau, Kau, Dia, dan Ia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024