Padang, SCIENTIA – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berkomitmen meningkatkan transparansi pelayanan publik. Upaya itu telah dibuktikan dengan aplikasi kepuasan masyarakat (Sepakat).
Aplikasi ini bisa diakses melalui situs sepakat.sumbarprov.go.id secara gratis, sehingga memungkinkan masyarakat memberikan penilaian, saran, dan kritik terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah daerah.
“Esensi dari kehadiran pemerintah adalah melayani masyarakat. Karena itu, transparansi adalah hal wajib dalam pelayanan publik,” kata Gubenur Sumbar, Mahyeldi saat meluncurkan aplikasi itu di Auditorium Istana Gubernur, Senin (25/11).
Menurutnya, pelayanan publik merupakan tolok ukur utama keberhasilan pemerintahan. Aplikasi Sepakat ini hadir sebagai alat survei digital yang memungkinkan Pemprov Sumbar mengukur tingkat kepuasan masyarakat secara terintegrasi.
“Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat langsung memberikan masukan terkait kualitas pelayanan publik. Data yang terkumpul akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan,” jelasnya.
Ia menegaskan pentingnya memaksimalkan penggunaan aplikasi Sepakat oleh seluruh perangkat daerah. Apalagi, Sumbar menjadi salah satu provinsi pionir dalam penerapan layanan publik yang lebih transparan melalui aplikasi seperti ini.
“Setiap kelemahan dan kekurangan yang teridentifikasi dari masukan masyarakat harus segera ditindaklanjuti. Ini menjadi langkah nyata untuk menghadirkan pelayanan yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan masyarakat,” tambahnya.
Pada kesempatan yang sama, rapat staf bulanan Pemprov Sumbar ini juga diisi paparan terkait perkembangan Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari. Selain itu, dilakukan pula penandatanganan kerjasama tanggung jawab sosial perusahaan antara Pemprov Sumbar dan Bank Nagari.
Turut hadir kegiatan ini, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Pj Sekda Sumbar Yozawardi UP, jajaran Asisten Setdaprov, Staf Ahli Gubernur, serta Kepala ODP di lingkungan Pemprov Sumbar. (adpsb/tmi/hyu)