Padang, SCIENTIA – PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat (Sumbar) mencatat selama masa angkutan lebaran tahun 2025 ini, keakuratan waktu perjalanan kereta api telah sesuai dengan yang diharapkan.
Pada masa Angkutan Lebaran sejak 21 Maret s.d 11 April 2025, On Time Departure atau ketepatan waktu untuk keberangkatan KA Lokal mencapai 99,88 persen. Angka tersebut melebih target keberangkatan 99,16 persen. Lalu untuk On Time Arrival atau ketepatan waktu untuk kedatangan KA lokal mencapai 99,57 persen dari target 99,55 persen.
Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab mengatakan, ketepatan waktu menjadi salah satu nilai tambah yang KAI Divre II Sumbar tawarkan bagi masyarakat. Dalam angkutan Lebaran ini, KAI Divre II Sumbar terus menjaga keamanan, kenyamanan, keselamatan, serta ketepatan waktu.
“Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh para pemudik,” kata Reza, Jumat (11/4).
Ia mengingatkan kembali agar pelanggan yang hendak melakukan pemesan tiket kereta api disarankan hanya melalui aplikasi Access by KAI atau bisa melakukan pembelian tiket kereta api di loket Stasiun (hanya untuk pembelian langsung maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA (Go Show) selama tiket masih tersedia.
“Pembelian melalui aplikasi ini untuk menghindari modus penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan memastikan keabsahan tiket,” ujarnya.
Reza juga mengungkapkan, secara keseluruhan situasi dan kondisi masa angkutan lebaran tahun 2025 di area Divre II Sumbar terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu.
Selama Angkutan Lebaran, KAI Divre II Sumbar telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan Divre II mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.
Ia menuturkan, KAI Divre II Sumbar terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan demi memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan. Mulai dari aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP dan menjalankan pekerjaan sesuai dengan tupoksinya masing-masing-masing.
Kemudian, para petugas frontliner seperti kondektur, ticketing dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran.
“KAI berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan. Dengan layanan yang semakin baik kami berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi masyarakat pada momen lebaran,” ungkapnya.
KAI Divre II Sumbar mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan masyarakat yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi selama masa Angkutan Lebaran. Perusahaan akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan dan keselamatan penumpang. (rls/hyu)
Jadwal Pemesanan dan Keberangkatan KA:
5 April 2025: Keberangkatan 5 April–12 April 2025 (H+3 s.d. H+11)
6 April 2025: Keberangkatan 6 April–13 April 2025 (H+4 s.d. H+12)
7 April 2025: Keberangkatan 7 April–14 April 2025 (H+5 s.d. H+13)
8 April 2025: Keberangkatan 8 April–15 April 2025 (H+6 s.d. H+14)
9 April 2025: Keberangkatan 9 April–16 April 2025 (H+7 s.d. H+15)
10 April 2025: Keberangkatan 10 April–17 April 2025 (H+8 s.d. H+16)
11 April 2025: Keberangkatan 11 April–18 April 2025 (H+9 s.d. H+17)