Lastry Monika
(Kolumnis Rubrik Renyah)
The Boy and The Heron adalah salah satu film yang saya nanti-nantikan sudah sejak lama. Hingga akhirnya, setelah menunggu lebih dari setengah dekade, film yang digadang-gadang sebagai karya terakhir sang maestro Hayao Miyazaki ini tayang juga. Miyazaki dengan mahir menggabungkan unsur-unsur realisme dengan elemen-elemen fantasi yang menonjol. Hal ini menciptakan atmosfer magis yang memikat penonton. The Boy and The Heron hadir sebagai karya paling surealisme di antara karya Miyazaki lainnya. Setidaknya, inilah yang saya gumamkan berkali-kali sepanjang menyaksikan film ini.
Hampir 20 menit pertama, The Boy and The Heron membiarkan kita duduk tenang sembari dikerubungi pertanyaan, hendak ke mana kita diantarkan oleh film yang sedang disaksikan? Film dibuka dengan peristiwa yang menegangkan. Kobaran api dalam tragedi Perang Dunia II menewaskan seseorang yang paling dicintai Mahito Maki (Sonta Santoki), ibunya. Inilah yang membuat lelaki muda 12 tahun itu berkecamuk dengan rasa sedih dan kehilangan hampir di seluruh paruh pertama film.
Kepergian sang ibu membuat Mahito berpindah ke desa yang dilukiskan dengan ciri khas Ghibli oleh sapuan tangan tim animator, terutama tentu saja Miyazaki. Kali ini, visual yang dihasilkan melampaui ekspektasi saya sebelum menonton. Indah dan menakjubkan.
Meskipun begitu, desa tersebut diselimuti sisi misterius dan di sinilah alur film mulai menanjaki klimaks antara kesedihan dan kehilangan Mahito, kehidupan barunya, burung cangak abu-abu yang misterius, kastil terbengkalai, hingga dunia multidimensi.
Di desa, Mahito tinggal Bersama ibu tiri yang merupakan bibinya sendiri. Di rumah baru itu, Mahito menerima kasih sayang yang sebetulnya tidaklah kurang, baik dari ayah, ibu tirinya, hingga para nenek yang bekerja di rumahnya. Namun, Mahito yang baru saja kehilangan membuatnya kesulitan menjalani kehidupan barunya. Terlebih ketika dimulailah sisi magis di mana seekor burung cangak abu-abu terus mengganggunya dan mengatakan bahwa ibunya belum meninggal dunia. Di sebuah tempat sang ibu tengah menunggu untuk diselamatkan oleh Mahito.
Dari sinilah dunia multidimensi muncul bergantian. Menariknya, pergantian dimensi turut serta menampilkan pergantian peran tokoh. Setiap karakter tampak dirancang dengan begitu hati-hati. Hal ini membuat kehadiran setiap tokoh memiliki peran yang penting. Bila di suatu dimensi tokoh tersebut barangkali menjadi pihak yang terabaikan, namun di dimensi lain ia menjadi pahlawan dengan kharisma yang menakjubkan.
Pergantian dunia multidimensi sebetulnya agak membuat saya sedikit kebingungan ketika menonton film ini. Namun, setiap dimensi memiliki ceritanya tersendiri. Tidak lupa, cerita tersebut diiringi sisi dramatis yang menggugah emosi. Kita tidak bisa menebak dengan pasti di dimensi mana film ini akan berakhir dan bagaimana sang sutradara mengakhirinya. Satu hal yang pasti ialah film ini dimulai oleh sebuah akhir dan diakhiri oleh sebuah permulaan.
Di awal film, Mahito di hadapkan pada kehilangan sekaligus kehadiran kehidupan yang baru. Suatu kondisi yang sulit untuk dijalani dan diterima begitu saja tanpa proses yang Panjang dan rumit. Dunia multidimensi yang muncul bergantian seolah hendak melukiskan jiwa Mahito yang tengah berkecamuk menuju penerimaan diliputi kesedihan, kemarahan, keegoisan, kejengkelan, dan rasa penasaran. Namun, pergantian multidimensi ini pulalah yang menjadi perjalanan bagi Mahito untuk menerima yang telah berakhir sekaligus menerima awal yang baru.
Discussion about this post