Rabu, 02/7/25 | 00:14 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI

Bahasa Feminin dalam Kumpulan Cerpen Catatan Pertama Karya Reno Wulan Sari

Sabtu, 17/8/19 | 12:21 WIB

[h]

 


Oleh:

Elly Delfia

BACAJUGA

Walikota Padang Fadli Amran sedang memaparkan persiapan perayaan HUT Kota Padang ke 356. (Foto: Ist)

Perayaan HUT ke-356 Kota Padang akan Digelar Selama Delapan Hari

Selasa, 01/7/25 | 22:39 WIB
Anggota DPRD Tanah Datar Fraksi PKB, Yonnarlis. [foto : ist]

Yonnarlis Ungkap Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi Masyarakat dan Polri

Selasa, 01/7/25 | 22:31 WIB

(Dosen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas) 

[/h]

 

    Perempuan memang makhluk lain sedikit dari laki-laki. Bahasa yang digunakannya juga berbeda dengan laki-laki. Bahasa ataupun diksi yang digunakan perempuan identik dengan gender mereka. Bahasa tersebut kadang menjadi teka-teki dan rahasia yang rumit untuk dimengerti oleh laki-laki. Perempuan cukup pandai merahasiakan isi hati. Beberapa lagu dan puisi pernah populer tentang rahasia hati perempuan. Lagu Rahasia Perempuan yang dinyanyikan oleh Ari Lasso pernah populer pada tahun 2000-an dan masih enak dinikmati hingga kini. Hal serupa juga terdapat dalam kumpulan cerpen Reno Wulan Sari yang berjudul Catatan Pertama, selanjutnya disingkat CP. Cerpen-cerpen dalam CP yang diterbitkan oleh Penerbit Erka pada Juli 2018 kental dengan bahasa perempuan yang mencerminkan rahasia hati mereka. Bahasa perempuan dikenal dengan bahasa feminin atau bahasa yang menggunakan kosakata yang mencerminkan perasaan perempuan, kehidupan perempuan,  dan segala benda yang digunakan oleh perempuan. Penggunaan bahasa feminin dalam karya perempuan bagian dari kuasa (power) yang dimiliki oleh perempuan dan tidak dimiliki oleh laki-laki.

Bertolak dari eksistensialisme Simone de Beauvoir, dekonstruksionisme Jacques Derrida, psikoanalisis Jaques Lacan, para feminis postmodern, seperti Helene Cixous, Luce Irigaray, dan Julie Kristeva menawarkan pandangan masing-masing mengenai bahasa feminin. Menurut mereka, salah satu ciri dari tulisan yang berkualitas adalah tulisan yang mengandung “gairah” sebagaimana yang terdapat dalam tulisan feminin, bukan hanya mengandung “rasio” (reason) seperti pada tulisan maskulin. Pendapat Helene Cixous ini disetujui oleh Luce Irigaray yang lebih lanjut berbicara tentang bahasa perempuan dalam karya sastra (Lianawati, 2008:1).

Bahasa feminin memang terdapat dalam kumpulan cerpen CP. Bahasa feminin tersebut adalah wujud dari alam bawah sadar yang dimiliki oleh penulis sebagai seorang perempuan, seperti halnya pernyataan Sigmond Freud yang menerangkan bahwa alam bawah sadar mengatur tingkah laku manusia serta penyimpangan-penyimpangannya. Menurut Freud, teks sastra memang membuka kemungkinan untuk mengungkapkan keinginan terpendam dengan cara yang dapat diterima oleh kesadaran (Minderop, 2010:22). Alam bawah sadar dan keinginan terpendam dapat dilihat pada penggalan salah satu cerpen dalam CP  yang berjudul “Lian”.

“Lian yang cantik. Bila aku bertanya kepada ibu siapa yang cantik di antara kita, ibu hanya menjawab, semua anak perempuan itu cantik, dan kita tersipu malu” (Sari, 2018:26)

“Begitu cantik kampung halaman bapak, seperti Lian yang cantik atau pun aku yang cantik. 

“Bukankah kata ibu setiap anak perempuan itu cantik? Juga perempuan yang kini menempati kamar tamu di rumah nenek? Apakah ia juga cantik?” (Sari, 2018:29).

Diksi  cantik yang digunakan dalam penggalan teks cerpen di atas adalah representasi dari bahasa feminin. Kata cantik. Semua perempuan pada umumnya suka kata cantik dan senang dikatakan cantik. Kata cantik membawa perempuan pada perasaan bahagia. Para perempuan juga mengeluarkan aura dan energi positif jika orang lain memujinya sebagai seseorang yang cantik. Diksi tersebut mewakili alam bawah sadar perempuan dan gairah terpendam perempuan untuk dikatakan cantik oleh orang lain.

Penggalan teks di atas sesuai dengan pendapat Irigaray bahwa tulisan yang berkualitas adalah tulisan dengan bahasa feminin yang membangkitkan gairah perempuan. Gairah tersebut bisa rasa bahagia dan perasaan gembira yang meluap-luap. Gairah juga bisa kemarahan dan perasaan emosional lainnya yang meluap-luap. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gairah adalah keinginan (hasrat, keberanian) yang kuat (http://kbbi.web.id). Bahasa-bahasa feminin yang dapat membangkitkan gairah ini cenderung mempengaruhi sikap pembaca dan menyentuh naluri pembaca untuk bertindak, bersikap, dan merasakan hal yang sama dengan kondisi yang terdapat dalam teks cerpen. Gairah mendatangkan rasa sedih, nelangsa, terluka, gembira atapun bahagia.

Bahasa feminin lain juga terdapat dalam cerpen yang berjudul, “Kawinkan Ratna”.  Dalam cerpen ini, Bu Marni, ibunya Ratna sangat bahagia anak gadisnya akan menikah. Bahasa feminin tentang kebahagiaan itu digambarkan dengan kata-kata yang ia sampaikan kepada Tih, anak perempuan tetangganya.  

“Tih, besok pakai kebaya Ratna saja ya. Sudah Ibu siapkan. Mereka nikahnya jam sepuluh. Ya, telat sedikitlah. Jam delapan ke sini ya. Kita sanggul rambut kamu.“

Bu Marni tampak riang. Hingga ia mampu memperhatikan pakaian dan dandananku. Sebagai seorang ibu tentu hari seperti ini adalah hari yang istimewa, melepas anak gadis yang akan berumah tangga.Tapi ibuku berpikir lain. Baginya jika keadaannya seperti ini, tidak seharusnya seorang ibu bahagia.

“Orang tua Ratna itu pikirannya singkat sekali. Orang tua yang bodoh. Mau saja mengawinkan anaknya yang masih kecil”(Sari, 2018:48-49).  

    Bahasa feminin pada penggalan cerpen di atas mengandung makna cukup emosional, di mana setiap ibu pasti bahagia menyambut pernikahan anaknya, meskipun tetangga mencibirnya. Hal itulah yang dialami Bu Marni. Terlepas apa pun latar belakang yang menghantarkan anaknya ke jenjang pernikahan, terlepas apakah anaknya belum cukup umur, nalurinya sebagai seorang ibu pasti merasakan bahagia tak terbendung saat berhasil menghantarkan anaknya menjadi perempuan dewasa seutuhnya melalui pernikahan. Selain itu, beberapa kosakata yang digunakan merupakan representasi dari diri perempuan, seperti kata kebaya, sangggul, ibu, anak gadis, dan rumah tangga. Semua kata tersebut adalah mewakili dan identik dengan keseharian kehidupan perempuan. 

    Unsur feminin lain yang terdapat dalam kumpulan cerpen CP adalah semua tokoh utama dalam 12 cerpen adalah perempuan. Dengan demikian, cerita dan sudut pandang penceritaan yang ada dalam cerpen-cerpen CP merupakan sudut pandang perempuan. Bagaimana perempuan mendefinisikan keadaan sekitarnya, bagaimana perempuan pro dan kontra terhadap situasi yang abnormal dalam kehidupan kesehariannya. Judul-judul cerpen dalam CP juga rata-rata menggunakan nama perempuan, seperti “Lian”, “Kawinkan Ratna”, “Sekar”, “Perkalian Wirani”, dan “Namanya Pranandita, Bu”.

Demikian bahasa feminin yang terdapat dalam kumpulan cerpen Catatan pertama. Bahasa feminin adalah personifikasi dari kepribadian perempuan. Bahasa feminin adalah refleksi hati perempuan. Bahasa feminin juga adalah bentuk katarsis atau upaya mengatasi tekanan emosi masa lalu yang dimunculkan dengan cara yang anggun dan berkelas dalam bentuk karya sastra. Melalui bahasa, hati perempuan dapat dibaca, dimasuki, dan ditaklukkan. Melalui bahasa feminin yang digunakan oleh perempuan dalam CP, kita belajar bahwa karya sastra bukan hanya karya fiksi yang berisi fantasi semata, tetapi karya sastra juga adalah media pembelajaran untuk menyelami kepribadian perempuan lewat bahasanya.

ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

TRADISI LAGHOUK DAN BAHASA PERJODOHAN MASYARAKAT TRADISIONAL PADANG PARIAMAN

Berita Sesudah

Eighteen

Berita Terkait

Satu Tikungan Lagi

Yang Tersembunyi di Balik Ramalan

Minggu, 29/6/25 | 19:13 WIB

Salman Herbowo (Kolumnis Rubrik Renyah)   Semasa sekolah menengah, saya dan banyak teman sebaya gemar mengakses ramalan, dari situs mistis...

Puisi-puisi Afny Dwi Sahira

Puisi-puisi Afny Dwi Sahira

Minggu, 29/6/25 | 08:47 WIB

Sumber gambar: Meta AI Alam Secantik Ibu Oleh : Afny Dwi Sahira Tenang anginnya, lembut peluknya Terang bulan seindah matamu...

Tantangan Kuliah Lapangan Fonologi di Era Mobilitas Tinggi

Tantangan Kuliah Lapangan Fonologi di Era Mobilitas Tinggi

Minggu, 29/6/25 | 08:21 WIB

Oleh: Nada Aprila Kurnia (Mahasiswa Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas dan Anggota Labor Penulisan Kreatif/LPK)   Kridalaksana (2009),...

Perbedaan Kata “kepada”, “untuk”, dan “bagi”

Persoalan Kata Hidup dan Mati

Minggu, 29/6/25 | 08:02 WIB

Oleh: Reno Wulan Sari (Dosen Tamu di Busan University of Foreign Studies) Kata hidup dan mati termasuk dua kata yang...

Struktur Kalimat Peraturan Perundang-undangan

Syarat Sebuah Paragraf yang Ideal

Minggu, 22/6/25 | 20:22 WIB

Oleh: Elly Delfia (Dosen Prodi Sastra Indonesia dan S2 Linguistik FIB Universitas Andalas) Mengenal syarat paragraf yang ideal dalam membuat...

Belajar dari Menunggu

Minggu, 22/6/25 | 18:32 WIB

Salman Herbowo (Kolumnis Rubrik Renyah)   Menunggu ujian bukan hanya soal duduk diam di luar ruang kelas dengan segelas air...

Berita Sesudah
Eighteen

Eighteen

Discussion about this post

POPULER

  • Ketua DPD Partai Golkar Sumbar terpilih, Khairunnas saat menerima dokumen persidangan. [foto : ist]

    Khairunnas Kembali Pimpin Golkar Sumbar, Terpilih Secara Aklamasi dalam Musda

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanda Titik pada Singkatan Nama Perusahaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jembatan Akses Utama Kampung Surau Rusak Parah, Warga: Jangan Sampai Ada Korban Jiwa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Musda Golkar Sumbar Digelar Besok, Ketua Umum Bahlil Lahadalia dan Sejumlah Tokoh Nasional Hadir

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fraksi PKB Ummat DPRD Padang: Selamat Hari Bhayangkara, Polri Harus Terus Hadir untuk Masyarakat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penggunaan Kata Depan “dari” dan “daripada” yang Tidak Tepat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fungsi Tanda Asteris atau Tanda Bintang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024