Jumat, 17/10/25 | 07:42 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI ARTIKEL

Modernisasi Penampilan Rabab Pasisia Di ISI Padangpanjang

Minggu, 20/7/25 | 12:15 WIB

Oleh: Muhammad Zakwan Rizaldi
(Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Andalas)

 

Di zaman sekarang ini, sastra lisan mulai kurang diminati oleh generasi muda. Dibandingkan dengan sastra tulis, sastra lisan memang kurang terkenal. Sastra lisan (oral literature)  adalah sastra yang disampaikan secara turun temurun dari mulut ke mulut. Perbedaan paling terlihat antara sastra lisan dan sastra cetak terletak dari cara menyampaikan sastra tersebut. Sastra lisan disampaikan secara lisan dan memilki penampil yang berperan dalam menyampaikan isi dari sastra lisan itu, sedangkan sastra cetak disampaikan melalui tulisan.

BACAJUGA

Makna Dibalik Puisi “Harapan” Karya Sapardi Tinjauan Semiotika

Makna Dibalik Puisi “Harapan” Karya Sapardi Tinjauan Semiotika

Minggu, 12/10/25 | 11:30 WIB
Cita-cita dan Impian dalam Puisi “Layang-Layang”  Karya Sapardi Djoko Damono

“Sajak Tafsir”, Jeritan Anak di Bawah Bayangan Orang tua

Minggu, 14/9/25 | 17:19 WIB

Di era yang  modern ini, sudah jarang generasi muda yang melihat langsung pertunjukan sastra lisan karena dianggap kuno dan terbelakang. Budaya luar lebih menarik bagi generasi muda sekarang. Oleh karena itu, sastra lisan harus bisa beradaptasi di era modern agar tidak punah. Salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu memodifikasi sastra lisan tersebut, baik dari segi alat musik, Fungsi, pakaian pemain, dan lain sebagainya mengikuti perkembangan zaman.

Pada hari Senin tanggal 26 Mei 2025, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang mempersembahkan serangkaian penampilan sastra lisan Minangkabau yang diadakan di Gedung Auditorium Boestanul Atifin ISI Padang Panjang. Pertunjukan ini merupakan bentuk kerja sama antara Program Studi Seni Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padangpanjang dengan Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas (FIB Unand) sekaligus sebagai objek penelitian mahasiswa Sastra Indonesia FIB Unand dalam mata kuliah Sastra Lisan. Sastra lisan yang ditampilkan oleh ISI Padangpanjang yaitu sastra lisan Minangkabau, seperti Bagurau, Baindang, Bakucapi, Rabab Pasisia,Randai, Salawaik Dulang, Saluang Panjang, dan Sampelong. Ada hal yang menarik dalam penampilan sastra lisan oleh Prodi Karawitan ini, yaitu  pada penampilan  Rabab Pasisia.

Rabab Pasisia adalah sastra lisan yang berasal dari Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang  menggabungkan antara kaba atau cerita dengan iringan rabab.  Menurut Martamin (1977:59), Rabab Pasisia biasa dipertunjukan dalam upacara adat Pesisir selatan, seperti, pada waktu perkawinan, turun mandi, dan upacara alek nagari. Dalam sastra Lisan  Rabab Pasisia, para pemain alat musik (rabab, adok, orgen, tamborin), penyanyi dan penonton untuk saling berinteraksi, melalui syair dendang dan kaba, dalam ruang dan waktu pertunjukan yang mereka alami bersama. Penyajian musik dapat berkedudukan sebagai bagian dari upacara, jenis musik seperti: do’a keagamaan, nyanyian wajib keagamaan, dan bunyi intrumen musik yang dipandang sakral wajib dihadirkan dalam upacara keagamaan.

Hal menarik yang terdapat dalam penampilan Rabab Pasisia di ISI Padangpanjang adalah rabab yang digunakan, yaitu mirip dengan alat musik dari Eropa yaitu biola. Hajizar (2019:192) menyatakan bahwa penggunaan biola sebagai rabab dalam penampilan Rabab Pasisia disebabkan karena daerah Pesisir Selatan mendapatkan pengaruh Portugis dan Belanda yang cukup lama. Karena pengaruh tersebut, para seniman Pesisir Selatan mengadopsi budaya Eropa yang dibawa Portugis dan Belanda itu, yaitu dalam segi alat musik. Peniruan terhadap biola mungkin dilakukan oleh para seniman Pesisir Selatan.

Sampai saat ini, sebagian orang Pesisir Selatan masih menyebut bahwa rabab yang digunakan dalam Rabab Pasisia adalah biola. Menurut Hajizar (2019:192), hal ini sangat keliru karena lagu-lagu Pesisir Selatan yang dimainkan kurang cocok dengan warna bunyi dari biola. Perbedaan rabab dan biola juga terlihat dalam penggunaanya, biola biasanya dimainkan dengan menjempitkan biola dengan dagu dan bahu kiri pemain, sedangkan rabab dalam Rabab Pasisia diletakkan di pangkuan atau di atas paha pemain sambil duduk bersila.

Sebelum perubahan Rabab Pasisia yang mirip dengan biola, bentuk Rabab Pasisia sangat mirip dengan Rabab Pariaman. Kesamaan rabab ini terjadi karena pada awalnya rabab dibawa oleh para pedagang Islam dari Persia dan bangsa bangsa sekitarnya, seperti Maroko, Turki, dan Gujarat India yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran Islam di Nusantara. Penyebaran Islam sendiri di Sumatera Barat menurut Martamin (1977: 59) dimulai di Pariaman. Dari daerah Pariaman tersebut rabab menyebar ketiga daerah di Sumatera Barat  yaitu ke Pesisir Selatan, Pesisir Utara dan Pedalaman.

Perbedaan Rabab Pasisia yang dulu dan Rabab Pasisia yang sekarang dapat dilihat dari berbagai hal. Secara Organologi, Rabab Pasisia yang dulu memiliki tiga buah tali dan memiliki yang badan atau resonator suaranya menyerupai separoh batok (tempurung) kelapa, mirip dengan instrumen kamanja (kamanchay) dari Persia. Sedangkan Rabab Pasisia yang sekarang mempunyai 4 buah tali yang sama dengan biola, tetapi tali nomor empat hanya berfungsi sebagai pembantu getaran talinya yang lain (sympathetic string). Struktur organologinya mirip sekali dengan keman dari Turki, dan rabab dari Maroko, atau biola Barat.

Selain dari segi organologi, perbedaannya terlihat dari bahan yang digunakan. Rabab Pasisia yang lama memiliki kemiripan dengan Rabab Pariaman, yaitu terbuat dari tempurung kelapa tua yang dibelah dua. Bagian belakang tempurung kelapa itu diberi lubang yang berfungsi sebagai resonasi udara sedangkan bagian belakang tempurung kelapa ditutupi dengan kulit kambing atau kulit sapi yang sebelumnya sudah dikeringkan. Gagang rabab terbuat dari sebilah bambu dan dua buah senar direntangkan dari ujung gagang sampai bagian tempurung.

Ricardo & Wimbrayardi (2024:15) menyebut kedua sisi dari depan dan belakang badan Rabab Pasisia  yang sekarang terbuat dari batang kayu jariang (jengkol) dan kayu montiah yang sudah ditipiskan yang ketika digesek  menghasilkan suara yang keras dan bergetar. Kedua kayu yang digunakan itu  memiliki ketebalan 4cm, panjang 45cm, dan lebar 30cm. Bagian lidan rabab dan penggesek rabab menggunakan kayu sicerek yang memiliki bentuk dan ukuran sama dengan pinggang rabab.

Penampilan rabab  dalam  Rabab Pasisia  yang mirip dengan biola ini sangat menarik untuk dibahas lebih dalam, terutama dalam aspek sejarahnya. Modernisasi yang terjadi pada rabab semata-mata terjadi karena mengikuti perkembangan zaman yang pada saat itu orang Eropa membawa budayanya ke daerah Pesisir Selatan. Modernisasi tidak selalu memiliki dampak buruk, namun juga memiliki dampak yang baik seperti yang terjadi pada rabab ini. Perubahan rabab yang mirip dengan biola ini menarik perhatian para generasi muda yang sudah terbiasa mengikuti budaya luar untuk menonton  Rabab Pasisia.

Tags: #Muhammad Zakwan Rizaldi
ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

Penamaan Tempat di Nagari Andiang

Berita Sesudah

Puisi-puisi M. Subarkah

Berita Terkait

Jejak Peranakan Tionghoa dalam Sastra Indonesia

Jejak Peranakan Tionghoa dalam Sastra Indonesia

Minggu, 12/10/25 | 12:34 WIB

Oleh: Hasbi Witir (Mahasiswa Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas) Banyak dari kita mungkin beranggapan bahwa sejarah sastra Indonesia modern dimulai...

Makna Dibalik Puisi “Harapan” Karya Sapardi Tinjauan Semiotika

Makna Dibalik Puisi “Harapan” Karya Sapardi Tinjauan Semiotika

Minggu, 12/10/25 | 11:30 WIB

Oleh: Muhammad Zakwan Rizaldi (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas dan Anggota UKMF Labor Penulisan Kreatif)          ...

Puisi-puisi Ronaldi Noor dan Ulasannya oleh Ragdi F. Daye

Puisi Luka Gaza dalam “Gaza Tak Pernah Sunyi” Karya Hardi

Minggu, 05/10/25 | 23:48 WIB

Oleh: Ragdy F. Daye (Penulis dan  Sastrawan Sumatera Barat)   Kota ini bukan kota lagi. Ia museum luka yang terus...

Menyibak Sejarah melalui Manuskrip Surau Baru Pauh

Menyibak Sejarah melalui Manuskrip Surau Baru Pauh

Minggu, 05/10/25 | 23:29 WIB

Oleh: Febby Gusmelyyana (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas)   Pada Jumat, 29 Agustus 2025, pukul 13.30...

Pandangan Khalil Gibran tentang Musik sebagai Bahasa Rohani

Konflik pada Cerpen “Pak Menteri Mau Datang” Karya A.A. Navis

Minggu, 05/10/25 | 23:11 WIB

Oleh: Faathir Tora Ugraha (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Andalas)   Ali Akbar Navis atau lebih dikenal A.A. Navis adalah...

Sastra Bandingan: Kerinduan yang Tak Bertepi di Antara Dua Puisi

Sastra Anak, Pondasi Psikologis Perkembangan Kognitif Anak

Minggu, 28/9/25 | 15:19 WIB

Oleh: Dara Suci Rezki Efendi (Mahasiswi Prodi Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas)   Setiap karya sastra pasti memiliki pembacanya masing-masing,...

Berita Sesudah
Puisi-puisi M. Subarkah

Puisi-puisi M. Subarkah

POPULER

  • Afrina Hanum

    Sumbang 12 untuk Puti Bungsu Minangkabau

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Seminar Ekonomi UNP Dorong Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Berkelanjutan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Apakah Kata “bapak” dan “ibu” Harus Ditulis dalam Huruf Kapital ?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Job Fair 2025 UNP Hadirkan Puluhan Perusahaan Ternama, Buka Peluang Karier bagi Lulusan Muda

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemkab Solok Hentikan Sementara Kegiatan Wisata Glamping Lakeside Alahan Panjang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanda Titik pada Singkatan Nama Perusahaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemprov Sumbar Gelar “Road to Aksi Bela Palestina” Bareng Wali Band

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024