Minggu, 13/7/25 | 11:19 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI ARTIKEL

Iklan Hijau dalam Wacana Promosi

Minggu, 25/6/23 | 07:00 WIB

Oleh: Arina Isti’anah, S.Pd., M.Hum.
(Dosen Sastra Inggris, Universitas Sanata Dharma dan Mahasiswa Program Doktor Ilmu-Ilmu Humaniora, Universitas Gadjah Mada)

 

Akhir-akhir ini, kita dengan mudah menemukan produk barang sehari-hari dengan label ‘ramah lingkungan’. Berbagai produk makanan, minuman, kosmetik, atau bahkan barang elektronik sering ditawarkan dari aspek keramahannya terhadap alam. Dalam salah satu iklan air conditioner (AC), digunakan slogan cools you and the planet. Peminjaman kata the planet dalam iklan tersebut memberikan kesan bahwa pembelian AC dengan slogan tersebut berarti bahwa kita tidak terlalu merusak planet. Kemampuan mesin dan komponen AC tersebut ditawarkan sebagai produk yang memberikan dampak lebih ringan terhadap planet dibandingkan dengan produk lain.

BACAJUGA

Metafora “Paradise” dalam Wacana Pariwisata

Frasa tentang Iklim dalam Situs Web Greenpeace

Minggu, 15/6/25 | 09:39 WIB
Metafora “Paradise” dalam Wacana Pariwisata

Dari Gunung Sinai ke Masjid Al Aqsa: Strategi Branding Promosi Hijab

Minggu, 04/5/25 | 06:41 WIB

Pertanyaan yang timbul kemudian, ‘Apakah mungkin kita menggunakan AC tanpa merusak planet? Apakah kita bersalah jika menggunakan AC dengan merek yang lain karena akibat terhadap bumi lebih berat?’

Pertanyaan tersebut merupakan salah satu dampak praktik wacana yang dibangun oleh pembuat iklan AC dengan meminjam kata the planet dalam slogannya. Pemilihan kata the planet tersebut secara terencana digunakan untuk mengasosiasikan suatu produk yang ramah terhadap keberlanjutan planet tempat kita tinggal. Pengguna produk AC mungkin telah memiliki pengetahuan tentang dampak penggunaan AC terhadap lapisan ozon yang akibatnya justru akan meningkatkan suhu global. Namun demikian, dengan mengingatkan konsumen produk atas keberadaan planet, produsen iklan justru seolah-olah mengaburkan dampak dari produk AC itu sendiri. Tujuan meminjam kata planet justru dimanfaatkan untuk memberikan citra positif dan peduli terhadap planet ketika konsumen memilih AC dengan merek yang ditawarkan.

Adanya relasi antara pengetahuan produsen dan konsumen produk elektronik AC tersebut menunjukkan adanya hubungan antara kognisi sosial dan bahasa. Kognisi sosial dibangun dari kognisi individu sebagai bagian dari suatu kelompok sosial yang lebih luas. Kognisi tersebut terdiri dari pengalaman, memori, dan pengetahuan individu. Ketiga elemen kognisi tersebut dibangun secara terus menerus dan diteruskan ke dalam kelompok sosial yang lebih luas melalui bahasa. Dengan demikian, bahasa mengambil peran yang penting dalam membangun wacana.

Wacana iklan yang dibangun dalam contoh tersebut menjembatani keyakinan sosial tentang dampak AC terhadap lingkungan yang diwujudkan dalam pemilihan slogan cools you and the planet. Penggunaan AC dengan merek tersebut ditujukan untuk memberikan keuntungan bagi konsumen dan planet. Penyandingan antara kata you dan planet juga menunjukkan bahwa posisi konsumen dan planet berada pada status yang sama, atau mendapatkan dampak yang sama: sama-sama diuntungkan. Konsumen diuntungkan atas suhu dingin dari AC yang ditawarkan, dan planet juga diuntungkan dengan ‘tidak terlalu’ rusaknya lapisan ozon.

Contoh kecil di atas menunjukkan bahwa lingkungan, dalam hal ini diwakili oleh kata planet, justru dipinjam oleh pembuat promosi untuk menaikkan nilai jual dari produk yang ditawarkan. Sejatinya, penggunaan aspek ‘hijau’ dalam promosi tidak selalu bersifat ‘hijau’ atau menguntungkan alam. Tujuan utama dari promosi pada akhirnya untuk mendapatkan profit ekonomi.

Pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari konsumen di atas justru merupakan green washing. Pembuat slogan menggunakan strategi kebahasaan untuk membangun citra suatu perusahaan yang ramah lingkungan. Sesungguhnya, strategi tersebut memberikan dampak lain, yakni pemindahan tanggung jawab atas lingkungan kepada konsumen. Konsumen mungkin akan merasa bersalah jika tidak membeli produk yang bersifat ‘ramah lingkungan’. Aspek ‘hijau’ pada akhirnya tidak jarang digunakan untuk memperdayai konsumen dalam membeli barang.

Contoh lain dari iklan hijau adalah penggunaan frasa cruelty free yang digunakan korporasi untuk mengklaim bahwa produknya tidak menggunakan bahan-bahan dari hewan. Pembuat iklan secara sengaja memilih kata cruelty untuk mengasosiasikan bahwa penggunaan hewan dalam kosmetik atau produk dianggap ‘jahat’ dan ‘kejam’, termasuk dalam uji coba produk terhadap hewan. Strategi kebahasaan ini juga tidak tanpa alasan. Penggunaan kata free yang bermakna literal ‘bebas’ dalam slogan tersebut akan menyampaikan pesan bahwa konsumen akan terlepas dari kejahatan penyiksaan hewan untuk kepentingan konsumen. Dengan demikian, konsumen yang tidak membeli produk dengan label cruelty free tersebut akan diasosiasikan dengan pihak yang egois karena ikut berkontribusi merusak alam.

Jika ditilik dari sejarahnya, penggunaan aspek hijau dalam iklan sudah mulai muncul pada 1920-an Ketika perusahaan minyak Shell di Inggris menggunakan gambar alam untuk menawarkan produk minyak dan gas. Dengan meminjam alam dalam iklannya, Shell bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa mengonsumsi minyak dan gas untuk kendaraan konsumen tidak memberikan dampak terhadap lingkungan. Gambar yang dimunculkan dalam iklan tidak selalu bersifat denotatif. Justru, kemunculan gambar alam dalam iklan minyak bermakna sebaliknya. Keindahan alam yang dipinjam dalam iklan minyak dan gas justru tidak mencerminkan dampak sebenarnya.

Selain peminjaman kata dan gambar yang bersifat ‘hijau’, wacana promosi juga dibangun dengan strategi ‘akreditasi’ dari para ahli. Beberapa produk secara eksplisit menggunakan frasa ‘direkomendasikan para ahli’ untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang ditawarkan bersifat aman dan tidak merusak lingkungan. Aspek persuasif yang melibatkan para ahli juga bentuk lain dari peningkatan penjualan suatu produk.

Beberapa contoh di atas menunjukkan bahwa produsen memiliki strategi kebahasaan untuk meyakinkan konsumen membeli suatu produk atau meningkatkan konsumsinya. Sebagai manusia yang memiliki aspek kognitif, kita hendaknya memiliki kesadaran bahwa tidak ada produk yang 100% aman atau ramah lingkungan. Dengan kesadaran itulah, kita tidak akan melakukan massive buying atau pembelian produk yang berlebihan. Justru kebiasaan kita untuk tidak mengonsumsi suatu produk secara berlebihan yang akan memberikan dampak baik untuk alam. Bukan sebaliknya, dengan membeli berbagai produk secara masif karena label ‘hijau’ yang disematkan pada produk tersebut.

Tulisan ini mengajak kita untuk berpikir lebih kritis atas pola-pola kebahasaan di sekitar kita yang sudah dianggap mapan dan benar. Terkadang, aspek ‘hijau’ yang digunakan dalam wacana promosi dapat berakibat sebaliknya. Dengan membeli berbagai produk secara besar-besaran karena label ‘hijau’ yang disematkan dalam produk tersebut justru menunjukkan sikap kita yang malah tidak ramah terhadap lingkungan. Seperti kata pepatah buy less, choose well, make it last, hendaknya kita memiliki kebijaksanaan dalam berbelanja dan mengonsumsi produk-produk yang diiklankan.

Tags: Arina Isti'anah
ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

Kolaborasi Penyelamatan Naskah Kuno di Surau Pondok Ketek

Berita Sesudah

Cerpen “Moza dan Ijah” Karya Hayat Mardhotillah dan Ulasannya oleh M Adioska

Berita Terkait

Ekspresi Puitik Penderitaan Palestina dalam Puisi “Tamimi” karya Bode Riswandi

Ekspresi Puitik Penderitaan Palestina dalam Puisi “Tamimi” karya Bode Riswandi

Minggu, 06/7/25 | 11:11 WIB

Oleh: Aldi Ferdiansyah (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas)   Karya sastra adalah hasil proses kreatif yang...

Psikologi Kekuasaan dalam Cerpen “Seekor Beras dan Sebutir Anjing”

Psikologi Kekuasaan dalam Cerpen “Seekor Beras dan Sebutir Anjing”

Minggu, 06/7/25 | 10:56 WIB

Oleh: Nikicha Myomi Chairanti (Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Andalas) Cerita pendek "Seekor Beras dan Sebutir Anjing" karya Eka Arief...

Tantangan Kuliah Lapangan Fonologi di Era Mobilitas Tinggi

Tantangan Kuliah Lapangan Fonologi di Era Mobilitas Tinggi

Minggu, 29/6/25 | 08:21 WIB

Oleh: Nada Aprila Kurnia (Mahasiswa Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas dan Anggota Labor Penulisan Kreatif/LPK)   Kridalaksana (2009),...

Mendorong Pemberdayaan Perempuan melalui KOPRI PMII Kota Padang

Mendorong Pemberdayaan Perempuan melalui KOPRI PMII Kota Padang

Minggu, 22/6/25 | 13:51 WIB

Oleh: Aysah Nurhasanah (Anggota KOPRI PMII Kota Padang)   Kopri PMII (Korps Putri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) merupakan organisasi yang...

Aspek Pemahaman Antarbudaya pada Sastra Anak

Ekokritik pada Fabel Ginting und Ganteng (2020) Karya Regina Frey dan Petra Rappo

Minggu, 22/6/25 | 13:12 WIB

Oleh: Andina Meutia Hawa (Dosen Prodi Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas)   Kajian ekokritik membahas hubungan antara manusia, karya sastra,...

Perkembangan Hukum Islam di Era Digital

Mencari Titik Temu Behaviorisme dan Fungsionalisme dalam Masyarakat Modern

Minggu, 22/6/25 | 13:00 WIB

Oleh: Nahdaturrahmi (Mahasiswa Pascasarjana UIN Sjech M. Jamil Jambek Bukittinggi)   Sejarah ilmu sosial, B.F. Skinner dan Émile Durkheim menempati...

Berita Sesudah
Cerpen “Moza dan Ijah” Karya Hayat Mardhotillah dan Ulasannya oleh M Adioska

Cerpen "Moza dan Ijah" Karya Hayat Mardhotillah dan Ulasannya oleh M Adioska

Discussion about this post

POPULER

  • Efisiensi di Negeri Petro Dolar: Jalan Penuh Lubang, Jembatan Reyot Vs Mobil Dinas Baru yang Lukai Rasa Keadilan

    Efisiensi di Negeri Petro Dolar: Jalan Penuh Lubang, Jembatan Reyot Vs Mobil Dinas Baru yang Lukai Rasa Keadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mambangkik Batang Tarandam dalam Naskah Drama “Orang-orang Bawah Tanah” karya Wisran Hadi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 100 Hari Kerja Wali Kota Padang Capai Kepuasan 80 Persen

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penggunaan Kata Ganti Engkau, Kau, Dia, dan Ia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Angka Penyalahgunaan Narkoba di Sumbar Sempat Tempati Posisi Tertinggi, Kapolda : Kita Bakal All Out

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanda Titik pada Singkatan Nama Perusahaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sumbang 12 untuk Puti Bungsu Minangkabau

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024