Minggu, 13/7/25 | 23:26 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI KLINIK BAHASA

Sikap Bahasa

Minggu, 11/6/23 | 13:23 WIB
Oleh: Ria Febrina (Dosen Sastra Indonesia Unand dan Mahasiswa Program Doktor Ilmu-Ilmu Humaniora UGM)

Sadar atau tidak, para penutur bahasa suka menilai bahasa penutur lain. Misalnya, seseorang yang berasal dari luar Pulau Jawa melafalkan sebuah nama tempat di Pulau Jawa. Karena bahasa daerah yang dimiliki penutur ini berbeda dengan bahasa Jawa, bunyi bahasa yang dihasilkan pun pasti akan berbeda. Jika pengucapan penutur ini tidak sama dengan penutur bahasa Jawa, itu adalah sesuatu yang wajar.

Kita bisa lihat pada pengucapan nama tempat Gunung Semeru. Pengucapan bunyi [e] pada kata tersebut akan berbeda antara penutur bahasa Jawa dan bukan penutur bahasa Jawa. Bagi penutur bahasa Jawa, kata Semeru akan dilafalkan menggunakan e pepet. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2023), pepet merupakan tanda “^” untuk menyatakan bunyi /ə/ dalam kata, seperti segar dan lekas.

Dalam kajian linguistik, bunyi e pepet ini dilambangkan dengan menggunakan tanda diakritik (ê) yang dilafalkan dengan [ə]. Selain segar dan lekas, pengucapan yang mirip dapat kita lihat pada kata yang bagian awalnya memiliki e pepet, seperti emas; pada kata yang bagian tengahnya memiliki e pepet, seperti kena; dan pada kata yang bagian akhirnya memiliki e pepet, seperti tipe.

Dalam bahasa daerah tertentu, bisa jadi bunyi [ə] ini tidak ada atau tidak dominan. Hanya sedikit kata yang dilafalkan dengan bunyi [ə]. Sebaliknya, bunyi e yang dominan adalah bunyi e yang dilafalkan kuat atau tampak bulat dalam pengucapan, misalnya pada kata enak (bagian awal), petak (bagian tengah), dan sore (bagian akhir). Bagi penutur ini, semua kata yang memiliki huruf e akan dilafalkan secara kuat dan juga bulat. Oleh sebab itu, kata Semeru dilafalkan [semeru], bukan [səməru].

BACAJUGA

Serba-serbi Kritik Sosial Habis Lebaran

Perempuan Indonesia Tidak Mengenal Mekap

Minggu, 06/7/25 | 10:35 WIB
Serba-serbi Kritik Sosial Habis Lebaran

Dialek-dialek Bahasa Minangkabau yang (akan) Mulai Hilang

Minggu, 08/6/25 | 07:19 WIB

Apakah salah jika bukan penutur bahasa Jawa melafalkan [semeru], bukan [səməru]? Jawabannya tentu tidak karena makna tidak berubah ketika pelafalan berbeda. Pelafalan berbeda karena bunyi bahasa yang dimilikinya juga berbeda. Hal ini justru menyebabkan bunyi yang dihasilkan menjadi bervariasi. Namun sayangnya, banyak penutur bahasa yang kemudian menilai salah penutur bahasa lain dalam mengucapkan kata yang berasal dari bahasanya, bahkan ada juga yang menertawakan pengucapan bunyi penutur lain tersebut.

Dalam ilmu bahasa, reaksi orang seorang terhadap bahasa ini sudah lama dikaji, bahkan ahli di bidang psikologi dan antropologi juga turut serta meneliti fenomena ini. Dalam kajian bahasa, fenomena ini dinamakan dengan sikap bahasa. Seorang penutur menilai kebahasaannya atau pemakaian bahasa penutur lain. Penilaian didasarkan pada bentuk yang dianggap lebih baik atau lebih patut. Menurut Smith (1973) dalam Language, Speech, and Ideology, sikap bahasa disebut dengan judgement. Sebuah tata nilai yang diungkapkan sebagai perangkat sikap yang di dalam perilakunya berupa pernyataan putusan-penilaian.

Dalam perkembangan bahasa, judgement atau penilaian terhadap bahasa yang lebih baik atau lebih patut ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan bahasa. Hal ini diungkapkan Anton M. Moeliono (1981) dalam disertasinya yang berjudul “Pengembangan dan Pembinaan Bahasa: Ancangan Alternatif di dalam Perencanaan Bahasa”. Penilaian lebih baik dan lebih patut pernah menyebabkan terjadinya perubahan bahasa sesaat-sesaat (insidental) dalam bahasa Indonesia.

Dalam bahasa Indonesia, bentuk yaitu ternyata hasil penilaian lebih patut dari bentuk ia + itu. Suwardi Notosudirjo (1981) dalam Pengetahuan Bahasa Indonesia: Etimologi juga mengungkapkan hal yang sama. Kata yaitu dijelaskan secara etimologi berasal dari bentuk ia-itu. Dalam KBBI (2023), kata yaitu merupakan ‘kata penghubung yang digunakan untuk memerinci keterangan kalimat’. Kita bisa melihat pemakaiannya dalam kalimat “Yang pergi tahun ini dua orang, yaitu dia dan saya”.

Meskipun yaitu dijelaskan sebagai perubahan bahasa dari ia + itu, kata yakni tidak dijelaskan berasal dari ia + ini. Suwardi Notosudirjo (1981) menjelaskan bahwa kata yakni merupakan kata serapan dari bahasa Arab, yaitu ya’ni. Proses penyerapan yang disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia menyebabkan kata ini berubah menjadi yakni.

Lalu, adakah kata lain yang mirip dengan ia + itu? Menurut Anton M. Moeliono (1981), ada bentuk yang prosesnya mirip, yaitu ia + lah. Perbedaanya, kata ia + itu mengalami perubahan ejaan menjadi yaitu, sedangkan kata ia + lah tidak mengalami perubahan ejaan. Bentuk yang dihasilkan tetap sama, yaitu ialah.

Dalam perkembangan bahasa Indonesia, sikap bahasa juga menentukan banyak bentuk-bentuk baru dalam bahasa Indonesia, misalnya pada tahun 1945, ketika revolusi Indonesia berkobar, orang-orang Indonesia mulai menggantikan grafem <oe> yang terdapat dalam ejaan bahasa Belanda menjadi grafem <u>. Perubahan ini berkenaan dengan sikap ingin menjauhkan atau membebaskan diri dari segala hal yang bercorak Belanda. Oleh sebab itulah, banyak kata yang mengandung oe berubah menjadi u, seperti oentoek menjadi untuk dan oentoeng menjadi untung.

Itulah mengapa dalam pengembangan dan pembinaan bahasa, sikap bahasa untuk mencintai bahasa sendiri amat diperlukan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa meminta kita untuk mempraktikkan slogan “Cintai bahasa Indonesia, kuasai bahasa asing, dan lestarikan bahasa daerah”. Memilih bahasa Indonesia daripada bahasa asing merupakan sebuah sikap yanng harus dikembangkan dalam mempertahankan bahasa Indonesia untuk generasi yang akan datang.

Tags: #Ria Febrina
ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

Cerpen “Kucing Pembawa Hikmah” karya Annevi Dhora Royenza dan Ulasannya oleh Dara Layl

Berita Sesudah

Sensus Pertanian 2023 untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani

Berita Terkait

Struktur Kalimat Peraturan Perundang-undangan

Hegemoni Deiksis “We” dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis

Minggu, 13/7/25 | 22:55 WIB

Oleh: Elly Delfia (Dosen Prodi Sastra Indonesia dan S2 Linguistik FIB Universitas Andalas) Kali ini, mari kita membaca ulasan yang...

Serba-serbi Kritik Sosial Habis Lebaran

Perempuan Indonesia Tidak Mengenal Mekap

Minggu, 06/7/25 | 10:35 WIB

Oleh: Dr. Ria Febrina, S.S., M.Hum. (Dosen Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas) Layakkah ini dijadikan kesimpulan? Perempuan...

Perbedaan Kata “kepada”, “untuk”, dan “bagi”

Persoalan Kata Hidup dan Mati

Minggu, 29/6/25 | 08:02 WIB

Oleh: Reno Wulan Sari (Dosen Tamu di Busan University of Foreign Studies) Kata hidup dan mati termasuk dua kata yang...

Struktur Kalimat Peraturan Perundang-undangan

Syarat Sebuah Paragraf yang Ideal

Minggu, 22/6/25 | 20:22 WIB

Oleh: Elly Delfia (Dosen Prodi Sastra Indonesia dan S2 Linguistik FIB Universitas Andalas) Mengenal syarat paragraf yang ideal dalam membuat...

Serba-serbi Kritik Sosial Habis Lebaran

Dialek-dialek Bahasa Minangkabau yang (akan) Mulai Hilang

Minggu, 08/6/25 | 07:19 WIB

Oleh: Dr. Ria Febrina, S.S., M.Hum. (Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas) Selasa lalu (3 Mei 2025) mahasiswa Sastra Indonesia...

Perbedaan Kata “kepada”, “untuk”, dan “bagi”

Perbedaan Kata “Agak”, “Sedikit”, “Cukup”, dan “Lumayan”

Minggu, 01/6/25 | 11:00 WIB

Oleh: Reno Wulan Sari (Dosen Tamu Busan University of Foreign Studies, Korea Selatan) Edisi Klinik Bahasa Scientia kali ini akan...

Berita Sesudah
Sensus Pertanian 2023 untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani

Sensus Pertanian 2023 untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani

Discussion about this post

POPULER

  • Afrina Hanum

    Sumbang 12 untuk Puti Bungsu Minangkabau

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Efisiensi di Negeri Petro Dolar: Jalan Penuh Lubang, Jembatan Reyot Vs Mobil Dinas Baru yang Lukai Rasa Keadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Forum Mahasiswa Dharmasraya Soroti Konflik Perusahaan dengan Masyarakat, Desak Bupati Bertindak Tegas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 100 Hari Kerja Wali Kota Padang Capai Kepuasan 80 Persen

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penggunaan Kata Ganti Engkau, Kau, Dia, dan Ia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesan Moral dalam Cerpen “Robohnya Surau Kami”

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mambangkik Batang Tarandam dalam Naskah Drama “Orang-orang Bawah Tanah” karya Wisran Hadi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024