Rabu, 02/7/25 | 01:35 WIB
  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
Scientia Indonesia
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS
No Result
View All Result
Scientia Indonesia
No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
  • RENYAH
  • TIPS
Home LITERASI ARTIKEL

Optimalisasi Kegiatan Bina Keluarga Lansia di Sekolah Lansia Yogyakarta

Minggu, 05/11/23 | 07:53 WIB

Oleh: Lismomon Nata
(Ketua Pokja Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat)

 

Fase lanjut usia (lansia) merupakan suatu siklus normal yang dialami pada setiap kehidupan manusia. Fase itu terjadi ketika seseorang mencapai usia lanjut atau usia tua. Secara teoritis lansia dibagi atas beberapa klasifikasi, tetapi sering kali diidentifikasi sebagai periode setelah seseorang mencapai usia 65 tahun atau lebih, yaitu usia pascaproduktif. Fase lansia dapat dibagi menjadi beberapa tahap atau subfase meskipun pengelompokan bervariasi tergantung pada sudut pandang atau referensi yang digunakan. Contohnya menurut WHO membagi atas empat kelompok. Kelompok pertama usia pertengahan  (middle age) rentangan usia 49-59 tahun, lanjut usia pada rentang 60-74 tahun dan lanjut usia tua (old) usia 75-90 tahun serta usia sangat tua (very old) di atas 90 tahun. Berdasarkan Undang-Undang nomor 13 tahun 1998, lansia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun (enam puluh) tahun ke atas.

BACAJUGA

Membangun Organisasi yang Kondusif

Membangun Organisasi yang Kondusif

Minggu, 22/8/21 | 08:36 WIB

Pada fase lansia terjadi perubahan terhadap berbagai aspek kehidupan seseorang sehingga pada fase itu pula dapat dikatakan masa kritis, yaitu perubahan secara fisik, mental, dan sosial, bahkan aspek spiritual serta ekonomi, seperti halnya fase remaja. Apabila dapat menyesuaikan atau melewati fase ini dengan baik, dapat dikatakan baik pula kehidupannya dan sebaliknya. Bila ada yang tidak tuntas dan selesai, akan menjadi problematika dalam kehidupan.

Pada tahap awal lansia merupakan periode di mana seseorang mulai menyadari perubahan fisik dan kesehatan yang terkait dengan usia, seperti penurunan daya penglihatan, pendengaran, kulit menjadi keriput, rambut berwarna putih, ataupun kekuatan tubuh mulai melemah. Biasanya pada tahap ini masih cukup banyak individu masih aktif. Tahap tersebut lanjut pada lansia tengah, yaitu periode ketika seseorang mungkin mulai mengalami perubahan yang lebih signifikan dalam kesehatan fisik dan kognitif, risiko demensia (menurunnya kemampuan daya ingat dan berpikir) atau berbagai masalah kesehatan kronis dan perawatan medis, di mana seseorang mungkin menghadapi tantangan yang lebih serius dalam hal kesehatan, risiko pikun dan perilaku kembali seperti fase anak-anak yang sensitif, butuh perhatian lebih dan tidak mampu melakukan aktivitas diri sendiri secara optimal. Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan dukungan keluarga atau perawatan jangka panjang bagi lansia.

Satu hal yang menjadi pembelajaran hidup dalam konteks ini adalah kesadaran bahwa setiap individu normalnya akan mengalami proses penuaan meskipun dengan cara yang berbeda. Demikian juga dengan pengalaman pada fase ini sangat beragam. Pengalaman sangat ditentukan oleh berbagai macam faktor, terutama life style (gaya hidup) saat menjalankan kehidupan fase-fase sebelumnya, kesadaran, kemampuan dan pengetahuan keluarga dalam pendampingan maupun faktor lingkungan sosial, serta kultur di mana seseorang hidup. Namun, secara umum lansia mengalami beberapa masalah yang relatif sama, seperti immobility (minim pergerakan). Hal ini disebabkan oleh semakin sedikit pergerakan fisik yang dapat dilakukan karena mengalami gangguan pada syaraf-syaraf, tulang dan sendi.

Di samping itu, lansia juga berisiko instability (tidak stabil dan mudah terjatuh) karena faktor intrinsik (yang berkaitan tubuh yang menua dan melemahnya berfungsinya syaraf dan tulang) yang menyebabkan ketidakseimabangan tubuh, ataupun luar diri, yaitu faktor lingkungan yang belum lagi ramah bagi lansia maupun secara sosial tidak mendukung eksistensi diri mereka dengan baik. Sementara itu, di sisi lain, kecendrungan satu keadaan yang sangat diharapkan oleh hampir semua orang, bahkan keluarga yang memiliki lansia adalah bagaimana mereka untuk tetap memiliki kesehatan yang baik, produktif sesuai dengan kondisi mereka serta mandiri. Artinya merasa bahagia, baik secara batin (individu) maupun sosial serta spritual.

Dengan demikian di era modern ini hasrat banyak orang setidaknya untuk tidak terlihat tua, melakukan berbagai upaya untuk dapat menunda menuaan. Tidak mengherankan banyak produk-produk anti penuaan (antiaging) diperjualbelikan. Meskipun demikian, hal manusiawi yang diinginkan oleh setiap manusia untuk dapat ‘panjang umur’. Pada tatanan kehidupan sosial banyak menemukan kelompok-kelompok lansia yang melakukan aktivitas bersama, seperti melaksanakan senam, kelompok sosial atau paguyuban, ikatan lansia, dan sebagainya. Meskipun menua adalah sesuatu keniscayaan. Manusia hanya berusaha untuk menunda dan tidak akan dapat menghentikannya. Pujangga Chairil Anwar dalam puisinya “Derai-Derai Cemara” menyatakan bahwa hidup hanya menunda kekalahan.

Foto 1: Kepala BKKBN Sumbar di depan para lansia di Sekolah Lansia Yogyakarta

Oleh karena itu, angka atau usia harapan hidup dijadikan sebagai salah satu indikator untuk melihat tingkat kesehatan dan kesejahteraan penduduk pada suatu daerah. Hidup berbanding lurus dengan kesehatan. Semakin baik program kesehatan, pembangunan, kebahagiaan, kesejahteraan suatu daerah maka semakin tinggi pula angka usia harapan hidup warganya. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan perawatan kesehatan, dukungan keluarga, lingkungan sosial yang memberikan ruang bagi lansia untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan secara bersama. Selain itu, dibutuhkan juga untuk  lansia mempertahankan gaya hidup sehat, seperti pemenuhan pola makan yang seimbang, olahraga teratur, tidur yang cukup, dan kunjungan rutin ke dokter, untuk dapat membantu menjaga kesehatan, pola pikir yang positif, serta lingkungan sosial yang sehat pula. Bahkan yang tidak kalah pentingnya adalah adanya regulasi dan berbagai kebijakan pemerintah yang menunjang dan pro terhadap ramah lansia, seperti layanan kesehatan.

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai lembaga pemerintahan juga telah fokus pada life circle (lingkaran kehidupan), yaitu semenjak balita, remaja dan termasuk fase lansia yang dikemas secara apik dalam program tribina (Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Kegiatan tersebut sebagai upaya dalam melakukan pemberdayaan bagi keluarga-keluarga Indonesia yang memiliki balita, remaja dan lansia. Ketiga fase tersebut dapat dikatan fase-fase utama dalam kehidupan individu. Terkait fase lansia yang acap kali terabaikan, pemberdayaan lansia merupakan suatu usaha dalam rangka memberikan perhatian, dukungan untuk meningkatkan kualitas hidup, serta memungkinkan mereka untuk tetap aktif, berkontribusi, dan merasa bernilai dalam masyarakat sesuai dengan keadaan fisik serta kemampuan mereka.

Adanya program BKL sebagai upaya pemberdayaan lansia dapat dilakukan dalam usaha bagaimana keluarga memiliki kesadaran dan sekaligus mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya dengan baik dalam mendampingi lansia. Anggota keluarga dapat belajar bagaimana cara menjaga kesehatan fisik dan mental, mengelola kondisi medis, dan memaksimalkan kualitas hidup lansia yang nota bene-nya adalah orang tua mereka. Pada beberapa kasus, anggota keluarga belum mengetahui atau tidak memiliki pengetahuan dan kesadaran cara mendampingi dan mejaga lansia. Hal tersebut juga berimplikasi terhadap kehidupan sosial dan budaya (kultur)

Pemberdayaan lansia tentulah tanggung jawab individu, keluarga, masyarakat dan pemerintah secara bersama-sama. Dengan adanya kesadaran untuk menjadi lansia yang sehat, produktif, bahagia dan bermanfaaat, serta adanya perhatian dan dukungan yang tepat kepada lansia, maka dapat membuka peluang untuk tenciptanya masyarakat yang lebih aktif, inklusif, adil, dan berkelanjutan yang memberikan penghargaan yang layak kepada kontribusi dan pengalaman lansia dalam berbagai aspek kehidupan. BKKBN memberikan tawaran untuk mewujudkan hal tersebut melalui pengetahuan dan penerapan tujuh dimensi lansia tangguh, yaitu dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi emosional, dimensi fisik, dimensi intelektual, dimensi profesional, dan kejujuran serta dimensi lingkungan.

Foto 2: Acara wisuda sekolah lansia Yogyakarta

Beberapa waktu lalu, penulis bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, Ketua Pokja Pembangunan Keluarga, Dedy Agustanto berkesempatan melakukan studi tiru pada Kelompok Bina Keluarga Lansia Delima 1, II, III Gedongan, Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede, Kota Yogyakarta. BKL tersebut sudah memiliki sekolah lansia yang diinisiasi oleh Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL). Sekolah lansia tersebut merupakan program integrasi dengan program BKL yang ada dengan posyandu. Pada sekolah tersebut layaknya pada perguruan tinggi dinamakan ada strata satu (S1), strata dua (S2), dan strata tiga (S3). Secara umumnya tingkatan tersebut dibagi beradasarkan fokus pengetahuan dan keterampilan yang dijadikan tujuan. S1 fokus  pada kemampuan yang dimiliki lansian dan tuntas terhadap kemandirian diri mereka secara individu. S2 berkembang pada keterlibatan keluarga dan S3 fokus pada keterlibatan dan kebermanfaatan lansia di tengah-tengah kehidupan sosial.

Substansi sekolah lansia yang menjadi inovasi DIY adalah senada dengan apa yang menjadi domain dan tujuan yang ada pada program BKL, yaitu bagaimana lansia dapat mengaktualisasikan diri secara paripurna dan kebermanfaatanya dapat di rasakan oleh orang lain, terutama bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Tingkat kecemasan yang besar, rasa iba hati yang bersangatan, tingkat stres yang tinggi, merasa tidak berguna dan dianggap menyusahkan merupakan hal-hal yang menjadi beban bagi para lansia, serta merasa bersalah terhadap diri sendiri, ataupun orang-orang yang ada di sekitarnya.

Oleh sebab itu, kesadaran dan pengetahuan terhadap keadaan lansia, baik secara fisik maupun psikis, serta pengetahuan memperlakukan lansia secara baik merupakan hal yang terpenting untuk dimiliki bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan untuk menerima keadaan diri adalah menjadi kunci bagi lansia untuk tetap bahagia di masa tuanya. Tantangan bagi lansia adalah paham kebesaran, meskipun pada waktu-waktu tertentu perlu adanya momen untuk mengingat masa keberhasilan pada masa lalu.

Erik H. Erikson, tokoh psikoanalisa mengungkapkan bahwa usia lansia merupakan fase  perkembangan terakhir dari manusia, ego integrity vs despair, yaitu integirtas melawan keputusasaan sehingga tugas perkembangan lansia adalah tercapainya integritas seseorang yang bermakna bahwa individu berhasil memenuhi komitmen dalam hubungannya sendiri bila tidak maka akan ada rasa keputusasaan.

Para usia lansia, lansia cenderung lebih banyak merenung dan sangat senang menceritakan masa lalu (nostalgia). Kehadiran orang-orang terdekat dan masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mengerti dan kemampuan untuk mendengar lansia, setidaknya adanya ‘karso’, keinginan untuk sama, sama-sama mengerti, peduli, dan melakukan pengabdian kepada para lansia (orang tua), yaitu saat diri juga menyadari bahwa suatu nanti akan melalui masa lansia dan akan ada pula yang peduli kepada kita.

Sophia Loren berujar bahwa sumber awet muda itu adalah pikiran, bakat, dan kreativitas yang dibawa ke dalam kehidupan dan kehidupan orang yang dicintai. Saat belajar untuk memanfaatkan semuanya, kita manusia benar-benar telah mengalahkan usia maka rawatlah pikiran, akal, dan perasaan untuk dapat sehat jiwa raga hingga saat lansia.

Tags: #Lismomon Nata
ShareTweetShareSend
Berita Sebelum

Makna Kata “Pergi” bagi Penutur Asing di Korea Selatan

Berita Sesudah

Puisi-puisi Santi Puspita Ningrum dan Ulasannya oleh Dara Layl

Berita Terkait

Tantangan Kuliah Lapangan Fonologi di Era Mobilitas Tinggi

Tantangan Kuliah Lapangan Fonologi di Era Mobilitas Tinggi

Minggu, 29/6/25 | 08:21 WIB

Oleh: Nada Aprila Kurnia (Mahasiswa Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas dan Anggota Labor Penulisan Kreatif/LPK)   Kridalaksana (2009),...

Mendorong Pemberdayaan Perempuan melalui KOPRI PMII Kota Padang

Mendorong Pemberdayaan Perempuan melalui KOPRI PMII Kota Padang

Minggu, 22/6/25 | 13:51 WIB

Oleh: Aysah Nurhasanah (Anggota KOPRI PMII Kota Padang)   Kopri PMII (Korps Putri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) merupakan organisasi yang...

Aspek Pemahaman Antarbudaya pada Sastra Anak

Ekokritik pada Fabel Ginting und Ganteng (2020) Karya Regina Frey dan Petra Rappo

Minggu, 22/6/25 | 13:12 WIB

Oleh: Andina Meutia Hawa (Dosen Prodi Sastra Indonesia FIB Universitas Andalas)   Kajian ekokritik membahas hubungan antara manusia, karya sastra,...

Perkembangan Hukum Islam di Era Digital

Mencari Titik Temu Behaviorisme dan Fungsionalisme dalam Masyarakat Modern

Minggu, 22/6/25 | 13:00 WIB

Oleh: Nahdaturrahmi (Mahasiswa Pascasarjana UIN Sjech M. Jamil Jambek Bukittinggi)   Sejarah ilmu sosial, B.F. Skinner dan Émile Durkheim menempati...

Salah Kaprah Penggunaan In dan Out di Ruang Publik

Salah Kaprah Penggunaan In dan Out di Ruang Publik

Minggu, 15/6/25 | 10:52 WIB

Oleh: Mita Handayani (Mahasiswa Magister Linguistik FIB Universitas Andalas)   Cassirer (dalam Lenk, 2020) mengatakan bahwa manusia adalah animal symbolicum,...

Metafora “Paradise” dalam Wacana Pariwisata

Frasa tentang Iklim dalam Situs Web Greenpeace

Minggu, 15/6/25 | 09:39 WIB

Oleh: Arina Isti’anah (Dosen Sastra Inggris, Universitas Sanata Dharma) Baru-baru ini kita disadarkan oleh fenomena kerusakan alam Raja Ampat yang...

Berita Sesudah
Puisi-puisi Santi Puspita Ningrum dan Ulasannya oleh Dara Layl

Puisi-puisi Santi Puspita Ningrum dan Ulasannya oleh Dara Layl

Discussion about this post

POPULER

  • Ketua DPD Partai Golkar Sumbar terpilih, Khairunnas saat menerima dokumen persidangan. [foto : ist]

    Khairunnas Kembali Pimpin Golkar Sumbar, Terpilih Secara Aklamasi dalam Musda

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jembatan Akses Utama Kampung Surau Rusak Parah, Warga: Jangan Sampai Ada Korban Jiwa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tanda Titik pada Singkatan Nama Perusahaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Musda Golkar Sumbar Digelar Besok, Ketua Umum Bahlil Lahadalia dan Sejumlah Tokoh Nasional Hadir

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penggunaan Kata Depan “dari” dan “daripada” yang Tidak Tepat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yonnarlis Ungkap Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi Masyarakat dan Polri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Peringatan HUT ke-79 Bhayangkara, Ketua DPRD Dharmasraya: Polri Harus jadi Pelayan Masyarakat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Scientia Indonesia

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024

Navigate Site

  • Dapur Redaksi
  • Disclaimer
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • TERAS
  • EKONOMI
  • HUKUM
  • POLITIK
  • DAERAH
  • EDUKASI
  • DESTINASI
  • LITERASI
    • ARTIKEL
    • CERPEN
    • KLINIK BAHASA
    • KREATIKA
    • PUISI
  • RENYAH
  • TIPS

PT. SCIENTIA INSAN CITA INDONESIA 2024