Bukittinggi, Scientia.id – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bukittinggi diminta segera melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan rumah sakit dan kunjungan pasien.
Perintah dan arahan tersebut disampaikan Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias saat memimpin apel pagi Rabu (9/4/2025), di Halaman RSUD Bukittinggi.
“Saya akan kawal terus sampai Rumah Sakit ini mandiri dan tidak lagi bergantung pada subsidi Pemerintah Daerah. Bagaimana caranya, tentu dengan meningkatkan pelayanan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap RSUD akan tumbuh”, terangnya.
Menurut Ramlan RSUD harus mampu bersaing dengan rumah sakit swasta yang ada di Kota Bukittinggi. Selain dengan meningkatkan pelayanan dan fasilitas, Ia juga memerintahkan kepada seluruh Kepala Puskesmas untuk menjadikan RSUD sebagai rumah sakit rujukan utama.
“Seharusnya RSUD lebih maju dari rumah sakit swasta lainnya di Kota Bukittinggi. Karena kita memiliki jejaring Puskesmas yang bisa mengarahkan rujukan utama nya ke RSUD. Begitu juga dengan Puskesmas di sekitaran Agam Timur. Ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bangsa pasar dalam peningkatan kunjungan pasien”, sambung Wako.
Sementara itu Ramlan juga memerintahkan kepada seluruh SKPD terkait melalui Sekretaris Daerah untuk memacu peningkatan fasilitas RSUD. Diantaranya pengaspalan halaman rumah sakit, perluasan dan penambahan poliklinik, penyediaan fasilitas pendukung seperti Mushola, cafe, dan transportasi antar jemput Begi pasien dan keluarga.
Ramlan percaya jika seluruh stakeholder rumah sakit fokus dan berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang ramah kepada pasien dan keluarga maka RSUD Bukittinggi akan menjadi rumah sakit besar yang mendapat kepercayaan dari masyarakat.
Baca Juga: Wako Ramlan Tinjau Kesiapan Operasional RSUD Bukittinggi
“Inti dari sebuah rumah sakit adalah pelayanan yang ramah. Senyum dari seluruh stakeholder mulai dari satpam, resepsionis, sampai pada tenaga medis merupakan kunci keberhasilan sebuah rumah sakit, ” ujarnya.
Untuk itu Wako Ramlan mengajak seluruh pegawai RSUD untuk dapat bekerja dengan hati dan bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (*)