Saatnya yang Muda yang Bertani

Pemuda Turun ke Ladang
Walikota Payakumbuh ikut panen cabai Komunitas Hijau, apresiasi pemuda berusahatani

Payakumbuh, Scientia – Komunitas Hijau jadi contoh generasi muda yang ikut memajukan pertanian di Kota Payakumbuh. Komunitas ini memanfaatkan lahan tidur di depan pasar Padang Kaduduak. Beberapa varietas telah ditanam seperti cabai, jagung, semangka dan lainnya.

Gerakan muda bertani ini diapresiasi oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz dengan melakukan panen cabe bersama komunitas ini. Menurutnya, hadirnya komunitas semacam ini akan menjadi motivasi bagi kelompok pemuda dan generasi milenial lainnya untuk ikut bertani sebagai pekerjaan utamanya.

“Saya bangga karena sangat jarang kita temui generasi muda yang mau untuk mengelola pertanian di jaman yang modernisasi seperti saat ini,” ungkap Erwin, Rabu (23/9).

Komunitas Hijau diprakarsai Ayang (34) dan rekan-rekannya sejak tahun 2017. Ayang merupakan pemuda yang berani keluar dari pegawai swasta untuk membangun kelompok tani. Ayang sebagai ketua menyampaikan terima kasih atas dukungan gerakan tani ini oleh pemerintah Kota Payakumbuh selama ini.

Selain di Kelurahan Padang Kaduduak, saat ini ada 5 kebun lainnya yang sedang digarap komunitas hijau. Komunitas tersebut sedang fokus mengembangkan komoditas cabai sebagai usaha tani utama.

“Di samping cabai, kami juga berusaha meningkatkan pengelolaan berbagai varietas buah dan sayuran lainnya,” ujar Ayang.(ams)

Comment