JPS Luncurkan Koperasi Serba Usaha

Peluncuran koperasi JPS yang ditandai penyerahan persyaratan sebagai anggota koperasi oleh Adrian Tuswandi pada Ketua KSU JPS, Saribulih di Hotel Daima Padang, Jumat (15/1). [Foto: Dok. JPS]
Peluncuran koperasi JPS yang ditandai penyerahan persyaratan sebagai anggota koperasi oleh Adrian Tuswandi pada Ketua KSU JPS, Saribulih di Hotel Daima Padang, Jumat (15/1). [Foto: Dok. JPS]
Padang, Scientia Diskusi bulanan Jaringan Pemred Sumbar (JPS) yang digelar di Hotel Daima Padang, Jumat (15/1) lalu tak sekedar diskusi biasa. Organisasi pemimpin redaksi itu berhasil meluncurkan Koperasi Serba Usaha (KSU) yang ditujukan untuk mensejahterakan anggota.

Peluncuran KSU JPS yang dipandu oleh Isa Kurniawan ini ditandai dengan penyerahan persyaratan sebagai anggota koperasi oleh Adrian Tuswandi pada Ketua KSU JPS, Saribulih.

Saribulih menjelaskan ide lahirnya koperasi ini disaat peringatan HUT pertama Jaringan Permred Sumbar di Teluk Buo, Kecamatan Bungus Teluk Kabung beberapa waktu lalu.

“Setelah melakukan pertemuan secara maraton, maka disepakati koperasi yang akan didirikan berbentuk Koperasi Serba Usaha. Juga telah disepakati sebagai Ketua Dewan Pengawas Pak HM Nurnas dengan Anggota Heri Sugiarto dan Adrian Tuswandi. Sedangkan Pengurus terdiri dari Ketua saya sendiri, Sekretaris, Isa Kurniawan dan Bendahara Ikhwan,” ujar Saribulih.

Pada kesempatan itu, Saribulih juga menjabarkan jenis usaha yang akan dilakoni. Yakni, menerima simpanan dari anggota dan calon anggota atau koperasi lain dan/atau anggotanya.

Berikutnya, memberi pembiayaan kepada anggota, membantu anggota dalam hal pembayaran transaksi anggota yang dilakukan dengan pihak lain, simpan pinjam, perkreditan, penyedia dan penyaluran sarana produksi, sembilan bahan pokok serta barang-barang keperluan sehari-hari dan jasa-jasa lainnya.

Juga menyediakan bahan pokok kebutuhan primer dan sekunder serta Toserba (Toko Serba Ada), alat tulis, fotokopi dan percetakan. “Termasuk, memberikan penerangan dan penyuluhan, latihan dan pendidikan kepada para anggota serta masyarakat mengenai organisasi dan manajemen koperasi serta bidang lain yang diperlukan,” ujarnya.

“Koperasi ini bersifat terbuka dan untuk menjadi anggota membayar simpanan pokok Rp 50 ribu dan simpanan wajib Rp 100 ribu setiap bulannya,” ujarnya.

Usai peluncuran, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Anggota DPR RI Nevi Zuairina menyatakan diri bergabung sebagai anggota. “Saya dan ibu ikut bergabung sebagai anggota,” ujarnya.

Ketua JPS Heri Sugiarto mengatakan kehadiran koperasi diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan anggota JPS. “Koperasi sebagai soko guru perekonomian, diharapkan sebagai salah satu sumber kesejahteraan anggota,” ujarnya.

Apresiasi dari DPD RI

Anggota DPD RI Leonardy Harmainy selaku Penasehat JPS Sumbar mengapresiasi kegiatan JPS hari ini, bentuk kearifan lokal yang hebat.

“Ini pertama ada kelompok Pemred mengapresiasi pemimpin daerah yang akan mengakhiri tugasnya. Selama ini tidak pernah ada kegiatan Terima Kasih kepada Pak Gubernur-nya, ” ujar Leonardy.

Dia juga berharap JPS selalu berkontribusi untuk pembangunan Sumbar. “Namun, juga untuk memikirkan kesejahteraan anggota,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan diskusi bulanan dan peluncuran KSU JPS tersebut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Anggota DPR RI Nevi Zuarina, Anggota DPD RI yang juga penasehat JPS, Leonardy Harmainy, Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, Anggota Komisi Informasi Publik, Anggota JPS dan para undangan lainnya. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini