Potret Gotong Royong Warga Perum ABI

Padang,  Scientia – Gotong royong masih kuat di masyarakat, tidak terkecuali masyarakat perkotaan. Seperti halnya warga Perumahan ABI Kayu Kalek, RT 01/ RW 01, Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Mereka gotong royong membersihkan lingkungan komplek setiap minggu pertama di awal bulan.

“Gotong royong yang kami adakan, di samping untuk memperindah lingkungan juga untuk membangun kebersamaan sesama warga perumahan, yang sehari-hari sibuk dengan pekerjaan masing-masing,” ujar Afriyanto C, Koordinator Perumahan ABI Kayu Kalek, Minggu (10/1), di sela-sela gotong royong.

Afriyanto menambahkan, perumahan ini dihuni oleh 84 kepala keluarga. Puluhan warganya secara rutin melakukan gotong royong membersihkan gorong-gorong dari sampah yang menyumbat. Selain itu, mereka juga meratakan jalan lingkungan yang berlubang serta memperbaiki lampu-lampu jalan.

“Saat ini, warga Perumahan ABI Kayu Kalek merencanakan pengecoran lapangan bulutangkis yang ada di fasilitas umum (fasum) komplek,” terang Afriyanto, yang didampingi Wakil Koordinator Juswirman (Aing).

Ia berharap rencana untuk menjadikan lapangan bulu tangkis menjadi representatif itu dapat diwujudkan dalam waktu dekat. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga untuk berolahraga.

Sementara itu, Ketua RT 01/RW 01 Kelurahan Padang Sarai, Ali Umar mendukung penuh warga Perumahan ABI Kayu Kalek mengadakan gotong-royong.

“Selaku Ketua RT, program gotong royong, maupun lainnya menyangkut kebersihan dan keamanan, akan kita dukung. Tentunya agar warga merasa aman dan nyaman,” kata Ali.

Pada kesempatan itu, Ali Umar menyerahkan bantuan sebesar Rp 1 juta dari dana kas RT untuk membeli wireless warga Perumahan ABI.

“Memenuhi keinginan warga, semoga wireless dapat digunakan untuk keperluan takziah, dan acara lainnya,” harap Ali.(pzv)

Comment