Petani Bisa Beli Pupuk Bersubsidi Tanpa Kartu Tani

Ilustrasi kartu tani.(net)

Tanah Datar, Scientia– Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar, Yulfiardi mengatakan, petani yang namanya telah masuk dalam data e-RDKK, bisa membeli pupuk bersubsidi tanpa menggunakan kartu tani. Hal tersebut berdasarkan surat Edaran Dirjen Prasarana Dan Sarana Kementerian Pertanian untuk menjawab kegelisahan petani yang belum mendapatkan kartu tani.

“Ini menjawab kegelisahan petani yang belum mendapatkan kartu tani. Yang diawali dengan terbitnya Permentan no. 49/2020, dimana penyaluran pupuk bersubsidi pemerintah untuk Tahun 2021 menggunakan kartu tani,” kata Yulfiardi kepada Scientia.

Yulfiardi juga mengatakan, kartu tani adalah program pemerintah sebagai wadah akses layanan perbankan yang terintegrasi, seperti tabungan dan layanan perbankan lainnya. Melalui kartu tani ini penyaluran pupuk subsidi pemerintah lebih tepat sasaran.

Sementara itu, Distributor pupuk bersubsidi Pemerintah, Petro dan PIM Kabupaten Tanah Datar, CV.Bungo Padi dan CV.Tani Maju membenarkan surat edaran tersebut dalam rangka pemberian arahan penyaluran pupuk subsidi pemerintah dari kios pengencer ke petani.

“Surat Edaran ini akan di teruskan kepada kios-kios pengencer dan petani,” kata Direktur CV.Bungo Padi, Rifaldi.

Selanjutnya, hal yang sama juga akan dilakukan oleh pimpinan Distributor PIM, CV.Tani Maju untuk menyikapi isu yang beredar dan mengingat musim tanam telah mulai berjalan. (Afrizaldi Noerdin)

Comment