DPRD Usulkan Pemberhentian Gubernur Sumbar

Papat Paripurna DPRD Sumbar tentang usulan pengangkatan dan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur sumbar masa jabatan 2016-2021 di Ruang Rapat Utama. Kamis, (7/1).

Padang, Scientia– DPRD Provinsi Sumbar mengumumkan dan menetapkan usulan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur Sumbar masa jabatan 2016-2021. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan DPRD nomor : 1/SB/Tahun 2021 tentang usul pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat masa jabatan tahun 2016-2021.

“Izinkan kami atas nama lembaga DPRD Provinsi Sumatera Barat, mengumumkan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat masa jabatan 2016-2021. untuk itu, jabatan Irwan Prayitno dan Nasrul Abit akan berakhir pada tanggal 12 Pebruari 2021,” ujar Ketua DPRD Sumbar, Supardi pada rapat paripurna di ruang rapat utama. Kamis, (7/1)

Supardi juga mengatakan, Mekanisme pemberhentian kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna. Kemudian diusulkan kepada presiden melalui menteri untuk mendapatkan penetapan pemberhentiannya.

“Usulan tersebut diteruskan dengan melampirkan risalah rapat paripurna bersama keputusan DPRD tentang usul pemberhentian. Kami juga akan menyiapkan surat keputusan dan segera disampaikan ke presiden.,” kata Supardi.

Selanjutnya, disampaikan Supardi, Lima tahun periode kepemimpinan Irwan Prayitno dengan Nasrul Abit telah banyak memberikan kemajuan. Diantaranya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita masyarakat telah jauh meningkat. Derajat kesehatan dan rata – rata lama sekolah juga telah mengalami kemajuan cukup pesat. Demikian juga angka kemiskinan dan pengangguran, mengalami penurunan cukup signifikan.

“Namun, dalam hal ini juga masih banyak program strategis yang belum dapat diselesaikan karena berbagai kendala, termasuk wabah pandemi Covid-19 yang banyak menyedot anggaran untuk penanganannya,” sampai Supardi. (YRP)

Comment