Stres pada Anak Akibat Pandemi

Stres pada Anak Akibat Pandemi
Bunda PAUD Payakumbuh, Henny Riza Falepi.

Payakumbuh, Scientia – Pandemi yang mengharuskan anak-anak belajar di rumah dapat mengakibatkan kecemasan. Karena, stres tidak hanya dirasakan oleh orang-orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak.

Oleh karena itu, Bunda PAUD Payakumbuh, Henny Riza Falepi mengimbau kepada orang tua untuk membantu menghilangkan kecemasan pada anak. Salah satunya dengan menjelaskan kepada anak apa yang terjadi saat ini. Tentunya dengan bahasa yang mudah mereka mengerti.

Anak-anak tentunya mengetahui berita tentang Covid-19. Apalagi berita penambahan pasien yang terus bertambah, bahkan berita kematian akibat Covid-19. Mereka juga melihat kondisi menjadi tidak pasti saat pandemi ini.

Sayangnya, anak-anak jarang sekali menunjukkan rasa cemas mereka. Maka dari itu, orang tua berperan penting untuk membuat mereka terbuka tentang perasaan yang sedang dialami.

‚ÄúSebagai orang tua, kita perlu membiarkan mereka menjelaskan bagaimana perasaan mereka agar dapat membantu mereka memvalidasi perasaan tersebut,” terang Henny, Senin (23/11/2020).

Menurut Henny, orang tua juga bisa saling bertukar pertanyaan mengenai kekhawatiran yang sedang dialami untuk membuatnya lebih baik. Melibatkan anak-anak dalam pemecahan masalah membuat mereka merasa diberdayakan dan mereka adalah bagian dari solusi. Misalnya, beberapa anak berusia lima tahun dapat menjelaskan dengan sangat jelas, apa yang membuat emosi mereka naik dan mengapa.

Sementara itu, beberapa remaja hampir tidak dapat memberikan tanggapan apabila mendapatkan pertanyaan dengan dorongan yang lembut.

Ingatkan juga ke anak-anak, bahwa mereka masih bisa bermain di rumah dan melakukan hal menyenangkan lainnya bersama orang tua.

“Kita harus memberikan pengertian pada mereka di tengah situasi yang sulit ini, kita memiliki satu sama lain. Sebagai orang tua kita pasti menginginkan yang terbaik untuk anak. Mari fokus pada itu,” pungkas Henny.

Comment