City of Randang Tingkatkan Daya Saing IKM-nya

City of Randang Tingkatkan Daya Saing IKM-nya
Workshop bersama akademisi UNP.

Payakumbuh, Scientia – Selasa (24/11). Tindaklanjuti kerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP), Pemko Payakumbuh gelar workshop peningkatan kualitas dan daya saing IKM Randang Payakumbuh. 20 orang dari pengurus Koperasi Sentra Rendang Payo, juru masak, dan IKM mengikuti kegiatan tersebut.

Mereka berkesempatan belajar dari para akademisi untuk meningkatkan kompetensi di bidang kuliner Minangkabau. Workshop ini diperuntukkan bagi pelaku IKM Randang se-Kota Payakumbuh. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, 23-24 November 2020.

Pemko terus mem-branding Payakumbuh sebagai City of Randang. Walaupun di kota/kabupaten lain juga ada, namun hanya Kota Payakumbuh yang banyak varian dan sentra IKM khusus rendang.

Penyelenggara menghadirkan narasumber akademisi dari Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP. Mereka adalah Asmar Yulastri, Elida, Rahmi Holinesti dan Wiwik Gusnita. Akademisi ini mengajarkan teori sekaligus praktek bagi juru masak dan pengurus koperasi itu.

Hal ini sebagai wujud perhatian Pemko dalam meningkatkan perekonomian melalui kuliner. Sehingga, harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan bimbingan kepada orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Ernawati menilai Pemko tidak hanya mendukung pembangunan gedung UNP cabang saja, namun juga penerimaan mahasiswa kuliner Minang yang teaching factory-nya di Payakumbuh.

“Sudah dua angkatan yang kita terima, jumlah totalnya 70 mahasiswa. Sekarang para mahasiswa tidak bisa dibawa praktik karena Covid-19. Mahasiswa UNP memang tidak ngampus, mereka belajar dari rumah,” terang Ernawati.

Comment