LaNyalla, Gelar Kehormatan dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

LaNyalla, Gelar Kehormatan dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah
Penyematan gelar kehormatan Lembaga Kerajaan Tokotu’a Kabaena, Bombana kepada AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Padang, Scientia – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dapat gelar kehormatan dari Lembaga Kerajaan Tokotu’a Kabaena, Bombana, Sulawesi Utara. Gelar kehormatan ialah “Mbue La Somba Sangia Tontontari”. Gelar yang juga milik Raja Kerajaan Kabaena X, tahun 1587-1594.

Setelah penyematan gelar, LaNyalla berharap daerah bisa menjadi kekuatan ekonomi. Seperti mendorong lahirnya usaha dan BUMD yang menjadi pengungkit ekonomi. Ia yakin, jika daerah menjadi kekuatan ekonomi dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing, maka pertumbuhan ekonomi daerah akan meningkat.

LaNyalla memberikan apresiasi atas pembangunan Pabrik Gula terbesar Asia di Bombana. Pabrik Gula PT Prima Alam Gemilang mampu menyerap belasan ribu tenaga kerja. Pabrik itu jugs menghasilkan efek domino ekonomi bagi masyarakat.

“Pasti karena Pemerintah Kabupaten Bombana ramah investasi dan memberikan pelayanan dan jaminan kemudahan dalam berusaha. Karena itu, kita harus berikan apresiasi untuk Bupati Bombana,” katanya, Jumat (20/11).

Ia menerangkan pertumbuhan ekonomi berbanding lurus dengan pembukaan lapangan pekerjaan. Indonesia sendiri butuh pertumbuhan ekonomi di angka 6 persen, agar mampu menyerap angka pengangguran terbuka yang ada.

“Untuk menaikkan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional, diperlukan investasi Rp 800 triliun. Kalau kita asumsikan pertumbuhan ekonomi kita saat ini 0 persen karena terimbas Pandemi Covid. Maka untuk mencapai 6 persen, diperlukan investasi sebesar Rp 4.800 triliun,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula LaNyalla juga menyampaikan tugas DPD RI sebagai wakil daerah. Menyuarakan percepatan pembangunan dan advokasi masalah yang dihadapi daerah. Jadi, ia dan senator lainnya turun langsung untuk mengetahui masalah di lapangan.

“Kita bisa tinjau langsung hambatan yang dialami daerah. Hambatan itu akan disampaikan langsung kepada Presiden agar mendapat atensi,” kata LaNyalla lagi.(pzv/rls)

Comment