UNP Targetkan Rangking 30 Besar UI GreenMetric 2020

Dr. Indang Dewata, M.Si Ketua Tim UI GreenMetric 2020
Dr. Indang Dewata, M.Si, Ketua Tim UI GreenMetric 2020

Padang, Scientia – Universitas Negeri Padang (UNP) genjot prestasi di ajang UI Green Metric 2020. Rektor UNP, Ganefri menargetkan tahun 2020 ini UNP masuk rangking 30 besar nasional di lomba begengsi ini, khususnya bidang lingkungan.

Tim Pusat Penelitian Kependudukan dan Lingkungah Hidup (PPKLH) UNP melibatkan 25 orang anggota. Tim ini terdiri dari S2 dan S3 Ilmu Lingkungan. Mereka berkegiatan mulai tanggal 29 Oktober hingga 1 November 2020.

Ketua Tim UI GreenMetric (UIGM) UNP, Indang Dewata mengatakan peluang untuk menggenjot prestasi sangat terbuka. Hal ini dikarenakan setiap tahun ada peningkatan prestasi UNP, dalam ajang pelestarian lingkungan ini.

“Penilaian tahun ini menggunakan indikator kampus hijau dalam bidang water conservation, waste management, education, transportation dan energy and climate change,” Kata Indang Dewata, Senin (2/11).

Pada tahun 2017, UNP masih berada di rangking 80 ajang pelestarian lingkungan ini. Kemudian meningkat menjadi 68 tahun 2018. Selanjutnya di tahun 2019 UNP naik lagi ke rangking 50.

Ganefri berharap ke depan UNP akan lebih serius untuk pengelolaan kampus hijau secara berkelanjutan. Yaitu dengan melengkapi sarana prasarana agar program ini berdaya guna untuk kenyamanan, kesehatan dan kelestarian kampus hijau.

“Seperti perbaikan model pengelolaan limbah, penataan limbah cair dan penguatan sistem manajemen kampus hijau di UNP,” tutup Ganefri.(ams)

Comment