Dr Andani Gagas Gerakan Semesta Hadapi Pandemi

Dr Andani Eka Putra
Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Dr Andani Eka Putra Memberikan Arahan Terkait Gerakan Semesta HadapiPandemi di Solok Selatan, Sabtu (17/10)

Padang Aro, Scientia – Kepala Laboratorium, Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi, Fakultas Kedokteran Unand, Dr. Andani Eka Putra, gagas “Gerakan Semesta” dalam menghadapi pandemi Covid-19. Gagasan itu ia sampaikan dalam pembentukan tujuh Nagari Tageh (tanggguh) di Solok Selatan, Sabtu kemaren.

Andani yang didampingi Direktur Nagari Development Centre (NDC), Erigas Eka, mengatakan dengan adanya gerakan semesta tersebut, diharapkan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap pandemi.

“Gerakan ini melibatkan semua unsur masyarakat, mulai dari mahasiswa yang ada di nagari, niniak mamak, sampai kepada Forkopimda. Konsepnya dari perguruan tinggi dan langsung diaplikasikan dilapangan,” ujar Andani.

Gerakan semsta membentuk Nagari Tageh, menurutnya bukan hanya terkait kesehatan, dan ekonomi saja. Tetapi juga masalah sosial budaya, pangan, dan juga pendidikan, dengan melibatkan perguruan tinggi sebagai konseptor, sekaligus sebagai pelakunya di lapangan.

“Perguruan tinggi melalui para mahasiswa di nagarinya kita mintakan untuk menjadi tulang punggung dalam membantu Wali Nagari. Memberikan pengetahuan dan mendampingi langsung di lapangan. Mari kita mulai dengan Bismillah dan niat yang tulus,” terangnya.

Sementara itu Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal meminta seluruh camat dan nagari yang akan dijadikan pilot project (7 nagari) agar pro aktif dan bersemangat dalam pelaksanaan program ini.

“Yang utama dulu saat ini adalah semangat dan kemauan kita untuk bersama-sama melaksanakan program ini nantinya. Masalah anggaran nanti kita diskusikan. Anggarannya tidaklah besar. Nanti akan dilibatkan semua, termasuk kita mintakan dukungan perantau,” ucapnya.

Dalam waktu dekat Jasman mengatakan bahwa 7 Nagari dari 7 kecamatan yang akan dijadikan Pilot Project Nagari Tageh tersebut akan segera di SK kan, yakni Nagari Abai, Sungai Kunyit, Padang Air Dingin, Lubuk Gadang Selatan, Kapau Alam Pauh Duo, Sako Pasia Talang, dan Nagari Pakan Rabaa Tengah. (pzv/rls)

Comment