PKH Payobasung Payakumbuh  Dilatih Politani

Payakumbuh, Scientia — Situasi pandemic Corona Virus Disease (covid-19) yang terjadi saat ini tak menghalangi sejumlah tenaga pendidik (dosen) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan dipimpin oleh Ermiati, Tim dosen program Studi Teknologi Pangan Politani yang memberi pelatihan pengolahan bahan pangan lokal kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, Kamis (15/10).

Ermiati menyatakan, kegiatan pengabdian diberikan dalam bentuk penyuluhan tentang motivasi kewirausahaan, pelatihan pengolahan tanaman pekarangan dan perikanan, seperti pembuatan jahe bubuk instan, cabai bubuk instan, saos sambal pepaya, dodol sirsak, abon ikan dan bakso ikan serta pelatihan membuat analisa usaha dan strategi pemasaran serta teknik pengemasan dan pelabelan.

“Sebagai perwujudan Tridarma perguruan tinggi, para akademisi punyai tanggung jawab melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mentransfer IPTEK dan keterampilan yang dimiliki. Untuk itu hari ini kami wujudkan dengan memberi pelatihan kepada salah satu kelompok PKH di Kelurahan Payobasung ini,” ujar Ermiati didampingi anggota tim, Evawati, Syuryani SyahrulAgustina, dan Elva Amurtita.

“Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terbentuknya kelompok usaha pada PKH minimal 3 kelompok usaha sekaligus meningkatkan pendapatan anggota kelompok PKH tersebut,” jelasnya.

Ditambahkan, kegiatan pengabdian tersebut akan dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dengan sasaran kelompok PKH pada berbagai kelurahan yang ada di Kecamatan Payakumbuh timur.

“Untuk perdana dilakukan pada kelompok PKH Kelurahan Payobasung yang dihadiri 19 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi SN dalam sambutannya saat membuka acara mengapresiasi tim dosen Politani yang telah memilih Kecamatan Payakumbuh Timur sebagai lokasi tempat melaksanakan pengabdian masyarakat. Dirinya berharap dengan kegiatan ini, ibu-ibu PKH yang menerima pelatihan dalam dua tahun ke depan kehidupannya bisa berubah kearah yang lebih baik lagi.

“Dengan pelatihan ini, dua tahun lagi kami harap tidak akan melihat ibu-ibu yang hadir disini jadi anggota PKH. Ibu-ibu sudah keluar dari program PKH, karena  sudah sejahtera,” ujar Camat Irwan.

Kami berharap kedepan akan lebih banyak kegiatan serupa khususnya dari kampus Politani Payakumbuh dalam rangka pemberdayaan masyarakat miskin agar segera keluar dari jerat kemiskinan.

Sementara Pendamping PKH Kecamatan Payakumbuh Timur, Nurhasanah mengatakan bahwa kegiatan pemberdayaan ini selaras dengan salah satu tujuan Program Keluarga Harapan itu sendiri yaitu merubah taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH menjadi lebih berdaya, mandiri dan sejahtera.

“Alhamdulillah, warga PKH binaan kita sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini seperti pembuatan dodol sirsak mulai dari pengolahan sampai pengemasan dodol. Mereka berkomitmen minggu depan mulai produksi untuk dipasarkan,” jelas Nurhasanah.

Diakhir kegiatan, pihak Politani memberikan apresiasi kepada peserta pelatihan berupa pemberian modal usaha awal yang diserahkan oleh Ermiati selaku ketua tim pengabdian.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Lurah Payobasung Ade Vianora.

Comment