Koperasi dan UMKM Dipermudah dalam UU Cipta Kerja

Koperasi dan UMKM Dipermudah dalam UU Cipta Kerja
Koperasi dan UMKM Dipermudah dalam UU Cipta Kerja

Padang, Scientia – Kementerian Koperasi dan UKM RI informasikan kemudahan bagi koperasi dan UMKM dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Informasi ini dirilis dalam infografis melalui akun twitternya @KemenkopUKM, Rabu (7/10).

Dalam kemudahan memulai UMKM, usaha mikro tetap dibebaskan dari biaya perizinan berusaha dan usaha kecil diberi keringanan biaya perizinan berusaha. Perizinan tunggal dan prosedur perizinan menjadi lebih sederhana melalui OSS (Online Single Submission).

Peran pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, usaha besar nasional dan asing dalam penyediaan pembiayaan bagi usaha mikro dan kecil tidak berubah bahkan akses akan semakin luas, variatif dan mudah.

Kemudahan dalam mengelola UMKM, administrasi perpajakan dipermudah dan disederhanakan, serta insentif pajak dan kapabeanan bagi usaha mikro dan kecil.

Penyediaan layanan bantuan dan pendampingan hukum bagi usaha mikro da kecil. Pelatihan dan pendampingan pemanfaatan sistem/ aplikasi pembukuan/ pencatatan keuangan bagi usaha mikro dan kecil.

Bagi usaha mikro dan kecil berlaku upah berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dan pekerja, sekurang-kurangnya sebesar presentase tertentu dari rata-rata konsumsi masyarakat.

Perlindungan bagi UMKM agar tidak dikuasai/ dimiliki oleh usaha besar diperkuat. Meningkatkan peluang usaha bagi produk UMKM dengan kemitraan rantai pasok. Kemitraan antara usaha menengah dan besar dengan usaha mikro dan kecil melalui pemberian insentif dan kemudahan.(ams)

Comment