Disparpora Siap Fasilitasi Randai

Penyambutan Grup Randai Berprestasi
Disparpora dalam penyambutan Grup Randai berprestasi

Payakumbuh, Scientia – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Andiko Jumarel menyambut grup randai Siti Rasanah yang berprestasi kembali dari Festival Randai se-Sumatera Barat 17-19 September lalu. Mereka dijamu dalam makan siang bersama Kadis, Rabu (23/9).

Pimpinan Sanggar Puti Elok, Dt. Lelo Sati mengungkapkan grup Randai Siti Rasanah dari Nagari Koto Nan Gadang, Payakumbuh itu dibentuk belasan tahun lalu. Pembinaan generasi muda dilakukan untuk terus merawat budaya Minangkabau.

Dt. Lelo Sati berharap agar grup randai selalu dilestarikan di Payakumbuh. Kondisi saat ini, hanya beberapa grup randai yang aktif dari puluhan yang ada.

“Kita juga berharap ada pembinaan sejak dini dan randai ada di setiap sekolah di Payakumbuh. Kami juga siap bersinergi dengan pemerintah Kota Payakumbuh untuk melestarikan randai” ujar Dt. Lelo Sati.

Sementara itu, Plt. Kadisparpora Andiko Jumarel menyampaikan apresiasi atas prestasi dan perjuangan Grup Randai Siti Rasanah. Prestasi yang selama ini deperoleh tidak mudah dan butuh perjuangan.

Andiko mengatakan, dari randai ini yang kita belajar dan meyakini sebagai pegangan kehidupan bagi generasi tangguh menghadapi masa depan. Tak lakang dek paneh, tak lapuak dek hujan yang berarti tradisi tidak mudah dipengaruhi oleh perubahan zaman.

“Besar harapan kita agar randai menyatu dengan jati diri anak muda dan tampil hingga ke pentas dunia. Kami dari Disparpora siap mendukung dan memfasilitasi,” tutup Andiko.(ams)

Comment