Grup Randai Banda Sawah Pinang kenagarian Guguak Malalo Tanah Datar Melaju Ke tingkat Sumbar

Grup Randai Banda Sawah Ketika Dkunjungi Wabub dan Anggota DPRD Tanah Datar

Tanah Datar, Scientia—-Grup randai Banda Sawah Pinang kenagarian Guguak Malalo menjadi wakil kabupaten Tanah Datar pada Festival Randai tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, group randai Banda Sawah Pinang makin percaya diri untuk mengikuti festival yang akan di gelar pada Jum’at 18 September 2020 mendatang.

“Dengan kehadiran Wabup pada malam hari merupakan penambah semangat untuk kita dalam mengikuti festival di Padang nanti”, Ucap Erwin selaku ketua Randai Banda Sawah Pinang dalam sambutannya, Selasa 15/09.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tanah Datar Herman Sugiarto yang juga hadir dalam kesempatan yang sama, ikut memberikan dukungan semangat moril maupun materil kepada grup Randai.

Randai Banda Sawah Pinang akan membawa marwah Tanah Datar ke tingkat provinsi, ini pertama kalinya randai di kenagarian Guguak Malalo mewakili kabupaten Tanah Datar untuk festival ditingkat provinsi”, Ucapnya.

Selanjutnya, Herman Sugiarto juga berpesan agar  anak Randai untuk tidak cepat puas dengan kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar dalam mewakili kabupaten di tingkat provinsi. Hal ini merupakan buah  kerja keras selama ini untuk melestarikan kesenian di Minangkabau.

“Saya yakin dan percaya Randai Banda Sawah Pinang akan memberikan hasil yang maksimal untuk daerah kita”, tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wabup Zuldafri Darma menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada panitia karena diberi kesempatan menghadiri persiapan lomba randai ini.

“Saya sangat mencintai budaya di Luhak Nan Tuo kabupaten Tanah Datar, dari banyak kesenian yang ada salah satunya Randai ini”, Sampainya.

“kita semua tahu bahwa kesenian Randai sudah lama, bahkan turun temurun dari nenek moyang yang merupakan warisan dari pendahulu. Sebagai generasi mudah kita bertanggung jawab melestarikan kebudayaan ini “, tuturnya.

Selanjutnya, Wabup juga menyampaikan dengan melestarikan kesenian Randai ini grup Randai Sawah Pinang sudah membantu pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar dalam mewujudkan visi dan misinya.

“Dari lima program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar yang dituangkan dalam bentuk visi dan misi, ini adalah salah satunya. Meningkatkan pemahaman agama, adat dan kebudayaan”, paparnya. (YRP)

Comment