Tingkatkan Peran Pemuda dalam Berdemokrasi, KNPI Kota Payakumbuh Kolaborasi dengan KPU

Ahmad Ghany, KNPI Kota Payakumbuh
Kolaborasi KNPI Kota Payakumbuh dengan KPU untuk Meningkatkan Peran Pemuda dalam hal Berdemokrasi

Payakumbuh, Scientia – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Payakumbuh jalin kerjasama dengan KPU Kota Payakumbuh. Kerjasama tersebut untuk meningkatkan peran serta pemuda dalam berdemokrasi. Demikian disampaikan Ketua KNPI Kota Payakumbuh, Ahmad Ghany, Senin (14/09) di Ballroom Hotel Mangkuto.

“Pemuda harus berperan aktif saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur nanti dengan ikut mencoblos. Sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat banyak. Jangan hanya menjadi tukang kritik kebijakan saja,” ujar Ahmad Ghany.

Ghany mengatakan, bahwa dam hal demokrasi ini, peran pemuda harus terlihat nyata ditengah masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam memilih nantinya, walaupun ditengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat, dan sumber daya manusia KPU kota Payakumbuh (SPP3SDM), Nina Trisna mengatakan bahwa pemuda juga punya peranan penting dalam memberantas isu isu negatif, terutama terkait pemilihan nanti.

“Maraknya hoaks, pendidikan politik yang belum maksimal, rutinitas ekonomi, intensitas pekerjaan serta persepsi negatif terhadap politik menjadi tantangan tersendiri bagi pemuda. Mari kita berkolaborasi menghapus tantangan ini supaya pemilihan serentak bisa berjalan sukses,” ujarnya.

Acara yang mengangkat tema “Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Pemuda dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020 tersebut dihadiri oleh 20 orang perwakilan pemuda.

Diantaranya dari HMI, PII, Pemuda Muhammadiyah, Karang Taruna, Purna Paskibra, Pramuka, Uda Uni, OTA Payakumbuh, KBPA-L dan Komunitas Vespa yang ada di Kota Payakumbuh ini berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Mencuci tangan sebelum masuk ruangan, pakai masker dan menjaga jarak. (ma)

Comment