Pramuka Masih Eksis di Tengah Pandemi

PramukaPadang Panjang, Scientia – Adaptasi kebiasaan baru dan kepramukaan akan dibahas dalam Webinar nasional, Racana Gana Bramanta Arifin Adam-Hoeridjah Adam Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang Sabtu, 19 september 2020 mendatang. Webinar ini akan diikuti peserta dari seluruh anggota pramuka aktif se-Indonesia via Zoom.

Acara yang ditujukan untuk pramuka penegak dan pandega ini mengangkat tema “Pramuka Perguruan Tinggi dan Pengabdian Masyarakat”. Tujuan acara ini yaitu menjalin silaturahmi antar anggota pramuka aktif dari berbagai wilayah di daerah Indonesia. Selain itu, sebagai momentum membangkitkan kembali semangat untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat.

Nantinya, 2 tokoh pramuka akan diundang sebagai narasumber wabinar. Koordinator ATAS Indonesia sekaligus purna Ketua Dewan Kerja Nasional, Ashadi, akan membahas tentang “Adaptasi Kebiasaan baru dan Kepramukaan”. Satu lagi, Syofyian Effendi, dari Andalan Binamuda Kwarda Sumatra Barat (Sumbar) akan membahas tentang “Pramuka perguruan tinggi dan Pengabdian kepada Masyarakat”.

Ketua Dewan Racana Gana Bramanta Putra, Ahmad Refki, menyampaikan persiapan untuk acara ini sudah 80%. Semuanya sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum pandemi Covid-19 melanda. Bahkan sebelumnya direncanakan secara tatap muka.

“Pihak kampus mendukung adanya kegiatan positif seperti ini. Respon baik juga didapatkan dari teman-teman mahasiswa yang tentunya mengetahui kegiatan pramuka,” ujar Ahmad, Selasa (15/9).(da)

Comment