Kepala Kantor Kemenag Padang Targetkan Juara Umum di KSMO 2020

Rapat Koordinasi Kepala Kantor Kemenag Padng dengan Kepala Madrasah Se- Kota Padang

Padang, Scientia—Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Marjanis targetkan Juara Umum dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) 2020. Demikian diungkapkan Marjanis disela-sela rapat koordinasi dengan kepala madrasah dan wakil bidang kurikukum madrasah di lingkungan kantor Kementerian Agama Kota Padang, Selasa (15/09).

Menurut Marjanis, jika kita semua memiliki kemauan, maka juara bisa kita peroleh dengan mudah. Apalagi kota Padang memiliki gudang bibit siswa unggul.

“Siswa Mi, MTs dan MA di kota Padang terlahir dengan banyak potensi, maka madrasah harus bisa menggali potensi tersebut agar bisa berprestasi”, jelas Marjanis.

Orangtua siswa madrasah di kota Padang memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Jadi tidak sulit untuk membina siswa ke arah lebih baik. Apalagi banyak perguruan tinggi negeri di kota Padang yang bisa membantu melatih siswa menjadi berprestasi.

“Kompetisi baru akan dimulai, banyak potensi bisa digunakan. Dosen perguruan tinggi bisa membantu melatih siswa”, paparnya.

Untuk KSMO tahun 2020, cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Seleksi KSM hanya dilaksanakan di tingkat madrasah saja. Tiga siswa utusan madrasah bisa langsung ikut ke tingkat nasional. Untuk KSMO tingkat MI, hanya bidang study Matematika dan IPA terintegrasi saja. Sementara KSMO MTs, bidang study lomba terdiri dari mata pelajaran yang terintegrasi. Seperti Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi. Sedangkan untuk MA diperluas menjadi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. masing-masing juga teritegrasi ke mata pelajaran agama seperti Qur’an Hadist, Bahasa Arab dan Fikih.  Jadi, siswa  tidak hanya memahami mata pelajaran lombanya saja, namun juga diharapkan menguasai mata pelajaran, seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Fikih dan Alqur’an Hadist. Artinya untuk setiap lomba, pengetahuan umum dikolaborasikan dengan pengetahuan keagamaan siswa.

Sementara itu, untuk KSM Terintegrasi 2018 dan 2019, beberapa utusan kota Padang berhasil lolos ke tingkat provinsi, bahkan juga melaju ke tingkat nasional. Namun hasilnya masih belum memuaskan. Untuk Tahun 2020, diharapkan Kota Padang bisa sukses di tingkat nasional.

Sementara itu, ditempat terpisah, Kepala MTsN 1 Kota Padang, Rifdawati mengatakan sudah selesai melakukan seleksi peserta KSMO tingkat madrasahnya. Dari tiga puluh orang siswa yang ikut seleksi  tertulis, akan dipilih sembilan orang yang memperoleh nilai tertinggi.

“Seleksi dilakukan secara berjenjang oleh guru mata pelajaran, sebelum dikirim tiga orang untuk dilatih di tingkat kota Padang”.

Tiga orang siswa yang akan dikirim tersebut juga setelah melewati rangkaian seleksi tertulis dan pelatihan beberapa kali oleh guru mata pelajaran sesuai bidang lombanya. MTsN 1 Kota Padang Optimis bisa kembali mengukir prestasi seperti di KSM 2015 lalu yang memperoleh Juara II Nasional di Palembang untuk bidang Studi Matematika.

 

Comment