Tumbuhkan Kreatifitas Anak Bangsa Lewat Lomba Karya Inovasi

Lomba Teknologi Inovasi
Pemko Payakumbuh adakan Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh, Scientia – Perdana di Sumatra Barat, lomba karya inovasi dan teknologi tepat guna dilaksanakan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) komitmen untuk mewadahi inovator-inovator berkompeten di daerahnya. Hal ini bisa menjadi daya saing tersendiri bagi Sumbar di mata nasional.

Assisten III Walikota Payakumbuh, Amriul Dt. Karayiang, hadir dalam pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang. Amirul yang mewakili walikota, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaring daan memberikan ruang bagi masyarakat agar mampu berinovasi membangun daerahnya sendiri.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sekaligus juri lomba, Ifon Satria Chan, menginformasikan proses penerimaan dan seleksi peserta sempat mengalami pengunduran jadwal karena pandemi. Kegiatan ini awalnya akan dilaksanakan Bulan Juni dan ditunda hingga September 2020.

Jumlah peserta yang memenuhi syarat dari kategori pelajar dan umum sebanyak 11 orang. Kategori pelajar dimenangkan oleh SMAN 5 Payakumbuh dengan inovasi Alat Pengolah Sampah Plastik. Di posisi runner up ada SMA Islam Boarding School Raudhatul Jannah Payakumbuh dengan inovasi Eco Smart City. Terakhir, juara 3 diraih oleh SMAN 2 Payakumbuh dengan inovasi Mesin Perontok Jagung Rengan Pemisah tongkol dan Pipilan Jagung.

Di kategori umum, Andira dengan inovasi Oven Pengering berhasil menyabet juara pertama. Posisi ke-2 ditempati Bengkel Kopi dengan inovasi Mesin Sanggrai Kopi (Coddi Roasting). Sementara itu, juara 3 diberikan kepada Effian Riz dengan inovasi Media Tanam Hidroponik.

“Pada penyerahan hadiah, peserta yang hadir harus mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dan mencuci tangan untuk memutus mata rantai Covid-19 ini,” tambah Ifon.

Peserta dari kategori pelajar mengapresiasi lomba ini. Menurut mereka ini dapat mendorong dan membuka minat siswa kreatif dan inovatif untuk ikut menghasilkan karya terbaik bagi kemajuan Kota Payakumbuh.(ams)

Comment