UMS Surakarta Tunda Wisuda Tiga Periode

Auditorium UMS
Auditorium UMS Berkapasitas 10.000 orang Siap Laksanakan Wisuda Tatap Muka dengan Protokol Kesehatan

Surakarta, Scientia – Universitas Muhammadiyah Surakarta kembali berencana menunda pelaksanaan wisuda Periode I Tahun akademik 2020/2021. Penundaan pelaksanaan wisuda periode September 2020 ini menambah daftar panjang calon wisudawan/wisudawati yang terdaftar sejak periode Maret 2020 dan Juni lalu. Pihak Universitas terpaksa menunda pelaksaan wisuda mengingat Pandemi Covid-19 dan kondisi Kota Surakarta yang masih beresiko.

Penundaan wisuda hingga tiga periode ini diambil dari hasil survey yang ditujukan kepada mahasiswa semester akhir. Mereka enggan melaksanaan wisuda daring seperti kampus lainnya. Selain itu, rampungnya pembangunan Edutorium UMS juga menjadi salah satu alasan keberanian pihak universitas melakasanakan wisuda secara langsung. Gedung Edutorium ini berkapasitas 10.000 orang, yang berarti sangat memungkinan melangsungkan wisuda tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kami sudah mengajukan izin pelaksanaan wisuda secara langsung pada Gugus Covid Kota Surakarta, dan telah mempertimbangkan segala aspek, dalam hal ini untuk tetap patuh pada protocol kesehatan. Jika diizinkan maka wisuda bisa dilaksanakan pada Bulan Desember 2020. Desember minggu pertama untuk wisuda periode Maret, minggu kedua untuk periode Juni dan minggu ketiga untuk periode September,” begitu putusan yang disampaikan pihak rektorat dalam virtual meeting pada (3/9).

Beberapa mahasiswa tentu menyayangkan penundaan wisuda periode ini.  Kendati demikian masih belum ada putusan resmi pelaksanaan wisuda dari pihak UMS.

“Tidak apa-apa menunggu sebentar, wisuda itu momen seumur hidup sekali, dan kita juga punya gedung yang berkapasitas besar, sangat memungkinkan untuk melangsungkan wisuda dengan tetap melakukan physical distancing,” kata Aisyah (22) dan Fahrizal (22). (saa)

Comment