Bangkitnya Kesenian Nagari Batu Banyak

Kesenian Batu Banyak
Kesenian Anak Nagari Batu Banyak

Solok, Scientia – Karang Taruna Nagari Batu Banyak, Solok, bahu membahu hidupkan kembali tradisi dan kesenian Minangkabau. Seperti tradisi talempong pacik, randai, tari dan silek yang harus dilestarikan di tengah kemajuan teknologi informasi. Agar generasi muda tidak lupa dengan budayanya sendiri.

Penggerak kesenian Nagari Batu Banyak, Alda Agustian, mengungkapkan kesenian lokal Minangkabau kerap ditinggalkan pemudanya, bahkan hanya ditampilkan dalam acara seremonial saja. Melalui kesenian, akan mengenalkan karya seni dan seniman Nagari Batu Banyak kepada masyarakat luas.

“Pengenalan kesenian ini dirasa penting untuk dilakukan. Melalui proses latihan kesenian ini bisa menjadi solusi untuk menghidupkan kembali kekhasan nagari,” terang Alda kepada Scientia, Senin (7/9).

Alda juga menambahkan bahwa pemerintah nagari harus mendukung gerakan ini. Khususnya memberikan fasilitas seperti tempat latihan dan perlengkapan. Selain itu, dukungan dari seluruh elemen masyarakat juga diperlukan agar kesenian ini terus terpelihara dan lestari ke generasi-generasi yang akan datang.(da)

Comment