Closed House Inovasi Peternakan Ayam

Closed House Faterna Unand
Closed House Faterna Unand

Padang, ScientiaClosed house (kandang tertutup) Fakultas Peternakan Universitas Andalas terima mahasiswa magang sejak 14 Juni 2020. Kesempatan magang tersebut diberikan kepada mahasiswa sebagai perwujudan program kampus merdeka, merdeka belajar yang digagas Kemendikbud RI.

Mereka magang selama satu periode produksi ayam pedaging (broiler), mulai dari persiapan kandang sampai panen atau sekitar 40 hari. Demikian disampaikan oleh pengelola Closed house, Riza Andesca Putra ketika berbincang dengan Scientia, Minggu (16/08).

Ia menjelaskan, closed house merupakan kandang ayam moderen berteknologi tinggi, yang serba otomatis. Penerapan teknologi terlihat dari pengaturan suhu kandang, pemberian pakan, minum, vitamin dan obat-obatan.

“Semuanya tinggal pencet tombol dan pekerjaan berjalan secara mekanis,” tutur Andes.

Dikatakannya, produksi kandang moderen tersebut mencapai 24.000 ekor dalam satu periode. Keunggulannya, pertumbuhan berat badan ayam lebih cepat, penggunaan pakan lebih hemat dan tingkat kematian juga lebih rendah dibanding kandang terbuka.

“Dengan sistem ini, tingkat kematian jauh lebih rendah, sekitar 1-3% dari populasi,” ulas Andes.

Proses magang yang dilakukan oleh mahasiswa ini adalah bagian dari penerapan ilmu dan teori yang didapatkan di bangku perkuliahan. Saat magang mereka juga dibekali soft skill dan pengetahuan umum terkait isu-isu kekinian. (*)

Comment