Idul Adha, Harga Sembako Stabil

Harga Sembako, Kota Padang
Harga Sembako Stabil di Pasar Alai Padang, Sabtu (1/8)

Padang, Scientia – Masyarakat Kota Padang bisa berlega hati, karena harga sembako stabil di suasana Idul Adha ini. Pantauan Scientia.id Sabtu (1/8) di Pasar Alai, harga cabai merah di kisaran Rp24.000 per kg. sedang harga bawang merah kampung antara Rp20.000-Rp28.000 per kg (Tergantung ukuran dan kualitas).

Salah seorang pedagang Imar (45) menyebutkan, harga bahan pokok sembako stabil sejak Idul Fitri sampai lebaran Idul Adha ini. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor stok melimpah.

“Harga cabai merah stabil, kadang naik Rp3000 lalu turun lagi. Kalau harganya masih di kisaran di bawah Rp30.000 per kg, itu masih stabil namanya,” ungkapnya.

Imar menjelaskan, selain harga bawang merah yang stabil, harga bawang putih juga stabil dikisaran harga Rp20.000 per kg. Untuk harga tomat juga masih murah dikisaran harga Rp8.000-Rp10.000 per kg (tergantung ukuran dam kualitas).

“Rata-rata harga bahan pokok masih stabil semuanya. Diperkirakan harga akan terus stabil beberapa minggu ke depan. Namun harga bisa saja tiba-tiba melonjak tergantung pasokan yang datang,” lanjut Imar.

Sedang seorang pembeli Murni (56) warga Alai Parak Kopi mengatakan, stabilnya harga sembako di suasana Idul Adha sangat berpengaruh di tengah pandemi ini. Ia berharap harga sembako tetap stabil.

“Saya merasa bersyukur harga kebutuhan pokok masih stabil dan terjangkau, karena bisanya suasana Idul Adha ini konsumsi cabai merah kami meningkat. Ditambah lagi kami bisa menstok kebutuhan pokok yang lainnya,” tandasnya. (ari)

Comment