Mahfud Md Bersyukur Djoko Tjandra Berhasil Ditangkap

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud Md.

Padang, Scientia– Buronan Kasus pengalihan hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra berhasil ditangkap. Penangkapan Djoko oleh Tim Khusus Badan Reserse Badan Kriminal (Bareskrim) Polri di Malaysia menuai rasa syukur dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud Md.

“Alhamdulillah, sujud syukur saya atas penangkapan Djoko begitu dapat kepastian informasi dari Malaysia,” Ujar Mahfud Md dikutip dari laman Tempo.co

Kasus pengalihan hak tagih (Cessie) Bank Bali senilai 904 Milyar rupiah membuatnya melarikan diri sehari sebelum Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan putusan perakaranya. Ia melarikan diri dari Indonesia ke Port Moresby, Papua Nugini pada 10 Juni 2009.

Tim Khusus Bareskrim Polri yang mengetahui keberadaan Djoko di Malaysia pada kamis siang, langsung bersurat ke Polis Diraja atau Kepolisian Kerajaan Malaysia untuk penangkapan Djoko. Kepala Bareskrim Polri, Komisaris Jenderal (Komjen) Sigit Prabowo berangkat ke Malaysia pada kamis sore untuk membawa Djoko kembali ke Tanah Air.

Setibanya di Jakarta, Djoko langsung dibawa ke Kantor Bareskrim Polri untuk dilanjutkan proses penyelidikan dan penyidikan perkaranya. Mereka sampai dijakarta pada kamis malam.

Sementara Mahfud Md mengatakan, jika telah sampai di pengadilan, maka tugas pemerintah berakhir. Urusan Djoko selanjutnya berada dibawah Mahakamah Agung. (YRP)

Comment