MKKS Keluhkan Tidak Miliki Siswa

MKKS Kota Padang
MKKS datangi kantor DPRD Padang, Rabu (29/7) karena mengeluh tak memiliki siswa

Padang, Scientia – Musyawarah Kepala Sekolah Swasta (MKKS) yang terdiri dari 54 kepala sekolah SMP swasta di Kota Padang mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Rabu (29/7).

Tujuan mereka adalah, untuk mengadukan nasib sekolahnya yang terancam tutup karena tidak memiliki siswa. Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Armen, Ketua Komisi IV DPRD Padang Azwar Siry, serta anggota DPRD komisi IV, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi dan Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul, hadir dalam pertemuan tersebut.

Ketua MKKS Eni Farida menyebutkan, saat ini banyak SMP swasta di Kota Padang tidak memiliki murid. Hal ini disebabkan oleh adanya penambahan rombongan belajar dan pengadaan sekolah filial di Kota Padang.

“Situasi seperti ini pernah terjadi pada Tahun 2004 silam. Saat itu Pemko Kota Padang membangun SMP 40 padang di samping SMP Maria padang. Akibatnya SMP Maria tutup karena wali murid lebih memilih menyekolahkan anaknya di SMP 40. Kami tidak ingin kejadian ini terulang lagi,” katanya.

Ia menjelaskan, jumlah keseluruhan siswa yang melamar di 54 SMP swasta 1.030 orang. Sedangkan siswa yang tamat sekolah dasar berjumlah 158.383 orang, harusnya yang melamar di SMP swasta di Kota Padang sudah diangka 3.000 peserta didik.

“Misalnya, saat ini SMP PGRI 2 baru dua murid yang mendaftar, SMP PGRI 4 8 orang, Baiturrahma 3 orang dan masih banyak sekolah SMP swasta yang mengeluh,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Armen, menjelaskan DPRD mempunyai kewajiban menampung semua keluhan dari masyarakat, dan menyampaikan ke Pemko Padang untuk dapat ditindak lanjuti agar dapat dicarikan jalan keluar.

“Untuk menyelesaikan permasalahan ini, dinas pendidikan Kota Padang harus berbicara dengan perwakilan dari SMP swasta yang ada di kota Padang untuk mendapatkan solusi terbaik,” jelasnya. (Ari)

Comment