KPU Dharmasraya Dilaporkan ke Bawaslu

Bawaslu Dharmasraya
Bawaslu Dharmasraya Terima Laporan Rizal Gusmendra Terkait Dugaan Pelanggaran oleh KPU Dharmasraya, Senin (27/07)

Dharmasraya, Scientia -Mantan Komisioner KPU Dharmasraya, Rizal Gusmendra, laporkan KPU ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang keberadaanya tidak sesuai dengan KTP yang bersangkutan.

Selain itu Rizal juga melaporkan dugaan pelanggaran lainnya terkait PPDP. Yaitu  PPDP dinilai tidak mampu melakukan kegiatan pencoklitan karenna tidak faham dengan aturan.

“Harusnya PPDP itu berasal dari daerah dimana ia berdomisili atau sesuai KTP yang bersangkutan. Kalau tidak sesuia KTP berarti KPUlalai dalam proses perekrutan,” ujar Rizal.

“Selain itu semua aturan terkait pemutakhiran harus difahami, jika tidak, ada dugaan KPU lalai dalam memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek),” ulasnya.

Sementara itu Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran Sengketa Bawaslu Dharmasraya, Alde rado yang menerima laporan tersebut, mengatakan bahwa Bawaslu menerima dan memfasilitasi setiap laporan masuk, dengan melindungi hak hak pelapor.

“Data dan bukti laporan harus lengkap. Indentitas pelapor dan terlapor, waktu dan lokasi kejadian serta saksi harus ada. Akan kami tindaklanjuti paling lama 7 hari kalau semua syaratnya lengkap,” ujar Alde, Senin (27/07).

Setelah itu kami plenokan, apakah ini pelanggaran administrasi, kode etik atau pidana,”ulasnya. (tnl)

Comment