BEM KM Unand Tolak Bayar UKT

BEM KM Unand
BEM KM Unand Melakukan Aksi Tolak Bayar UKT

Padang, Scientia – BEM KM Unand bersama gerakan kolektif mahasiswa Unand melakukan aksi tolak bayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Aksi tersebut mereka lakukan sebagai bentuk kekecewaan atas ketidakjelasan  kebijakan rektor terhadap mahasiswa ditengah pandemi Covid-19, Jumat (24/07)

Sebelum aksi, mereka telah melakukan audiensi dan public hearing dengan rektor dan wakil rektor terkait Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 dan Peraturan Rektor Universitas Andalas Nomor 7 Tahun 2020 Tentang UKT bagi mahasiswa yang terdampak bencana non alam Covid-19.

“Kami sudah melakukan audiensi dan public hearing tetapi pimpinan tetap membal dan tidak ada kejelasan dalam kebijakan yang ada. ” ujar Abdul Afif, Presiden Mahasiswa Unand kepada Scientia.

Dalam aksi yang diikuti oleh 30 orang, mereka menuntut rektor mengeluarkan Peraturan Rektor baru terkait penyesuaian UKT mahasiswa di tengah pandemi yang disertai sosialisasi ulang yang efektif terkait peraturan tersebut dengan waktu yang lebih jelas.

Mereka juga menuntut rektor mengeluarkan surat pemberitahuan resmi tentang perpanjangan pengurusan berkas dan memperpanjang pembayaran UKT pasca pihak rektorat menyelesaikan verifikasi. Terakhir, mengeluarkan aturan yang jelas terkait kuliah daring semester depan beserta besaran kuota yang diberikan kepada mahasiswa. Pada aksi itu tidak ada pimpinan datang untuk sekedar berdialog atau memantau jalannya aksi.

“Sampai sekarang belum ada respon dari pimpinan. Kami masih menunggu tanggapan pihak rektorat atas aksi hari ini,” tutupnya. (AMS)

Comment