Puluhan Titik Sedimen di Geruk Tahun ini

Petugas menyusun karung sendimen hasil pengerukan drainase

Padang, Scientia – Pada Tahun 2020 ini, ada 37 titik pengerukan sedimen pada drainase. Diantaranya dikawasan A Yani, Lubuk Buaya, Berok Siteba, Tunggul Hitam, Jalan Aru, Ratulangi dan beberapa titik lainnya di Kota Padang.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang Fadelan Fitra Masta, Rabu (15/7).

Fadel menjelaskan, setiap tahun rutin dilakukan pengerukan sedimen drainase dan jumlahnya mencapai ribuan ton. Namun kembali dipenuhi sendimen dengan cepat akibat kurangnya kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan saluran air.

“Kami berharap masyarakat dapat berkerja sama dalam menjaga kebersihan drainase dengan tidak membuang sampah kedalamnya,”ungkapnya.

Ia menambahkan, selama ini pengerjaan pengerukan sendimen drainase terkendala minimnya ketersediaan angkutan. Lokasi dan hasil pengerukan banyak, tapi kendaraan pengangkut hanya dua.

“Kami minta masyarakat dapat bersabar jika sendimen yang sudah dimasukan kedalam karung, belum diangkat petugas. Karena kondisi angkutan masih minim, sehingga harus antri dalam pengangkutan karung-karung itu,”jelasnya (Ari)

Comment