Laksanakan Pemutakhiran Data Pemilih, Khadafi: Bawaslu Pastikan Hak Pemilih Terpenuhi

Rakor Bawaslu Payakumbuh
Ketua Bawaslu Payakumbuh, Muhamad Khadafi Pimpin Rapat Koordinasi Tentang Pemutakhiran Data Pemilih, Selasa (14/07)

Payakumbuh, Scientia – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait tentang pemutakhiran data pemilih, Selasa (14/07).

Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Muhamad Khadafi menegaskan agar dalam proses pemutakhiran data pemilih nantinya, perlu pengawasan bersama guna melindungi hak pilih setiap warga.

“Pemilih adalah jantungnya poses demokrasi. Untuk itu Bawaslu bertugas mengawasi poses pemutakhiran data pemilih ini serta mencegah tindakan-tindakan yang akan menimbulkan hilangnya hak warga negara dalam proses pemilihan ini,” tegas Muhamad Khadafi.

Ia juga menambahkan bahwa Bawaslu bertugas memastikan bahwa hak pilih setiap warga terpenuhi sesuai undang-undang yang berlaku.

“Dalam proses pemutakhiran data pemilih ini perlu pengawasan bersama guna terpenuhinya hak warga negara sebagai prmilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 ini,”ulasnya.

Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh KPU Kota Payakumbuh, Disdukcapil, Kepolisian Resor Payakumbuh, Dinas Kesehatan dan BPBD ini, menghimbau agar petugas pemutakhiran data tetap mengikuti protap Covid-19 dalam melaksanakan tugasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua KPU kota Payakumbuh, Haidi Mursal.M menyampaikan bahwasanya proses pemutakhiran data yang dijadwalkan mulai tanggal 13 Juli hingga 13 Agustus mendatang dilakukan secara pendataan Door To Door.

Dalam proses tersebut setiap petugas yang akan turun kelapangan nantinya telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD).

“Seluruh petugas yang akan turun nantinya telah dibekali dengan APD berupa masker dan hand sanitizer serta setiap akan turun kelapangan seluruh dokumen akan disterilkan dengan desinfektan di setiap PPS nantinya,” tukas Ketua KPU Kota Payakumbuh.(RA)

Comment