Zainal Tuangku Mudo Pimpin PCNU Padang Pariaman

PCNU
Ketua Tanfiziyah PWNU Sumbar, Prof. Ganefri Membuka Secara Resmi Konferensi Cabang NU Padang Pariaman.

Padang Pariaman, Scientia – Zainal Tuangku Mudo terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Tanfiziyah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Padang Pariaman periode 2020-2025 dalam Konferensi Cabang (Konfecab) yang digelar Sabtu (11/07) di Parik Malintang.

Pengasuh pondok pesantren Bustanul Yaqin tersebut terpilih setelah pesaing satu satunya yaitu, Andri Susanto mengundurkan diri dengan berbagai pertimbangan.

Akhirnya sidang penyampaian visi dan misi calon Ketua Tanfiziyah yang dipimpin oleh Armaidi Tanjung tersebut secara aklamasi memilih Zainal menjadi nakhoda baru PCNU Padang Pariaman.

Konfercab yang dibuka oleh Ketua Tanfiziyah PWNU Sumbar, Prof. Ganefri juga memilih Rais Syuriyah. Peserta sepakat memilih Masrican Tuangku Marajo Basa yang merupakan Tanfiziyah PCNU sebelumnya.

Untuk melengkapi susunan kepengurusan, Rais Syuriah terpilih ditetapkan sebagai ketua formatur, Ketua Tanfidziyah terpilih sekretararis formatur, ditambah unsur PCNU demisioner, PWNU Sumbar, dan tiga orang dari utusan MWC.

Prof. Ganefri saat membuka Konfercab mengatakan, warga NU Padang Pariaman diminta tetap menjaga tegaknya akidah Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) di tengah masyarakat. Kabupaten Padang Pariaman yang secara kultural, amaliah mayoritas sesuai dengan paham keagamaan Islam yang dikembangkan Nahdlatul Ulama.

Menurut Ganefri yang juga Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) ini, dari informasi Kakamenag Padang Pariaman, daerah ini terdapat 34 pondok pesantren. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi pengurus NU Padang Pariaman karena para tuanku di Pariaman berasal dari pondok pesantren tersebut.

“Lulusan pesantren tersebut tidak kalah bersaing mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. Sekarang dengan paket C, lulusan pesantren masuk ke perguruan tinggi. Ternyata lulusan pesantren tersebut memiliki prestasi akademik yang membanggakan saat mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi,” kata Ganefri.

Untuk itu, kata Ganefri, tahun 2020 ini ada 2.180 beasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa sampai tamat.

“Saya akan berikan kesempatan bagi kepada alumni/lulusan pesantren di Padang Pariaman untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Agar semakin banyak tamatan pondok pesantren di daerah ini masuk dan tamat perguruan tinggi negeri, khususnya di UNP,” tutur Ganefri lagi.

Konfercab dihadiri Kepala Kemenag Padang Pariaman Dr. Helmi, Rais Syuriah PCNU Padang Pariaman Syahril Tuanku Sutan, PWNU Sumbar, utusan MWC dan sejumlah ulama lainnya.(*)

Comment