Pimpin BAZNAS, Rahmat Tk Sulaiman Siapkan Terobosan

Rahmat TK Sulaiman
Rahmat TK Sulaiman

Parit Malintang, Scientia — Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman yang baru terpilih, Rahmat Tk Sulaiman siap melakukan berbagai terobosan untuk mengedukasi masyarakat tentang zakat.

Pada tahun pertama, nakhoda baru BAZNAS Padang Pariaman periode 2020-2025 itu mentargetkan harus ada impact (dampak) pendistribusian zakat terhadap masyarakat, yakni dari mustahik (orang penerima zakat) menjadi muzzaki (orang pemberi zakat).

“Untuk tahap awal kita agendakan pelantikan dulu, serta merumuskan rencana kerja dan menentukan target yang hendak dicapai, saya berharap program BAZNAS kedepan tidak hanya memungut zakat saja, paling penting adalah mengedukasi masyarakat tentang zakat,” ujar Rahmat, saat ditemui di Paritmalintang, Jumat (10/7).

Pengasuh pondok pesantren (ponpes) Bustanul Yaqin Pungguang Kasiak ini juga menegaskan, Ia bersama empat orang wakilnya akan mengelola dana zakat secara transparan dan akuntabel.

“Silakan dirancang program kerja yang inovatif sesuai bidang kerja masing-masing, kapan perlu libatkan para pengusaha kita baik yang ada ranah maupun yang di rantau supaya dapat menyalurkan zakatnya ke Baznas, namun tentu akan ada laporan pertanggungjawaban transparan dan akuntabel,” tegas alumni Ponpes Nurul Yaqin Ringan-ringan tersebut.

“Sebab pada prinsipnya pengeloaan zakat ini harus berdasarkan amanah, intergritas, pemerataan, memenuhi azaz keadilan, serta tepat manfaat dan sasaran,” imbuhnya.

Rahmat terpilih sebagai pimpinan BAZNAS melalui musyawarah mufakat yang dipimpin oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Idarussalam.

Terpilihnya lima komisioner BAZNAS Padang Pariaman ini merupakan angin segar bagi masyarakat Padang Pariaman. Karena pengelolaan zakat yang baik akan membuat masyarakat keluar dari kemiskinan.  Adapun empat orang wakil ketua BAZNAS adalah Masri Can, Zulfami, Fakri Zaki dan Zulherman. (AKB)

Comment