Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Pemateri diskusi online disela-sela kegiatan

Agam, Scientia- Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Agam, menggelar diskusi online bertema “Community Engagement dalam Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”, Sabtu, (11/7).

Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom yang diikuti oleh l56 penggiat literasi dari berbagai daerah di Indonesia.

FTBM Agam yang diketuai oleh Sry Eka Handayani, menggandeng Muhammad Fadli, Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang sebagai  pemateri kegiatan tersebut.

Menurut Fadli Community Engagement ini merupakan kegiatan di perpustakaan atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang memfasilitasi kegiatan masyarakat melalui penyediaan kebutuhan informasi dari buku, internet maupun pelatihan, dengan melibatkan keaktifan masyarakat

“Masyarakat harus terlibat secara aktif, agar penerimaan informasinya jelas,” ujar Fadli

Menurutnya, keberhasilan Community Engagement ini dapat dicapai melalui pengidentifikasian terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

“Menentukan jenis kegiatan yang melibatkan masyarakat, serta memaksimalkan keberadaan perpustakaan, seperti kegiatan pengembangan ekonomi, kesehatan, budaya, pendidikan dan lainnya.” Jelas Fadli.

Melalui pendampingan di perpustakaan, lanjut Fadli, masyarakat akan memperoleh informasi dan keterampilan dari hasil bacaannya.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat diharapkan menjadi hasil dari berbagai kegiatan pendampingan melalui perpustakaan berbasis inklusi sosial ini,” tutupnya. (AMS)

Comment