Putuskan Siswa Belajar Daring, Pemko Bantu Biaya Kuota Internet

Belar Daring
Foto: Belajar secara daring

Payakumbuh, Scientia — Pemerintah Kota sudah memutuskan menunda belajar tatap muka untuk semua jenjang pendidikan, pada semester awal tahun ajaran 2020/2021.

Karena itu, dalam rapat bersama jajaran pendidikan, Wali Kota Riza Falepi mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyikapi proses belajar mengajar ditengah pandemi yang dilakukan secara daring tersebut .

Baca Juga: Pemko Payakumbuh Tunda Mulai Belajar Tahun Ajaran 2020/2021

“Kalau dibilang tingkat kehati-hatian kita berlebihan, boleh dikatakan iya. Rapat hari ini menentukan bagaimana pola koordinasinya tentang kebijakan sekolah di tengah pandemi ini dibangun. Perkembangan iformasi dari provinsi harus kita ikuti, walaupun keputusannya di masing-masing kepala daerah,” kata Riza Falepi, Kamis (09/07).

Riza juga mengatakan bahwa keptusan menunda belajar tatap muka dan memilih belajar jarak jauh tersebut diambil untuk melindungi semua warganya.

“Secara wewenang, kebijakan SD dan SMP memang dikontrol penuh pemerintah kota, sedangkan SMA  kewenangan provinsi. Namun secara teritorial itu menjadi urusan kita, karena anak-anak yang bersekolah SMA dan SMK di Payakumbuh adalah warga kita,” ujar wali kota dua periode tersebut.

Katanya lagi, keputusan belajar jarak jauh tersebut juga harus diiringi dengan solusi, dimana biaya kuota internet menjadi kendala sebagian besar orang tua murid.

“Saya ingin membantu menyediakan secara gratis kuota Internet bagi anak sekolah lewat lurah, nanti kita carikanlah regulasinya bagaimana,” kata bakal calon gubernur tersebut.

Turut hadir Kacabdisdikwil IV Sumbar Asricun, Sekda Rida Ananda, Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Kadis Pendidikan Agustion, Kadis Kesehatan dr. Bakhrizal, Kalaksa BPBD Yufnani Away, serta Kepala SMA/SMK, se Kota Payakumbuh.

“Mari kita menyamakan persepsi, Payakumbuh ingin mengikuti standar penanganan kesehatan Covid-19 seperti negara maju. Meski tak seperti Amerika dan Jepang, namun mendekati lah, kita tidak mau kendor melawan Covid-19 ini. Aturan sudah ada, maka rapat kali ini dibuatlah diskusi lebih lanjut bagaimana mendudukkannya bersama,” pungkas Riza. (*)

Comment