Mengurus Dokumen Kependudukan Bisa Online

Disdukcapil online
Masyarakat mengantri mengambil dokumen kependudukan di Disdukcapil

Padang, Scientia – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang sudah menggunakan sistem online untuk pengurusan surat dan dokumen kependudukan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat.

Kepala Disdukcapil Muji Susilawati, Jumat (10/7) mengatakan, dalam sehari tercatat sebanyak 400-500 masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan secara online. Mulai dari pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan akte kelahiran.

“Dengan mengurus secara online ini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil lagi. Masyarakat dapat mengaksesnya melalui email dengan mengikuti langkah serta persyaratannya. Jika berhasil, untuk penerbitan KK dan akte kelahiran bisa di print dengan kertas biasa,” terang Muji.

Muji melanjutkan, khusus penerbitan KTP masyarakat memang harus datang langsung ke kantor untuk mengambilnya. Saat ini, sudah diatur di Disdukcapil pengambilan KTP sesuai jadwal.

“Karena KTP bersifat fisik, makanya harus datang langsung mengambilnya. Namun kami mengaturnya supaya tidak terjadi kerumunan, yaitu 10 orang dalam satu jam,” tambahnya.

Muji juga mengatakan, bagi yang benar-benar tidak bisa mengakses sendiri, bisa datang langsung ke bagian informasi di Disdukcapil. Petugas akan membantu dan memfasilitasi untuk mengakses melalui online.

“Mungkin ada orang tua yang bisa saja tidak ada yang membantu di rumah melalui online bisa datang ke sini. Atau jika jaringan bermasalah juga akan kami bantu proses onlinenya,” tandas Muji. (Ari)

Comment