Patuhi Protokol Kesehatan, 10.857 Peserta Ikuti UTBK SBMPTN

Mansyurdin, ketua panitia UTBK SBMPTN Unand.

Padang, Scientia– Universitas Andalas (Unand) menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sesuai protokol kesehatan yang di ikuti sebanyak 10.857 peserta. Minggu, (5/7)

Ketua Panitia SBMPTN Unand, Mansyurdin mengatakan pihaknya menyediakan sebanyak 45 kelas dengan jumlah peserta 10 orang per kelas. Ujian ini dilaksanakan mulai Minggu hingga Selasa 5-14 Juli 2020 dan dibagi dalam dua sesi setiap hari.

“Kami menyediakan tempat cuci tangan, sabun cair, hand sanitizer, tisu dan face shield, serta memberlakukan Physical Distancing bagi peserta dan panitia” ujar Mansyurdin saat ditemui Scienti.id.

Menurutnya, Pelaksanaan SBMPTN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Panitia dan peserta diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut merupakan salah satu upaya pemutusan mata rantai Covid-19.

Dia menambahkan, Pihaknya juga telah mepersiapkan Rumah Sakit, untuk penanganan secara cepat terhadap  peserta yang mengalami sakit ditengah berlangsungya ujian.

“Semua itu sebagai upaya penindakan dari penularan Covid-19 selama ujian berlangsung,” Ujar Mansyurdin yang juga merupakan Wakil Rektor I Unand

Sementara, Salah seorang peserta ujian, Husni asal Kapur IX, mengungkapkan bahwa ia telah mempersiapkan dirinya dengan matang untuk menghadapi UTBK SBMPTN.

“Saya belajar soal-soal ujian sebelumnya dan menjaga kesehatan diri agar siap dalam ujian. Saya juga mematuhi himbauan untuk selalu memakai masker dan cuci tangan. Besar harapan saya agar dapat diterima di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Scientia.id di lapngan, hari pertama pelaksanaan UTBK belum menemui kendala dan proses ujian berjalan lancar. (AMS)

Comment